3 Sungai di Vietnam, Melintas hingga Negara Lain

3 Sungai di Vietnam, Melintas hingga Negara Lain

SUNGAI DI VIETNAM
Photo by Quang Nguyen Vinh

DAFTAR ISI

Tahukah kamu seberapa banyak sungai yang ada di negara Vietnam? Ternyata inilah beberapa sungai di Vietnam yang terkenal.

Vietnam adalah salah satu negara bagian dari Asia Tenggara yang letaknya dekat dengan negara Laos dan negara Kamboja. Terkenal dengan sebutan negeri Naga Biru, ternyata ada juga banyak sungai di Vietnam yang terkenal dan alirannya melintas hingga negara tetangga Vietnam.

Negara Vietnam dikenal unik karena bentuk wilayahnya yang berbentuk serupa dengan huruf S jika dilihat di dalam peta. Bentuk negara Vietnam terlihat kurus namun terbentang sangat panjang dari utara menuju ke selatan. Luas wilayah Vietnam sendiri mencapai 331.210 km2.

Negara yang bernama lengkap Republik Sosialis Vietnam ini memang memiliki berbagai tempat wisata dengan keindahan alamnya. Mulai dari gunung, sungai, danau, hingga goa dan juga hutan. Pada artikel ini, kita akan membahas daftar sungai di Vietnam.

Daftar Sungai di Vietnam

Sungai Mekong

Sungai di Vietnam
Photo by Dick Hoskins

Sungai pertama yang paling terkenal dan paling penting bagi Vietnam adalah Sungai Mekong. Banyak fakta unik dan menarik dari keberadaan Sungai Mekong di Vietnam ini. Fakta pertama adalah aliran Sungai Mekong yang melintasi enam negara sekaligus.

Aliran Sungai Mekong dimulai dari Tiongkok yakni khususnya provinsi Yunan dan kemudian mengalir ke negara-negara di Asia Tenggara seperti Vietnam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Thailand.

Sungai Mekong sendiri menjadi sungai ke-12 yang terpanjang di dunia. Dilansir dari Britannica, Sungai Mekong tercatat memiliki panjang hingga 4.350 km.

Fakta kedua tentang Sungai Mekong yaitu memiliki nama sebutan yang berbeda di masing-masing negara yang dilintasinya. Khususnya di negara Vietnam, Sungai Mekong disebut masyarakatnya dengan nama Cuu Long.

Sementara di negara Thailand atau Laos menyebut Sungai Mekong dengan nama Mae Kong atau juga Mae Nam Kong.

Dengan panjang yang dimiliki, Sungai Mekong pun ditinggali oleh ribuan spesies hewan laut baik ribuan jenis ikan, buaya, kura-kura, hingga lumba-lumba. Tidak mengherankan jika banyak spesies ikan berukuran raksasa yang bisa hidup di Sungai Mekong ini.

Salah satu hewan laut raksasa yang hidup di Sungai Mekong adalah Mekong Giant Catfish yang beratnya bisa mencapai 350kg. Meskipun ada ribuan spesied yang hidup di aliran sungai ini, ternyata mulai banyak yang terancam punah.

Mekong Giant Catfish, Buaya Siam, maupun Lumba-lumba Irrawaddy adalah beberapa spesies hewan berukuran raksasa yang mulai berkurang jumlahnya. Spesies ini tidak bisa berkembang biak dengan pesat dan mulai terdesak oleh pencemaran yang terjadi di Sungai Mekong.

Sungai Merah

sungai merah vietnam
Sungai Merah/ Wikimedia Commones

Sungai kedua yang terkenal dari negara Vietnam adalah Sungai Merah. Sungai yang satu ini ternyata tidak hanya melintas di Vietnam tetapi juga Tiongkok khususnya Yunnan. Panjang Sungai Merah mencapai 1.149 km.

Nama Merah dari sungai ini bukan diberikan tanpa alasan. Lumpur yang ada di dasar sungai ini membuatnya menjadi terlihat berwarna merah dan diberi nama sedemikian rupa.

Di Vietnam sungai ini disebut Hong Ha dan di Tiongkok disebut Yuan. Ada beberapa fakta menarik lainnya dari Sungai Merah.

Beberapa jembatan dan kapal tersedia di Sungai Merah agar para pengunjung dan penduduk bisa menyeberanginya. Dengan fasilitas ini, kehidupan bermasyarakat di Vietnam yang dilintasi Sungai Merah berjalan dengan lebih lancar.

Jembatan yang dibangun di Sungai Merah ini di antaranya adalah Jembatan Long Bien, Jembatan Nhat Tan, Jembatan Dong Tru, dan Jembatan Thang Long. Bahkan jembatan-jembatan ini juga bernilai sejarah bagi penduduk Vietnam.

Sungai Perfume atau Houng River

Sungai Parfum di Vietnam
Photo by Dick Hoskin

Sungai ketiga dalam daftar ini yang terkenal di Vietnam sangatlah unik yaitu Sungai Perfume atau penduduk Vietnam menyebutnya dengan nama Houng River. Sungai Perfume ini sangat terkenal di kalangan wisatawan baik domestik atau pun mancanegara.

Nama Sungai Parfume diberikan karena pemandangannya yang indah dan aromanya sangat wangi seperti minyak wangi atau parfum. Meski namanya belum sepopuler Sungai Mekong dan Sungai Merah, tapi Sungai Parfume adalah rekomendasi yang bagus untuk dijadikan destinasi wisata di Vietnam.

Sungai Parfume berlokasi di Kota Hue dan alasan utama airnya sangat harum karena adanya hutan yang berisikan tanaman aromatik di sekitar sungainya. Pengunjung pun dapat menghirup aroma air sungai yang lembut, wangi, dan menyejukkan.

Melihat pemandangan dan situasi Sungai Perfume membuatnya cocok dijadikan tempat romantis yang ada di Vietnam. Banyak karya seperti lagu atau puisi bertema romantis yang terinspirasi dari keberadaan Sungai Perfume ini. Pemandangan Huong River ini di kala malam hari bahkan jauh lebih indah dan romantis.

Itulah 3 daftar sungai di Vietnam yang terkenal. Bahkan dua di antaranya adalah sungai yang melintas di lebih dari 1 negara sekaligus. Semoga bisa jadi salah satu rekomendasikan untuk kamu yang hendak berlibur di negara Vietnam.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut