Biaya Hidup di Vietnam: Akomodasi, Makanan dan Transportasi (Desember 2022)

Biaya Hidup di Vietnam: Akomodasi, Makanan dan Transportasi (Desember 2022)

Berapa biaya hidup di Vietnam? Apakah negara ini begitu murah untuk ditinggali?
biaya hidup di vietnam

DAFTAR ISI

Ini adalah negara tujuan bagi banyak ekspatriat dan pelancong internasional. Alasan utamanya karena biaya hidup di Vietnam relatif murah jika dibandingkan dengan negara lain tak terkecuali Indonesia.

Dengan kualitas hidup yang menjanjikan, Vietnam juga menjadi tujuan bagi para pensiunan maupun pekerja digital yang biasa hidup nomaden dengan prinsip Work From Anywhere. Pantai yang indah? Gunung yang sejuk? Dan makanan lezat, bisa kita nikmati di salah satu negara terbaik di Asia Tenggara ini.

Apakah Biaya Hidup di Vietnam Mahal?

Jawaban cepat: sangat murah. Tapi, seperti yang sering kami sampaikan setiap kali memberikan informasi seputar biaya hidup, bahwa mahal atau murah sangat tergantung dengan gaya hidup masing-masing-masing individu.

Menghitung biaya hidup di Vietnam juga harus melihat beberapa aspek penting. Mulai dari akomodasi penginapan, biaya transportasi, maupun harga makanan yang ada di negara ini.

Untuk merasakan aman dan nyaman, anggaran untuk biaya hidup di Vietnam setidaknya $500-$1000 saja per bulan. Jika dirupiahkan, dengan kurs mata uang saat ini (3 Desember 2022) adalah sekitar Rp 7 juta- Rp 15 juta.

Pada kenyataannya, bagi warga Indonesia mungkin bisa lebih murah dari itu. Vietnam menggunakan mata uang Dong yang jika dirupiahkan untuk 1 dong tidak sampai 1 rupiah.

Untuk memudahkan perhitungan biaya hidup di Vietnam, selanjutnya kami hanya akan menggunakan perbandingan Dollar Amerika Serikat dan Rupiah.

Biaya Akomodasi di Vietnam

Tidaklah sulit untuk mencari tempat singgah di Vietnam. Sebagai negara yang salah satu pendapatan terbesarnya dari sektor wisata, ada banyak jenis penginapan bisa kita pilih sesuai budget dan seleran kita.

Jika kita tidak begitu keberatan untuk menempati tempat tinggal sederhana, pengeluaran bisa sangat minim, sekitar $150/bulan. Kami menyarankan untuk mencari penginapan-penginapan murah di Vietnam melalui platform facebook.

Untuk lebih lengkapnya mengenai harga penginapan di Vietnam, simak tabel di bawah ini:

Tipe AkomodasiBiaya
Kamar di apartemen bersamaDari $150-$300 (tergantung lokasi)
Apartemen sederhanaDari $200-$500
Apartemen besarDari $400-$1.000
Rumah kecilDari $250-$800
VilaDari $1.000-$5.000

Biaya Transportasi di Vietnam

Sama seperti kebanyakan negara di Asia Tenggara lainnya, sepeda motor adalah transportasi favorit dan paling fleksibel untuk digunakan di Vietnam. Satu lagi, lebih murah pastinya.

Kecuali kita tinggal di kota-kota besar, tidak banyak pilihan moda transportasi yang bisa digunakan. Bus dan kereta api ada di beberapa tempat namun tidak bisa menjangkau lebih banyak tempat jika kamu adalah orang yang eksploratif dan ingin mengunjungi banyak sudut Vietnam.

Untuk menyewa motor selama sebulan, kita mungkin hanya perlu mengeluarkan uang sebesar $40. Beberapa jasa penyewa menerapkan deposit, jadi kamu harus menaruh dulu uang kira-kira $100-$200 yang akan dikembalikan ketika motor selesai kamu sewa.

Jika kamu ingin tinggal lama di Vietnam, tidak ada alternatif terbaik selain membeli motor bekas. Harganya berkisar $250-$500 yang bisa kamu jual kembali saat ingin meninggalkan negara ini.

Moda kendaraan lain ada taksi dan bus. Berikut rincian biaya hidup di Vietnam dari segi tranportasi:

Jenis TransportasiBiaya
Sepeda Motor$40-$60/bulan
Taksi$0,5/km
Bus$1-$30 (tergantun jarak)

Harga Makanan di Vietnam

Dari tadi kami sudah tidak sabar ingin membagikan informasi mengenai harga makanan di Vietnam. Sangat sangat murah tentunya dengan cita rasa yang kuat khas Asia.

Hanya dengan $1 kamu sudah bisa makan di tempat makan pinggir jalan. Sesekali tak masalah jika kamu ingin makan di restoran, harganya tak sampai $10. Sedangkan, untuk di franchise cepat saji hanya sekitar $2-$4.

Harga air mineral di Vietnam juga sangatlah murah, sekitar VND 6000 atau dengan uang $1 dolar kamu sudah dapat dua botol minum. Air keran tidak bisa diminum. Ketika kamu tinggal di sana, kamu akan membeli segalon air 19 liter yang dapat digunakan dapat diisi ulang dengan harga sekitar 10.000 VND.

Sebagai informasi tambahan untuk para perokok, harga rokok di Vietnam hanya VND 24.000 atau sekitar 15 ribu rupiah.

Tidak ada cara lain untuk berhemat selain dengan memasak sendiri di rumah. Harga bahan makanan pokok di Vietnam bisa kamu lihat di tabel berikut:

MakananHarga
1 kg kentang$1
One Banh Mi (roti)$0,5
Ayam$0,5
1 kg beras$1
Keju Prancis yang diimpor$7
Sebotol bir lokal$1
Sebotol Bordeaux$15

Komunikasi

Internet berkecepatan tinggi sangat umum di kota-kota besar seperti Kota Ho Chi Minh, terutama di kafe-kafe. Kota-kota kecil juga memiliki akses internet, tetapi dapat sedikit lebih bervariasi daripada di dua kota terbesar.

Adapun langganan internet, jika tempat yang kamu sewa tidak menyediakannya, harganya sekitar 300.000 VND/ bulan (sekitar US$15).

Itu tadi informasi umum mengenai biaya hidup di Vietnam. Kami akan terus memperbarui informasi terkait baik secara spesifikasi harga maupun tambahan poin-poin penting lain. Semoga bermanfaat!

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut