Profil Hakim Ziyech: Sempat Memilih Pensiun dari Timnas Maroko dan Kontribusinya di Piala Dunia 2022

Profil Hakim Ziyech: Sempat Memilih Pensiun dari Timnas Maroko dan Kontribusinya di Piala Dunia 2022

Hakim Ziyech Ilustration
Ilustrasi Hakim Ziyech/Ahmad Yani Ali/Sediksi

DAFTAR ISI

Hakim Ziyech memberikan kontribusi yang luar biasa bagi Timnas Maroko di Piala Dunia 2022. Saat melawan Kanada (1/12/2022), kurang dari empat menit saja bagi Hakim Ziyech untuk menciptakan gol dengan memanfaatkan blunder lini belakang lawan.

Disusul dengan gol En-Nesyri pada menit ke-23, Timnas Maroko memantapkan diri sebagai juara gurp Grup F dan masuk ke 16 besar Fifa Wolrd Cup 2002 Qatar. 

Berkat Hakim Ziyech dkk, Maroko untuk pertama kalinya sejak tahun 1986 berhasil masuk ke babak 16 besar.

Man of The Match Belgia VS Maroko

Pada pertandingan sebelumnya, saat melawan Timnas Belgia, Ziyech dinobatkan sebagai Man of The Match oleh banyak media dan analis bola. Padahal, dalam laga tersebut Hakim Ziech tidak mencetak gol.

Kendati demikian, peran mantan pemain Ajax Amsterdam ini berkontribusi besar. Posisi saya kanan diisinya dengan sangat baik dengan menghasilan 2 tembakan, 3 dribel spektakuler, dan 2 assist kunci.

Meski gol-nya dianulis pada babak pertama. Satu assistnya kepada Zakaria Aboukhlal berbuah gol pada penghujung babak kedua. Di lini pertahanan, Ziyech bahkan terlibat aktif dengan berhasil melakukan 3 tekel bersih.

Kontribusi Hakim Ziyech semakin tak terelakkan bagi Timnas Maroko. Ia bahkan mendapat pujian khusus dari pelatih Maroko, Walid Regrarui.

“Dia luar biasa,” puji Regragui kepada Hakim Ziyech kepada jurnalis The Telegraph, Sam Dean.

“Banyak orang berbicara tentang Hakim sebagai orang yang sulit diatur, tetapi yang saya lihat adalah ketika Anda memberinya cinta dan kepercayaan diri, dia akan mati untuk Anda,” sambung Regraragui, pelatih yang baru bertugas kurang dari 5 bulan ini untuk Timnas Maroko.

Hakim Ziyech Sempat Pensiun Bermain untuk Timnas

Hakim Ziyech Maroko

Medio 2021, Hakim Ziyech berselisih paham dengan manajer Timnas Maroko, Vahid Halilhodzic. Ini adalah buntut penolakan Hakim Ziyech untuk bertanding dalam laga persahabatan.

Vahid Halilhodzic pun menuduh Ziyech sebagai ‘pemain yang bisa membuat tim tidak seimbang’.

Setelah dikeluarkan dari skuad Piala Afrika oleh Vahid Halilhodzic, Februari 2022 Ziyech mengumumkan pensiun tidak akan membela Timnas Maroko di sepakbola internasional.

“Jelas, saya mengerti mereka tapi saya tidak akan kembali ke tim nasional,” ungkapnya pada media.

“Ya, ini keputusan terakhirku. Semuanya jelas bagi saya bagaimana keadaan di sana, semuanya jelas bagi saya dan saya fokus pada apa yang saya lakukan dan saat ini ada di klub saya,” sambungnya.

Hingga kemudian Halilhodzic dipecat pada Agustus, dan pelatih kepala baru Walid Reragui bergerak cepat untuk memperbaiki situasi.

Dalam 41 penampilan internasional, dia telah mencetak 17 gol dan memberikan sepuluh assist – plus, dia bisa bermain di sayap atau di belakang striker. Tidak mengherankan bahwa Maroko telah membawa Ziyech kembali, dan sang pemain ‘segera menerima’ undangan untuk bergabung kembali dengan tim Atlas Lions.

Profil Hakim Ziyech: Arti Nama, Negara Asal, dan Apakah Ia Masih Lajang?

Usia Hakim Ziyech belum genap kepala tiga saat membela Timnas Maroko di Piala Dunia 2022. Lahir pada tanggal 19 Maret 1993, ia merupakan warga Maroko yang lahir sekaligus besar di Belanda. 

Sebentar, jadi Hakim Ziyech negara mana? Negara asal Hakim Ziyech tetaplah Belanda. Ini tentu lain dengan kesukuannya. Ziyech bahkan sempat menjadi bagian dari Timnas Belanda Junior.

Arti nama Hakim Ziyech juga membuat penasaran banyak orang terutama di Indonesia. Perlu diketahui, ‘Ziyech’ artinya ‘berbakat’ dalam bahasa Arab. Sedangkan ‘Hakim’ berarti bijak. Sehingga, arti nama Hakim Ziyech bisa berarti orang yang bijak dan berbakat.

Informasi lain yang banyak dicari oleh netizen Indonesi adalah: apakah Hakim Ziyech sudah menikah? Singkat saja, jawabannya belum. Ziyech belum menikah atau dikabarkan memiliki pasangan.

Biodata Hakim Ziyech

  • Nama: Hakim Ziyech 
  • Nama panggilan: Sang Penyihir 
  • Tinggi pemain: 1,81 m 
  • Kaki yang disukai: Kiri Tim 
  • Tanggal lahir: 19 Maret 1993 
  • Zodiak: Pisces 
  • Tempat Lahir: Dronten, Belanda 
  • Kebangsaan: Belanda, Maroko 
  • Posisi bermain: Gelandang serang, pemain sayap 
  • Nomor jersey: 22 
  • Penjual Pakaian Penjual: Nike 
  • Instagram: @hziyech 
  • Facebook: Hakim Ziyech

Itulah informasi lengkap mengenai Hakim Ziyech. Karirnya di sepak bola baik dalam klub maupun membela Timnas Maroko sedang berada di puncak dan mungkin dalam jangka waktu yang cukup lama mengingat usianya tergolong muda.