Biaya Hidup di Kanada untuk Mahasiswa Internasional (Desember 2022)

Biaya Hidup di Kanada untuk Mahasiswa Internasional (Desember 2022)

biaya hidup di Kanada

DAFTAR ISI

Kanada merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan dan pilihan imigrasi terbaik dunia. Lalu, bagaimana dengan biaya hidup di Kanada? Sebegitu mahalnya, kah? Apa mahasiswa internasional direkomendasikan untuk menempuh pendidikan di sini?

Negara ini memang sangat baik untuk mengembangkan karir seseorang maupun menetap secara permanen dalam jangka panjang. Universitas kelas dunia, keragaman budaya, dan orang-orang yang ramah menjadikan Kanada tujuan studi populer bagi pelajar atau mahasiswa di seluruh dunia.

Biaya hidup di Kanada terkenal mahal, tetapi pengalaman berkesan yang ditawarkannya sulit dinilai dengan uang semata. Dengan biaya kuliah dan gaya hidup yang layak, anggaran yang harus disiapkan untuk siapapun yang ingin menempuh pendidikan di Kanada bisa sangat masuk akal.

Ada banyak spekulasi tentang biaya hidup di Kanada untuk mahasiswa internasional dan oleh karena itu, merangkum jawaban-jawaban untuk semua pertanyaan tersebut di artikel ini.

Ikhtisar Biaya Hidup di Kanada untuk Mahasiswa

Biaya hidup di Kanada untuk mahasiswa internasional sebenarnya cukup terjangkau terlebih jika kita bijak mengelola anggaran. Biaya rata-rata hidup di Kanada sebagai mahasiswa dapat berkisar antara 15.000 CAD – 20.000 CAD atau jika dirupiahkan saat ini sekitar 176-234 juta rupiah (kurs 3 Desember 2022) dalam satu periodeisasi kuliah.

Semua tentu tergantung pada gaya hidup dan preferensi seseorang dan bervariasi di berbagai provinsi di Kanada. Berbicara tentang biaya kuliah, sebagian besar institusi akademik di Kanada menawarkan kursus dengan biaya kuliah yang sesuai dengan 15.000 CAD.

Keseluruhan biaya hidup di Kanada adalah jumlah total dari banyak aspek. Sebelum membahas lebih rinci untuk setiap aspek, table anggaran berikut mungkin bisa memberikan gambaran sekilas mengenai biaya hidup di Kanada:

AspekEstimasi Alokasi Dana Per Bulan
Akomodasi400 CAD – 600 CAD
Konsumsi200 CAD – 300 CAD
Transportasi100 CAD – 250 CAD
Internet30 CAD – 50 CAD
Lain-lain600 CAD – 700 CAD
tabel biaya hidup di Kanada

Sekarang mari kita masuk ke perincian tentang beberapa biaya hidup paling penting di Kanada untuk mahasiswa dan siapapun yang berniat untuk menetap dalam jangka waktu panjang di sini.

Biaya Akomodasi di Kanada

Biaya hidup di Kanada untuk mahasiswa internasional per bulan sangat berkaitan dengan jenis akomodasi yang kita pilih. Pilihan akomodasi populer di Kanada untuk pelajar ada dalam 4 kategori, antara lain:

Asrama Mahasiswa- Townhome

Sebagian besar perguruan tinggi dan universitas di Kanada menyediakan tempat tinggal siswa di dalam kampus atau di dekat kampus. Asrama adalah bangunan yang lebih besar yang menampung banyak siswa, sedangkan townhouse terpisah, biasanya menampung tiga hingga enam siswa.

Selain makanan di rumah, keduanya memiliki kafetaria terdekat atau food court di mana Anda dapat menikmati makanan biasa Anda. Kedua opsi tersebut mungkin mencakup utilitas seperti pemanas, air panas, dan internet, atau menawarkannya dengan biaya yang lebih rendah.

Apartemen atau Kondominium Bersama di Luar Kampus

Apartemen atau kondominium bersama di luar kampus memberi siswa satu kamar, di ruang tamu dengan satu atau lebih teman sekamar lainnya. Sama seperti townhome, mereka sering memiliki kamar tidur atau ruang tamu untuk satu orang dengan dapur bersama, kamar mandi, ruang makan, dan area ruang tamu.

Sewa Apartemen Full Perabot dan Tanpa Perabot

Ada banyak cara berbeda untuk menemukan persewaan apartemen berperabot sementara sebelum tiba untuk belajar di Kanada.

Kamu dapat mencarinya di situs web seperti Airbnb, Craigslist, HouseTrip atau Wimdu untuk hal yang sama. Jangan lupa periksa ulasan dan peringkat dari orang-orang yang sebelumnya tinggal di sana.

Lebih lengkap mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap pilihan akomodasi adalah sebagai berikut:

Asrama350 CAD – 600 CAD
Townhouse250 CAD – 650 CAD
Apartemen Bersama400 CAD – 800 CAD
Sewa Apartemen Tanpa Perabotan300 CAD – 500 CAD
tabel biaya akomodasi di Kanada

Transportasi di Kanada

Transportasi umum di Kanada terhubung dengan baik, efisien dan aman. Untuk mengurangi pengeluaran bulanan di Kanada, seseorang dapat memilih transportasi umum. Selain itu, bersepeda atau berjalan kaki ke kampus juga jadi budaya ramah lingkungan yang banyak diadopsi penduduk lokal.

Kanada memiliki beberapa moda transportasi umum seperti bus, kereta api, kereta bawah tanah, dan kereta api ringan. Kamu dapat memanfaatkan diskon pelajar saat menggunakan transportasi umum ini dengan menunjukkan kartu pelajar.

Moda TransportasiAnggaran Rata-Rata Per Bulan
Bis-bis100 CAD – 150 CAD
Kereta bawah tanah65 CAD – 99 CAD (Pass Bulanan)
Taksi (1 km)40 CAD – 50 CAD
tabel biaya transportasi di Kanada

Makanan di Kanada

Makanan adalah bagian penting dari biaya hidup di Kanada untuk mahasiswa. Biaya hidup rata-rata bulanan di Kanada untuk siswa internasional biasanya antara CAD 200 dan CAD 300 untuk makanan dan pengeluaran harian lainnya, tidak termasuk akomodasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang biaya konsumsi di Kanada lihat tabel di bawah ini:

Susu (1 liter)2.46 CAD
Beras (1kg)3,74 CAD
Air (1,5 liter)1,84 CAD
Apel (1kg)4.24 CAD
Telur (12 Nos)3,63 CAD
Keju (1kg)12,99 CAD
Ayam (1kg)13,44 CAD
tabel biaya konsumsi di Kanada

Asuransi Kesehatan di Kanada

Asuransi kesehatan adalah bagian penting lain dari biaya hidup di Kanada. Provinsi tertentu menawarkan cakupan kesehatan untuk mahasiswa internasional tertentu, baik secara gratis atau dengan biaya premium.

Dalam kasus ini, mahasiswa internasional biasanya diminta untuk mendaftar ke provinsi masing-masing. Di tempat-tempat di mana asuransi kesehatan provinsi tidak tersedia, seseorang harus membeli asuransi swasta.

Menurut Rencana Asuransi Kanada, premi tahunan rata-rata untuk memperoleh asuransi kesehatan adalah sekitar 500 CAD hingga 700 CAD.

Beberapa perusahaan asuransi populer yang paling banyak diminati oleh mahasiswa internasional adalah Manulife Financial, Alliance Global, Sun Life, Green Shield, dll. Tagihan asuransi merupakan bagian yang tak terhindarkan dari biaya hidup di Kanada sebagai mahasiswa.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut