Info Beasiswa Kuliah di Kanada Tanpa IELTS (2023/2024)

Info Beasiswa Kuliah di Kanada Tanpa IELTS (2023/2024)

beasiswa kuliah di kanada

DAFTAR ISI

Belajar di Kanada bukan hanya harapan belaka. Mendapatkan beasiswa kuliah di Kanada kini menjadi sebuah kemungkinan dengan peluang besar yang bisa didapatkan siapa saja.

Pemerintah Kanada melaporkan bahwa 642.480 mahasiswa internasional saat ini berada di Kanada. Angka ini meningkat 13 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, Kanada akan menerima 1,3 juta imigran pada 2022-24.

Kamu mungkin jadi salah satu yang menantikan informasi mengenai beasiswa kuliah di Kanada bagi pelajar internasional di tahun ajaran 2023/2024.

Aplikasi beasiswa ini terbuka sampai paruh pertama tahun 2023. Masih ada waktu untuk bergegas menyiapkan semuanya. Let’s go!

Mengapa Harus Kuliah di Kanada?

Setiap tahunnya, Kanada menyambut ratusan ribu mahasiswa internasional dari seluruh dunia. Di Kanada, kamu akan menemukan standar hidup yang tinggi.

Siswa internasional mendapat manfaat dari hak dan kebebasan yang sama yang melindungi semua warga Kanada: penghormatan terhadap hak asasi manusia, kesetaraan, keragaman, dan masyarakat yang stabil dan damai.

Kanada dikenal menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dan banyak peluang penelitian. Kamu dapat memilih dari lebih dari 8.000 perguruan tinggi dan 16.000 program studi. 7 universitas Kanada berada di peringkat 200 teratas di dunia.

Kamu juga dapat mengakses beasiswa dan peluang kerja untuk membantu membayar pendidikanmu (apabila beasiswamu tidak fully-funded). Banyak program juga menawarkan penempatan kerja bersama atau magang untuk mendapatkan pengalaman langsung selagi kuliah.

Belum lagi fakta bahwa biaya kuliah di Kanada umumnya lebih rendah daripada perguruan tinggi dan universitas di Australia, Inggris Raya, dan Amerika Serikat. Sebagian besar mahasiswa internasional yang memenuhi syarat untuk bekerja selama studi mereka bisa mendapatkan Post-Graduation Work Permit.

Apakah kamu memutuskan untuk tinggal di Kanada atau kembali ke negara asalmu setelah masa pendidikanmu selesai. Jaringan Kanada da bukti kamu lulusan universitas di Kanada akan membantu mempersiapkanmu untuk masa depan yang lebuh mudah.

Kuliah di Kanada Tanpa IELTS

Pertanyaannya, bisakah melanjutkan studi di Kanada tanpa mengantongi sertifikat IELTS? Tidak usah kaget karena jawabannya bisa. Sebelumnya, apa itu IELTS?

International English Language Testing System (IELTS) merupakan test kecakapan bahasa Inggris berstandard internasional dikhususkan bagi non-native English speaker. Penilaian dan evaluasinya mencakup kemampuan membaca, menulis, menyimak, dan berbicara dalam bahasa Inggris.

Kabar gembiranya, ada beberapa universitas terkemuka di Kanada yang tidak mewajibkan IELTS bagi mahasiswa internasional. Pastikan benar-benar cek sebelum apply.

Biasanya jika tidak memakai IELTS, mereka pakai penilaian lain seperti

  1. TOEFL
  2. CAEL
  3. Cambridge Test (CAE / CPE)
  4. CELPIP
  5. Duolingo English Test
  6. CanTEST
  7. Pearson Test of English

Bisakah Mendapatkan Visa Belajar Kanada tanpa IELTS?

Jawabannya bisa! Kanada sebenarnya tidak memberikan visa belajar seperti itu, tetapi mereka memberikan izin belajar yang secara otomatis datang dengan visa penduduk sementara.

Penilaian bahasa Inggris yang kamu butuhkan ditentukan oleh universitas pilihanmu. Jadi pastikan memilih persyaratan kampus tanpa IELTS jika memang benar-benar ingin terjun belajar dan tinggal di Kanada tanpa mengantongi sertifikasi IELTS.

Daftar Universitas di Kanada Tanpa IELTS

Berikut adalah daftar sepuluh universitas yang dikenal sudah tak memberlakukan IELTS lagi untuk mahasiswa internasionalnya sejak wabah COVID-19 silam.

  1. University of Toronto
  2. University of Canada West
  3. University of Prince Edward Island
  4. Thompson Rivers University
  5. University of Regina
  6. University of Saskatchewan
  7. Brock University
  8. University of Winnipeg
  9. Memorial University of Newfoundland
  10. Concordia University

Apakah Mahasiswa International Bisa Dapat Beasiswa Penuh di Kanada?

Jawabannya bisa! Beberapa ditawarkan oleh masing-masing universitas, sementara yang lain berasal dari pemerintah provinsi atau organisasi swasta.

Jenis beasiswa yang paling umum adalah beasiswa yang mencakup biaya penuh untuk biaya kuliah dan biaya hidup selama program studi berlangsung. Beasiswa biasanya diberikan berdasarkan prestasi akademik siswa, kebutuhan keuangan, dan faktor lainnya.

Pemerintah Kanada juga menawarkan bantuan keuangan melalui Program Izin Kerja Pascasarjana (PGWPP). Beberapa provinsi juga menawarkan program beasiswa mereka sendiri kepada mahasiswa internasional.

Mahasiswa dapat mengajukan beasiswa di pemerintah provinsi atau teritorial, universitas, perguruan tinggi, organisasi swasta, dan pemberi kerja di Kanada.

Beasiswa Kuliah di Kanada 2023

McMaster University Canada

Universitas Riset Publik yang berbasis di Hamilton, Ontario (Kanada). Untuk masa depan terbaik di dunia, MCMASTER menyambut siswa internasional.

Deadline: 1 April 2023
Untuk informasi lebih lanjut: klik di sini

Alberta University

Kuliah di sini tanpa IELTS, terbuka untuk Bachelors, Masters, PhD dan diploma.

Deadline: 15 Desember 2022 (Untuk beberapa mata kuliah)

Informasi lebih lanjut: klik di sini

Queens University

Bisa kuliah tanpa IELTS juga di sini, presentase diterimanya di kampus ini untuk siswa internasional adalah 42%. Beasiswa terbuka untuk semua jurusan dan mata kuliah.

Informasi lebih lanjut: klik di sini

McGill University

Membuka beasiswa untuk akademik term musim gugur, musim dingin dan musim panas sepanjang 2023. Hanya terbuka bagi yang ingin melanjutkan studi Masters dan PhD.

Informasi lebih lanjut: klik di sini

University of Manitoba

Universitas Manitoba biasanya menghabiskan hingga 2 miliar tiap tahunnya untuk membaya program beasiswa bagi siswa internasional untuk tingkat Master dan doctoral.

Informasi lebih lanjut: klik di sini

Concordia University

Beasiswa diperuntukkan bagi mereka yang ingin mengambil gelar Bachelor, Master, PhD, Diploma ataupun Certificate Programs. Di sini jga bisa kuliah tanpa IELTS. Universitas ini memiliki lebih dari 35,000 mahasiswa internasional.

Informasi lebih lanjut: klik di sini

Carleton University

Universitas Carleton adalah universitas Kanada terkenal yang menawarkan banyak Beasiswa kuliah di Kanada untuk Siswa Internasional.

Beasiswa Universitas Carleton adalah penghargaan berbasis prestasi yang mencakup biaya kuliah penuh dan memberikan tunjangan hidup untuk siswa internasional. Beasiswa tersedia untuk semua pelamar sarjana dan pascasarjana yang memenuhi kriteria kelayakan.

Deadline: 15 Juni 2023

Informasi lebih lanjut: klik di sini

Dalhousie University

Kanada adalah rumah bagi perguruan tinggi ternama dunia. Aplikasi beasiswa untuk musim panas 2023 terbuka bagi mahasiswa internasional di Universitas Dalhouise.

Deadline: 31 Agustus 2023

Informasi lebih lanjut: klik di sini

Brock University

Brock University adalah universitas riset publik di Kanada. Kampus ini memiliki sejarah panjang inovasi dan kewirausahaan, serta tradisi akademik yang kuat dalam ilmu humaniora dan sosial.

Sejak awal, Universitas Brock telah berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang dapat diakses oleh semua mahasiswa yang memenuhi syarat. Universitas ini menawarkan lebih dari 400 beasiswa setiap tahun untuk membantu mahasiswa mencapai cita-cita mereka dan mewujudkan impian mereka.

Lebih dari 120 program studi yang sesuai dengan minatmu ada di kampus ini.

Deadline: 1 Juni 2023

Informasi lebih lanjut: klik di sini

Nah, demikian lah info beasiswa kuliah di Kanada, beberapa tanpa IELTS. Semoga bisa menjadi referensi bagi kawan-kawan yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut