Mengenal Sistem Pendidikan di Kanada, Apakah Gratis untuk Pelajar Internasional?

Mengenal Sistem Pendidikan di Kanada, Apakah Gratis untuk Pelajar Internasional?

sistem pendidikan di kanada

DAFTAR ISI

Setelah ngepoin sistem pendidikan di Swiss, gimana kalau lompat ke Kanada? Di sini akan kita bahas bagaimana sih sistem pendidikan di Kanada.

Berdasarkan wilayah, Kanada adalah negara terbesar kedua di dunia, tepat setelah Rusia. Kanada tak hanya negara yang penuh dengan keindahan tak berujung yang terdiri dari 10 provinsi dan 3 wilayah, terbentang dari Samudra Atlantik hingga ke Samudra Pasifik dan ke Samudra Arktik.

Namun, tak hanya pemandangannya saja, pendidikan di Kanada juga sangat bagus. Bisa dibilang termasuk yang terbaik di dunia dengan sistem pendidikan publik yang kuat dan didanai dengan baik oleh pemerintah.

Jenjang Pendidikan di Kanada

Mulainya pendidikan bagi anak Kanada bervariasi, tergantung provinsi masing-masing, ada yang mulai usia 5,6,7. Namun maksimal selesainya pendidikan sama di setiap provinsi, yaitu di usia 16 tahun.

Ada 4 jenjang pendidikan di negara ini, berikut akan dijelaskan satu per satu.

Pre-Elementary

Kalau di Indonesia semacam TK gitu ya. Jadi program pendidikan pra-sekolah dasar (pre-elementary) di Kanada ini ditawarkan kepada anak usia (4-5 tahun) sebelum siswa tersebut mulai masuk SD di usia 6 tahun.

Pendidikan ini bisa ditempuh di sekolah negeri, swasta atau federal, tergantung di mana orang tua memilih untuk menyekolahkan anaknya. Pendidikan ini gratis, utamanya bagi mereka yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah atau anak-anak penyandang disabilitas.

Kurikulum pengajaran yang diajarkan di level pre-elementary di Kanada bersifat nonformal, dibikin semenyenangkan mungkin. Ini merupakan kesempatan bagi siswa muda untuk mempelajari alfabet, keterampilan dasar seperti berhitung, pra-membaca, musik, seni, dan cara bermain dengan sesama teman.

Primary

Jenjang pendidikan primary atau elementary ini setara dengan pendidikan SD di Indoesia. Lama masa pendiidkan juga 6 tahun dengan rincian sebagai berikut.

  • Grade 1 (usia 6–7)
  • Grade 2 (usia 7–8)
  • Grade 3 (usia 8–9)
  • Grade 4 (usia 9–10)
  • Grade 5 (usia 10–11)
  • Grade 6 (usia 11–12)

Di Kanada, siswa di jenjang primary cenderung hanya punya satu guru atau di sini disebut sebagai wali kelas yang mengajar mereka semua mata pelajaran. Mereka akan menempuh pendidikan ini di kelas yang sama, dengan siswa yang sama. Kelas pendidikan khusus juga tersedia.

Kurikulum elementary mencakup mata pelajaran seperti membaca, matematika, bahasa Inggris (bahasa Prancis di Quebec), sejarah, sains, musik, ilmu sosial, pendidikan jasmani, dan seni. Tingkat kesulitan mata pelajarannya akan meningkat saat siswa naik kelas.

Secondary

Sistem pendidikan di Kanada untuk secondary school punya dua tingkatan, tingka menengah pertama atau junior high school (SMP) dan senior high school (SMA).

Siswa diwajibkan oleh undang-undang untuk tetap bersekolah sampai usia 16 tahun, terlepas dari kelas berapa mereka ketika mereka mencapai usia tersebut.

Sekolah menengah Kanada telah merancang kurikulum mereka dengan hati-hati dan penuh pertimbangan untuk mempersiapkan siswa dengan sebaik-baiknya untuk pendidikan tinggi. Beberapa provinsi bahkan menawarkan pelatihan kerja di tingkat SMA.

Post-Secondary

Di sini adalah level pendidikan tinggi setelah SMA. Sistem pendidikan di Kanada pada tinggkat ini ternyata ada perbedaan penyebutan dan makna. Kalau kita berpikir bahwa college dan university bermakna sama, lupakan pemikiran itu sejenak. Karena di Kanada ternyata keduanya punya tujuan dan fungsi yang berbeda.

  • College: kalau menyebutkan college jika di Indonesia sama dengan pendidikan vokasi. Seperti jenis sekolah teknik, seni terapan, atau sains terapan. Sekolah-sekolah ini adalah lembaga pasca-sekolah menengah yang memberikan sertifikat kejuruan, diploma, dan gelar asosiasi.
  • University: lembaga pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademik dalam berbagai program studi. Universitas menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana. Struktur gelar di universitas Kanada sangat mirip dengan Amerika Serikat: Bachelor, Master, Phd.

Apakah Pendidikan di Kanada Gratis?

Pendidikan umum dasar gratis untuk penduduk Kanada hingga kelas 11 atau 12, tergantung provinsinya. Namun, siswa internasional harus membayar biaya penuh.

Tapi tidak usah khawatir, karena banyak perguruan tinggi dan universitas yang disubsidi secara besar-besaran, memungkinkan siswa dari semua latar belakang memiliki kesempatan yang sama untuk pendidikan tinggi.

Sehingga banyak beasiswa juga terbuka bagi warga pendatang di Kanada. Pemerintah Kanada sedang bekerja untuk membuka lebih banyak kesempatan bagi anak-anak muda untuk kuliah gratis.

Sekolah dan Kuliah di Kanada Pakai Bahasa Apa?

Dua bahasa resmi Kanada adalah bahasa Inggris dan Prancis. Pelajar internasional diberikan pilihan untuk memutuskan untuk belajar dalam salah satu bahasa, dan banyak sekolah di Kanada menawarkan studi dalam kedua bahasa tersebut.

Di sebagian besar Kanada, bahasa Inggris adalah bahasa utama pendidikan tingkat sekolah, meskipun bahasa Prancis banyak digunakan.

Namun, di provinsi Quebec, siswa diharuskan untuk bersekolah sepenuhnya dalam bahasa Prancis sampai mereka menyelesaikan sekolah menengah mereka, dan hanya dalam keadaan khusus tertentu siswa Kanada dapat belajar dalam bahasa Inggris, misalnya mereka yang berada di Quebec untuk jangka waktu sementara. waktu.

Secara umum, pendatang dan imigran ke Quebec harus bersekolah dalam bahasa Prancis dan hanya diberi kesempatan untuk belajar dalam bahasa Inggris dengan bersekolah di sekolah swasta.

Begitulah sistem pendidikan di Kanada. Apakah berminat untuk hijrah dan menyekolahkan anak-anak di sana?

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut