5 Tips Mengatasi Badan Lemas: Cara Ampuh Mengundang Semangat

5 Tips Mengatasi Badan Lemas: Cara Ampuh Mengundang Semangat

Tips Mengatasi Badan Lemas

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Badan lemas adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang, terutama di era modern ini. Badan lemas bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurang tidur, stres, pola makan yang tidak sehat, dehidrasi, atau penyakit tertentu.

Oleh karena itu, bagi kita semua yang sering merasa “tidak berdaya” tiap harinya perlu tau tips mengatasi badan lemas yang ampuh.

Dikarenakan, badan lemas ini akan membuat kita merasa tidak berenergi, lesu, dan tidak semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Padahal, kita memiliki banyak hal yang harus diselesaikan, baik di rumah, di kantor, maupun di sekolah.

Lalu, bagaimana cara mengatasi badan lemas dengan cepat dan mudah? Apakah kita harus minum obat, vitamin, atau suplemen? Apakah kita harus pergi ke dokter atau terapis? Apakah kita harus beristirahat sepanjang hari?

Tidak perlu khawatir, karena sediksi sudah merangkum beberapa tips mengatasi badan lemas sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengusir badan lemas dalam waktu singkat.

Tips Mengatasi Badan Lemas

Minum air putih yang cukup

5 Tips Mengatasi Badan Lemas: Cara Ampuh Mengundang Semangat - Minum Air Putih jpg
Image from Hellosehat

Tips mengatasi badan lemas yang pertama dan paling mendasar adalah pastikan minum air putih yang cukup. Air putih adalah salah satu elemen penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Air putih berfungsi untuk menghidrasi sel-sel tubuh, membantu proses metabolisme, mengeluarkan racun, dan menjaga suhu tubuh. Jika kita kekurangan air putih, tubuh kita akan mengalami dehidrasi, yang bisa menyebabkan badan lemas, pusing, mual, hingga sakit kepala.

Oleh karena itu, kita harus memastikan untuk minum air putih yang cukup setiap hari, yaitu sekitar 2 liter atau 8 gelas. Jika kita merasa badan lemas, kita bisa minum air putih yang hangat atau dingin, sesuai dengan selera kita. Air putih akan membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan membuat kita merasa lebih segar.

Lakukan peregangan tubuh

5 Tips Mengatasi Badan Lemas: Cara Ampuh Mengundang Semangat - Peregangan Tubuh 1024x642 jpg
Image from Tiktak

Peregangan tubuh adalah salah satu cara yang efektif untuk mengatasi badan lemas. Peregangan tubuh bisa membantu melancarkan aliran darah, mengurangi ketegangan otot, meningkatkan fleksibilitas, dan meredakan stres.

Cara ini juga bisa meningkatkan produksi hormon endorfin, yang bisa membuat kita merasa lebih bahagia dan rileks. Kita bisa melakukan peregangan tubuh di mana saja dan kapan saja, asalkan kita memiliki ruang yang cukup.

Kita bisa melakukan peregangan tubuh yang sederhana, seperti menggerakkan leher, bahu, tangan, pinggang, kaki, dan pergelangan kaki. Lakukan berulang kali jika perlu, sesuai dengan kemampuan kita. Peregangan tubuh akan membuat tubuh kita lebih bugar dan siap untuk beraktivitas.

Dengarkan musik yang menyenangkan

5 Tips Mengatasi Badan Lemas: Cara Ampuh Mengundang Semangat - Mendengarkan Musik 1024x512 jpg
Image from Tempatbacabaca

Tips mengatasi badan lemas yang satu ini opsional aja sih, namun boleh dicoba. Musik adalah salah satu sumber hiburan yang bisa mengubah suasana hati kita.

Musik bisa mempengaruhi emosi, mood, dan motivasi kita. Musik juga bisa merangsang otak, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki ingatan.

Jika kita merasa badan lemas, coba deh sekali-kali dengarkan musik yang menyenangkan, seperti musik yang berirama cepat, ceria, atau inspiratif (dangdut koplo juga boleh he he…).

Musik yang menyenangkan akan membuat kita merasa lebih bersemangat, optimis, dan percaya diri. Kita bisa memilih musik yang sesuai dengan selera dan kebutuhan kita.

Alangkah lebih baiknya jika turut menyanyi, menari, atau bergerak sesuai dengan irama musik. Musik akan membuat kita merasa lebih hidup dan energik.

Makan makanan yang bergizi

5 Tips Mengatasi Badan Lemas: Cara Ampuh Mengundang Semangat - Makanan Bergizi 1024x683 jpg
Image from Purityproducts

Tentu ini adalah tips mengatasi badan lemas paling ampuh, karena makanan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Makanan yang kita konsumsi bisa memberikan energi, nutrisi, dan imunitas yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jika kita makan makanan yang tidak bergizi, seperti makanan yang berlemak, berminyak, atau mengandung gula tinggi, tubuh kita akan kekurangan zat-zat yang penting, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan serat.

Kekurangan gizi tentu bisa menyebabkan badan lemas, sakit, dan mudah lelah. Oleh karena itu, kita harus makan makanan yang bergizi, seperti sayur, buah, daging, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan.

Makanan yang bergizi akan memberikan asupan yang seimbang dan memenuhi kebutuhan tubuh kita. Makanan yang bergizi juga akan membuat kita merasa lebih kenyang, puas, dan sehat.

Tidur cukup dan teratur

5 Tips Mengatasi Badan Lemas: Cara Ampuh Mengundang Semangat - Tidur Teratur 1024x576 jpg
Image from GardaIndonesia

Badan lemas bisa jadi adalah dampak dari ritme waktu tidur atau istirahat kita yang tidak teratur. Tidur cukup dan teratur adalah juga tips ampuh mengatasi badan lemas.

Ketika kita bisa menjaga ritme antara aktivitas dengan istirahat yang tepat, maka tubuh akan merasa bugar dan berenergi untuk menjalani aktivitas harian.

Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi badan lemas yang ampuh. Tips ini sangat mudah dan praktis untuk dilakukan, tanpa membutuhkan biaya yang mahal, alat yang rumit, atau waktu yang lama.

Dengan melakukan tips mengatasi badan lemas ini, kita bisa meningkatkan kualitas hidup kita, baik secara fisik, mental, maupun emosional. Kita bisa merasa lebih segar, bugar, dan berenergi untuk menjalani hari-hari kita dengan lebih produktif, kreatif, dan bahagia.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel