Distopia dan Ngerinya Hari Akhir, Rekomendasi Film Tentang Kiamat

Distopia dan Ngerinya Hari Akhir, Rekomendasi Film Tentang Kiamat

film tentang kiamat
Image from Pixabay

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Sebagaimana kata pepatah, segala sesuatu yang memiliki awal tentu saja akan memiliki akhir. Begitu pun dengan dunia ini, suatu saat nanti dunia akan menemui akhir, yaitu kiamat.

Apakah kamu pernah merasa penasaran tentang bagaimana dunia akan berakhir? Film tentang kiamat mungkin bisa memberikan gambaran bagaimana dunia dan kehidupan manusia di bumi mengalami dystopia yang mengerikan.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas beberapa film tentang kiamat yang akan memacu adrenalin kamu sepanjang kamu menontonnya.

Film tentang kiamat

This is the End (2013)

This is the End mengisahkan tentang enam teman selebriti Hollywood, yaitu James Franco, Jonah Hill, Jay Baruchel, Danny McBride, Craig Robinson, dan Seth Rogen, yang sedang berkumpul di rumah James Franco untuk pesta besar-besaran. Namun, tiba-tiba terjadi bencana alam yang membuat seluruh kota Los Angeles terkubur dalam api dan asap.

Para selebriti tersebut kemudian menyadari bahwa mereka adalah segelintir yang selamat dari bencana tersebut. Mereka terjebak di dalam rumah James Franco dan harus mencari cara untuk bertahan hidup dari ancaman misterius di luar rumah.

Meski menampilkan gambaran yang mengerikan, namun film This is The End dihiasi dengan banyak adegan lucu dan konyol. Film ini menggabungkan unsur komedi, horor, dan petualangan dalam satu paket.

The World’s End (2013)

Sebuah film komedi Inggris yang menceritakan tentang sekelompok teman yang memutuskan untuk menyelesaikan misi mereka untuk minum di 12 pub yang berbeda dalam satu malam, sementara alien invasi terjadi di kota mereka. Satire tentang obsesi manusia dengan hal-hal yang sepele di saat dunia berada di ambang kehancuran.

Zombieland (2009)

Dalam film ini, seorang pria muda yang tidak percaya pada cinta bertemu dengan seorang gadis dan bersama-sama mereka mencari tempat yang aman dari serangan zombie. Satu-satunya hal yang tersisa bagi manusia dalam keadaan seperti ini adalah keberanian dan persahabatan.

Shaun of the Dead (2004)

Sebuah film horor-komedi yang mengeksplorasi ide-ide gila tentang bagaimana orang-orang akan bertindak jika dunia dihantui oleh zombie. Dengan lelucon khas Inggris, film tentang kiamat yang satu ini ini mengajarkan tentang arti keberanian dan persahabatan.

The Road (2009)

The Road merupakan sebuah film tentang kiamat yang mengisahkan seorang ayah dan anaknya yang berjuang untuk bertahan hidup di dunia pasca-apokaliptik. Meskipun penuh dengan kesulitan dan penderitaan, film ini juga menunjukkan tentang bagaimana manusia dapat menemukan kekuatan dalam cinta dan kepercayaan.

Dr. Strangelove or: How I Learned to Stop Worrying and Love the Bomb (1964)

Film satir tentang ketakutan yang dihasilkan oleh perang nuklir, yang menggambarkan bagaimana kecanggihan teknologi dapat menghancurkan manusia secara menyeluruh.

Plot film ini mengisahkan tentang sekelompok pejabat pemerintah Amerika Serikat dan Jenderal yang terlibat dalam perselisihan tentang siapa yang akan memulai perang nuklir dengan Uni Soviet.

Di tengah krisis, satu-satunya harapan adalah seorang jenderal yang gila, yang memerintahkan pengeboman nuklir Uni Soviet tanpa persetujuan Presiden. Para pejabat pemerintah dan ahli strategi militer kemudian berusaha untuk membatalkan serangan dan menghindari kiamat nuklir.

Melancholia (2011)

Sebuah film tentang seorang wanita yang menemukan dirinya dalam keadaan yang membingungkan saat planet besar bernama Melancholia mengancam untuk menabrak bumi. Film ini menunjukkan tentang betapa kecilnya manusia di hadapan kekuatan alam yang tak terelakkan.

Seeking a Friend for the End of the World (2012)

Seorang pria menemukan dirinya dalam keadaan yang bingung ketika bencana besar yang tak terelakkan mengancam keberadaan manusia di tengah kepanikan, ia memutuskan untuk mencari seseorang untuk menemaninya menghadapi akhir dunia. Film ini mengajarkan tentang arti persahabatan dan cinta di saat-saat terakhir kehidupan.

War of the Worlds (2005)

Film yang diadaptasi dari novel klasik H.G. Wells ini mengisahkan tentang serangan alien yang menghancurkan dunia. Dalam kekacauan tersebut, seorang ayah berjuang untuk menyelamatkan keluarganya dari bencana yang tak terelakkan. Film ini menunjukkan betapa pentingnya keluarga dalam situasi-situasi ekstrem.

Armageddon (1998)

Sebuah film fiksi ilmiah tentang sebuah tim pengebor minyak yang dikirim ke luar angkasa untuk menghancurkan asteroid yang akan menabrak bumi. Meskipun terkesan tidak masuk akal, film ini mengajarkan tentang arti pengorbanan demi kepentingan umum.

Itulah sepuluh film tentang hari kiamat yang dapat mengajarkan kita tentang berbagai aspek kehidupan manusia, baik itu persahabatan, cinta, keluarga, atau bahkan keberanian di saat-saat sulit. Jangan takut dengan kehancuran dunia, tapi hadapi dengan cara yang lucu dan ironis.

Kesimpulan

Dalam film-film tentang kiamat, kita dapat menemukan pesan-pesan tentang kehidupan manusia yang penuh dengan ketidakpastian dan tantangan. Dalam situasi ekstrem seperti itu, manusia diuji dalam kemampuan mereka untuk beradaptasi dan bertahan hidup.

Meskipun dihadapkan dengan kehancuran dunia, manusia masih bisa menemukan makna hidup dalam. Hal-hal sederhana seperti persahabatan, cinta, keluarga, atau bahkan pengorbanan demi kepentingan umum menjadi topik yang ditonjolkan.

Lihat tulisan lainnya di Google News