Frane Selak: Kisah Orang yang Selamat dari Kematian 7 Kali

Frane Selak: Kisah Orang yang Selamat dari Kematian 7 Kali

Kisah Orang yang Selamat dari Kematian 7 Kali

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Ada pepatah yang mengatakan bahwa hidup itu seperti roda, kadang di atas kadang di bawah. Namun, bagi Frane Selak, hidupnya lebih mirip dengan roller coaster yang penuh dengan naik turun yang ekstrem.

Ini adalah kisah orang yang selamat dari kematian 7 kali, dan di hari tuanya berhasil memenangi lotre senilai Rp14 miliar. Apakah ia manusia paling beruntung atau paling sial di dunia?

Kita memang bisa melihatnya dari dua sisi tersebut, beberapa orang menganggap ia adalah orang paling sial karena mengalami kecelakaan maut 7 kali, namun itu juga bisa dilihat bahwa ia adalah manusia yang beruntung, bisa selamat dari kematian 7 kali dan akhirnya memenangkan lotre di hari tuanya.

Frane selak lebih suka bahwa dirinya dianggap sebagai orang paling beruntung. Lalu bagaimana selengkapnya tentang kisah orang yang selamat dari kematian 7 kali ini? Mari kita simak kisahnya yang luar biasa ini.

Kisah Orang yang Selamat dari Kematian 7 Kali

Frank Selak lahir pada 14 Juni 1929 di Kroasia. Ia adalah seorang guru musik yang menjalani hidup sederhana tanpa ada yang spesial. Namun, pada tahun 1962, ia mengalami kecelakaan pertama yang hampir merenggut nyawanya.

Dan itu bukanlah pengalaman pertamanya yang akan menuntunnya mendapat julukan orang paling sial atau paling beruntung di dunia. Tahun 60-an hingga tahun 2000-an awal, ia tercatat terlibat dalam 7 kali kecelakaan maut, dan ia selalu selamat dari kesemuanya.

Ajaib memang, jatah keberuntungannya seperti tak terbatas, apalagi pada masa tuanya ia memenangkan lotre yang berhadiah sebesar 14 miliar rupiah.

Inilah rekap kejadian tentang kisah orang yang selamat dari kematian 7 kali yang dialami Frane Selak:

Kecelakaan Kereta Api pada tahun 1962

Frane Selak: Kisah Orang yang Selamat dari Kematian 7 Kali - Kecelakaan Kereta Api jpg
Gambar hanya ilustrasi kejadian/Image from Thelotteryhouse

Kisah orang yang selamat dari kematian 7 kali ini diawali pada tahun 62, dari kecelakaan maut kereta api. Saat itu, ia sedang menaiki kereta api dari Sarajevo ke Dubrovnik.

Tiba-tiba, kereta api itu terlempar ke sungai dan menewaskan 17 orang. Selak termasuk salah satu dari penumpang yang selamat, dengan hanya mengalami patah lengan dan hipotermia.

Kecelakaan ini terbilang cukup parah, dan Frane sangat beruntung, namun selamatnya ia dari kecelakaan ini masih belum terbilang ajaib dari serentetan peristiwa kedepannya.

Kecelakaan Pesawat tahun 1963

Setahun kemudian, ia kembali mengalami kecelakaan yang nyaris fatal. Saat itu ia baru saja menerima kabar bahwa ibunya sedang sakit, yang membuatnya bertekad untuk menemuinya.

Sebenarnya Frane Selak belum pernah naik pesawat sebelumnya, tapi ia terpaksa karena itu adalah transportasi tercepat – hingga kini – yang bisa mengantarnya ke tempat tujuan.

Ia akan terbang dari Zagreb ke Rijeka dengan pesawat. Dari penuturan Selak menyadur dari All That’s Interesting dair tulisan The Seven Unbelievable Survival Stories Of Frane Selak, penerbangan paling awal yang tersedia sebenarnya sudah penuh, namun ia berhasil membujuk maskapai dan membiarkannya duduk di belakang pesawat bersama pramugari.

Perjalanan pesawat memang lancar sampai sesaat sebelum mendarat. Seketika hal tak terduga terjadi; salah satu pintu pesawat terbuka, lalu terjadi kecelakaan pesawat hebat.

Pesawat itu jatuh dan menewaskan 19 orang. Namun, dengan cara yang tidak masuk akal, Selak berhasil selamat setelah ditemukan oleh tim penyelamat di tumpukan jerami.

Kecelakaan Bus pada 1966

Tak berhenti di situ, kisah orang yang selamat dari kematian 7 kali ini masih berlanjut. Dua kali selamat sebagai penumpang, Selak juga mengalami nasib serupa sebagai pengemudi.

Pada tahun 1966, ia mengemudikan bis yang jatuh ke sungai. Empat orang penumpang meninggal dan Selak hanya mendapatkan beberapa memar tanpa luka serius.

Ledakan Mobil pada 1970 dan 73

Frane Selak: Kisah Orang yang Selamat dari Kematian 7 Kali - Mobil Terbakar
Gambar hanya ilustrasi kejadian/Image from Thescoop

Pada tahun 1970 dan 1973, Selak dilaporkan selamat dari dua kecelakaan serupa di mana mobilnya secara spontan terbakar saat ia mengendarainya dan kemudian meledak tepat sebelum dia bisa melarikan diri ke tempat yang aman.

ia dua kali selamat dari ledakan mobilnya yang disebabkan oleh masalah tangki bahan bakar. Beruntung Ia hanya mengalami luka bakar ringan di kedua kejadian itu.

Ditabrak Bus pada 1995

Setelah itu, hidup Selak terasa damai selama 22 tahun tanpa sekalipun mengalamai kecelakan maut lagi. Namun, pada tahun 1995, ia kembali berhadapan dengan maut.

Saat itu, ia sedang berjalan di jalanan Zagreb, hal yang tak terduga menimpanya; ia ditabrak oleh bus. Seperti yang bisa ditebak, sekali lagi ia selamat tanpa ada cedera yang serius, dan semakin memperkuat reputasinya sebagai orang yang mampu selamat berkali-kali dari ancaman kematian.

Terjun ke Jurang tahun 1996

Setahun setelahnya, dan ini adalah kecelakaan terakhir yang dialaminya dan masih selamat, ia mengalami kecelakaan mobil. Mobilnya terjun bebas ke dalam jurang setinggi 90 meter dan meledak setelah ditabrak oleh truk.

Sebelum sampai pada jurang, ia melompat keluar dan berpegangan pada pohon, dan ia menyaksikan mobilnya meledak di bawah, ya ia ketujuh kalinya ini selamat, lagi-lagi tanpa cedera yang serius.

Menang Lotre 2003

Frane Selak: Kisah Orang yang Selamat dari Kematian 7 Kali - Frane Selak Menang Lotre jpg
Image from Canyonechoes

Lalu satu peristiwa yang membuatnya semakin terkenal adalah bukan karena kecelakaan lagi, ia memenangkan lotre seharga 14 miliar rupiah pada tahun 2003.

Ini adalah upaya ia menguji apakah ia adalah manusia tersial di dunia. Selak mengatakan bahwa tetangganya mengejek seperti “Katakan seperti ini, jika saya mendengar Frane telah memesan tiket penerbangan atau kereta api, saya akan membatalkan pada jadwal yang sama.”

Itulah dia ulasan tentang kisah orang yang selamat dari kematian 7 kali. Dengan mengalami tujuh kecelakaan maut yang berbeda, Selak mendapat perhatian dari media. Ia dijuluki sebagai manusia paling beruntung atau paling sial di dunia.

Demikianlah kisah Frank Selak, manusia yang mencurangi kematian 7 kali. Apakah kamu menganggapnya sebagai manusia paling beruntung atau paling sial di dunia? Silakan berikan komentar Anda di bawah ini.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel