Jangan Panik! Inilah 4 Cara Mengatasi HP Bootloop, Biar Normal Lagi

Jangan Panik! Inilah 4 Cara Mengatasi HP Bootloop, Biar Normal Lagi

Jangan Panik! Inilah 4 Cara Mengatasi HP Bootloop, Biar Normal Lagi

DAFTAR ISI

Sediksi – Belakangan ini sering muncul keluhan dari para pengguna hp Xiaomi, Redmi, dan Poco tentang bug yang menyebabkan hp yang mereka gunakan mengalami bootloop dan satu-satunya cara untuk memulihkannya adalah dengan me-reset ulang hp tersebut ke setelan pabrik. Jika kamu mengalaminya, jangan buru-buru me-reset hp kamu, kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi hp bootloop berikut ini.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hp bootloop yang sudah Sediksi rangkum dari berbagai sumber dan bisa kamu lakukan dengan mudah. Jika beberapa cara ini tidak dapat menyelesaikan masalahmu, dengan terpaksa kamu harus membawanya ke service center.

Cara mengatasi hp bootloop

Jangan Panik! Inilah 4 Cara Mengatasi HP Bootloop, Biar Normal Lagi - 1000020283 1024x641 jpg
freepik/stockking

Apa itu bootloop?

Sebelum membahas tentang cara mengatasi hp bootloop, kamu juga wajib mengetahui apa itu bootloop? Bootloop adalah kondisi di mana hp tidak bisa masuk ke sistem operasi atau menu utama, tetapi hanya berputar-putar di logo atau animasi awal saja.

Bootloop bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti kesalahan sistem, virus, aplikasi bermasalah, baterai lemah, atau kerusakan hardware. Bootloop bisa bersifat ringan atau berat, tergantung pada tingkat kerusakannya.

Penyebab hp bootloop

Seperti yang telah disebutkan, bootloop bisa disebabkan oleh banyak hal. Berikut adalah beberapa penyebab umum yang bisa menyebabkan hp kamu mengalami bootloop:

Kesalahan sistem

Penyebab pertama adalah kesalahan sistem. Hal Ini adalah penyebab yang paling sering terjadi, terutama jika kamu sering mengubah atau mengutak-atik pengaturan sistem, menghapus hal penting, atau melakukan rooting.

Kesalahan sistem bisa membuat hp tidak bisa membaca data atau instruksi yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem operasi.

Virus

Sebab berikutnya adalah karena virus. Virus adalah program jahat yang bisa merusak atau mengubah data di hp kamu. Virus bisa masuk ke hp kamu melalui aplikasi yang tidak resmi, situs web yang mencurigakan, atau perangkat lain yang terhubung.

Virus bisa menyebabkan bootloop dengan menginfeksi file sistem, menghapus data penting, atau mengubah pengaturan sistem.

Aplikasi bermasalah

Berikutnya adalah aplikasi yang bermasalah. Aplikasi yang tidak kompatibel, tidak terupdate, atau berasal dari sumber yang tidak terpercaya bisa menyebabkan bootloop.

Aplikasi bermasalah bisa menimbulkan konflik dengan sistem operasi, menghabiskan memori, atau mengakses data yang tidak seharusnya. Aplikasi bermasalah juga bisa mengandung virus yang bisa merusak hp kamu.

Baterai lemah

Baterai yang lemah atau rusak juga bisa menyebabkan hp bootloop. Sebab baterai lemah atau rusak tidak bisa memberikan daya yang cukup untuk menjalankan sistem operasi. Baterai yang lemah bisa terjadi karena usia, penggunaan yang berlebihan, atau pengisian yang tidak tepat. Baterai yang lemah bisa membuat hp mati mendadak, restart sendiri, atau bootloop.

Kerusakan hardware

Penyebab terakhir adalah kerusakan hardware. Hal ini adalah penyebab yang paling jarang terjadi, tetapi juga paling parah. Kerusakan hardware bisa disebabkan oleh faktor fisik, seperti jatuh, terkena air, terbakar, atau terkena benturan.

Kerusakan hardware bisa mempengaruhi komponen penting di hp, seperti prosesor, memori, layar, atau kamera. Kerusakan hardware bisa membuat hp tidak bisa berfungsi sama sekali, atau bootloop.

Solusi hp yang bootloop

Di atas telah Sediksi rinci apa saja penyebab hp bootloop. Sekarang mari bahas tentang cara mengatasi hp bootloop yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Jika hp kamu mengalami bootloop, jangan panik. Ada beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi dan mencegahnya. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa kamu lakukan:

Restart hp

Cara mengatasi hp bootloop yang pertama adalah restart hp kamu. Solusi ini adalah solusi yang paling mudah dan paling sering berhasil. Restart hp bisa memperbaiki bootloop yang disebabkan oleh kesalahan sistem, virus, atau aplikasi bermasalah.

Caranya, tekan dan tahan tombol power sampai hp mati, lalu nyalakan kembali. Jika hp Anda masih bootloop, coba lakukan restart paksa dengan menekan tombol power dan volume bersamaan selama beberapa detik. Cara ini hanya bisa dilakukan jika hp kamu berhasil masuk ke dalam sistem saja.

Masuk ke mode recovery

Cara mengatasi hp bootloop berikutnya adalah masuk ke mode recovery. Mode recovery adalah mode khusus yang bisa digunakan untuk memperbaiki masalah di hp kamu. Mode recovery bisa diakses dengan menekan tombol power dan volume bersamaan saat hp mati, lalu lepaskan saat muncul logo atau tulisan.

Di mode recovery, kamu bisa melakukan beberapa hal, seperti wipe cache, wipe data, atau update sistem. Wipe cache adalah menghapus data sementara yang bisa menyebabkan bootloop. Wipe data adalah menghapus semua data di hp kamu, termasuk aplikasi, foto, video, dan lain-lain.

Ini adalah solusi terakhir jika bootloop tidak bisa diperbaiki dengan cara lain. Update sistem adalah menginstal ulang sistem operasi yang terbaru atau yang cocok dengan hp kamu. Ini bisa memperbaiki bootloop yang disebabkan oleh kesalahan sistem atau virus.

Masuk ke mode download

Cara mengatasi hp bootloop selanjutnya adalah masuk ke mode download. Mode download adalah mode khusus yang bisa digunakan untuk menginstal ulang sistem operasi di hp kamu. Mode download bisa diakses dengan menekan tombol power, volume, dan home bersamaan saat hp mati, lalu lepaskan saat muncul logo atau tulisan.

Di mode download, kamu bisa menghubungkan hp kamu ke komputer, lalu menggunakan software khusus untuk menginstal ulang sistem operasi yang sesuai dengan hp kamu. Cara mengatasi hp bootloop ini adalah solusi yang paling efektif untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh kerusakan sistem operasi yang rusak parah.

Bawa ke service center

Jika semua solusi di atas tidak berhasil, maka cara mengatasi hp bootloop yang terakhir adalah membawa hp kamu ke service center resmi atau terpercaya. Di sana, kamu bisa mendapatkan pemeriksaan, perbaikan, atau penggantian komponen yang rusak.

Solusi ini adalah solusi yang paling aman dan terjamin, tetapi juga paling mahal dan memakan waktu.

Itulah beberapa cara mengatasi hp bootloop yang dapat kamu coba jika kamu mengalami masalah tersebut. Hal yang harus kamu perhatikan adalah selalu memperhatikan kesehatan serta kondisi hp kamu agar hp yang kamu gunakan tidak mengalami kerusakan dan akan merugikan kamu.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel