Biaya Hidup di Filipina: Akomodasi, Transportasi dan Kuliner (Desember 2022)

Biaya Hidup di Filipina: Akomodasi, Transportasi dan Kuliner (Desember 2022)

Filipina adalah tujuan wisata yang populer dengan banyak hiden game dan biaya hidup yang murah
biaya hidup di filipina

DAFTAR ISI

Biaya hidup di Filipina wajib diketahui oleh setiap orang yang ingin datang ke negara ini dengan berbagai alasan. Entah itu berwisata, menempuh pendidikan, terlebih menetap menjadi penduduk negara ini atau sebagai ekspatriat.

Apakah biaya hidup di Filipina mahal? Jika dibandingkan dengan mayoritas negara di eropa tentu saja tidak. Dan jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya tidak jauh berbeda kecuali dengan Singapura yang kita tahu adalah salah satu negara dengan biaya hidup tertinggi di dunia.

Kehidupan di Filipina

Indonesia bukan satu-satunya negara kepulauan di dunia meski itu masih menjadi salah satu terbesar dengan belasan ribu pulau. Filipina tak kalah menakjubkan dengan kurang lebih 7.000 pulau yang luar biasa indah.

Hutan tropis, sederet pantai dengan pasir putih yang indah, hingga kedai-kedai kopi cozy mudah kita jumpai di Filipina. Selain karena keindahan alam, mengapa kita perlu datang ke negara ini? Jawabannya karena kemudahan komunikasi. Mayoritas orang Filipina cukup fasih berbahasa Inggris sehingga kamu tidak perlu bingung ketika datang ke sini.

Alasan lain, tentu saja karena biaya hidup di Filipina masih relatif murah. Ini jadi rekomendasi negara yang cocok untuk ditinggali bagi pekerja nomaden terutama yang menggantungkan hidup di industri digital.

Pasalnya, kamu bisa bekerja dan melakukan wisata di waktu yang sama. Meski masih banyak wilayah cukup sulit diakses, namun internet sudah tersebar di banyak sudut Filipina.

Berapa Biaya Hidup di Filipina?

Fyi, Filipina menggunakan mata uang Peso di mana 1 Peso sama dengan 272 rupiah atau tidak sampai $ 0,1 (Kurs 3 Desember 2022). Untuk memudahkan kemungkinan nilai pertukaran uang, selanjutnya kami akan menggunakan mata uang dolar Amerika Serikat.

Biaya hidup di Filipina sangat rendah. Kita bisa hidup layak hanya dengan anggaran kurang lebih $500 per bulan. Ini sudah termasuk akomodasi penginapan, biaya listrik, air, pulsa, internet, makan di restoran, bahan makanan pokok, transportasi, dan rekreasi sederhana.

Biaya Akomodasi di Filipina

Tentukan lokasi di mana kamu akan tinggal lebih lama dan tempat tinggal seperti apa yang kamu inginkan. Aspek akomodasi menjadi sangat penting karena bisa menjadi sisi pengeluaran paling besar sekaligus bisa menghemat banyak anggaran jika kita memilihnya dengan cermat.

Sebagai contoh, tinggal di wilayah Makati atau kota metropolitan di Filipina akan membutuhkan biaya yang cukup besar setidaknya $ 600/bulan. Jadi lebih hemat sampai 50% jika kita menyewa kamar di rumah seseorang alias ngekost.

Untuk pengalaman tinggal di Filipina lebih mengesankan dengan biaya yang lebih murah, coba pertimbangkan untuk tinggal di kota kecil seperti Kota Cebu. Kota ini memiliki pantai-pantai yang indah.

Dapatkan akomodasi murah dengan mencarinya di Airbnb. Meski begitu, mencari penginapan melalui platform facebook juga masih sangat relevan di negara seperti Filipina. Berikut tabel harga akomodasi untuk tinggal di Filipina:

Tipe AkomodasiHarga
Kamar Pribadi di Makati$ 300
Apartemen Pribadi di Makati$ 700
Apartemen 1 kamar di luar Makati$ 145
Villa Pribadi di El Nido$ 1000

Biaya Transportasi di Filipina

Saat ini kebanyakan orang datang ke Filipina adalah untuk wisata. Dengan demikian, aspek transportasi menjadi sangat penting untuk menghitung biaya hidup di Filipina.

Di kota-kota besar di Filipina tersedia bus dan taksi untuk berkeliling. Taksi putih menghitung biaya per kilometer.

Alternatif lain adalah menggunakan ojek atau becak. Ini sangat dinamis untuk jalanan yang macet sehingga bisa sampai tujuan lebih cepat. Bisa juga menyewa motor dan kamu bisa pergi kemanapun kamu mau.

Jika kamu berencana pergi ke luar Manila, ada kereta api yang biasanya padat di jam sibuk. Berikut tabel biaya transportasi di Filipina:

Tipe KendaraanHarga
Tiket metro bulanan$ 40
Taksi Bandara Manila-Pusat Kota$ 4
Menyewa motor$ 5/day

Harga Makanan di Filipina

Filipina adalah surga bagi semua pecinta kuliner. Sama seperti negara lain di Asia Tenggara, beras adalah makanan pokok di sini.

Cita rasa makanan Filipina adalah panduan cari kuliner Spanyol, Cina, Jepang, dan negara Pasifik. Dan jika kamu seorang penggemar seafood, kamu mungkin akan sangat mencintai Filipina.

Untuk sekali makan di restoran sederhana, biaya kamu keluarkan sekitar $ 3 dengan menu utama berbahan daging atau ikan. Harga minuman di Filipina sekitar 5 ribu rupiah per botol atau $ 0,31.

Susu (1 liter)$ 1,7O
Roti$ 1,20
Beras (1 pon)$ 1,00
Telur (lusin)$ 1,70
Keju Lokal (per/kg)$ 6,40
Tomat (1 pon)$ 1,40
Pisang (1 pon)$ 1,50

Wisata di Filipina

Belajar menyelam atau diving, dapatkan sertifikatnya dan kamu bisa menyelam di lautan Filipina yang indah itu. Jika tidak suka lautan, kamu juga bisa mendaki gunung atau sekadar menikmati sinar matahari di sawah-sawah.

Di Filipina kita bisa menikmati rekreasi indoor dan outdoor. Berikut tabel rata-rata biaya yang diperlukan:

Sertifikasi Diving$500
Sewa Sepeda (1 jam)$1
Perjalanan Menyelam$50
Pelajaran Selancar (3 jam)$25
Kelas Yoga$8
Keanggotaan Gym (1 bulan)$35

Itu tadi informasi mengenai biaya hidup di Filipina saat ini. Kami akan terus memperbarui informasi terkait, baik itu kebaruan harga maupun tambahan poin anggaran yang harus dikeluarkan. Sekarang, kamu bisa mengemasi ransel, memesan tiket ke Filipina dan nikmati keindahan Filipina!

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut