10 Universitas di Kanada yang Menyediakan Beasiswa untuk Pelajar Indonesia

10 Universitas di Kanada yang Menyediakan Beasiswa untuk Pelajar Indonesia

Biaya kuliah dan biaya hidup di Kanada memang tinggi. Namun, dengan adanya universitas di Kanada yang menyediakan beasiswa, impianmu bisa terwujud.
universitas di Kanada yang menyediakan beasiswa
Chaun_cn/Pixabay.com

DAFTAR ISI

Menurut survei terbaru, ada lebih dari 640.000 pelajar internasional di Kanada. Ini menjadikan negara tersebut menjadi tujuan pendidikan paling populer ketiga setelah AS dan Inggris. Kabar baiknya, ada banyak universitas di Kanada yang menyediakan beasiswa untuk pelajar dari seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Tingginya permintaan pendidikan di Kanada tidak mengherankan, mengingat kualitas hidup di sana juga tinggi. Kanada juga memiliki banyak universitas terkemuka. Setidaknya 5 di antaranya termasuk dalam 100 kategori teratas Peringkat Universitas Dunia.

Biaya pendidikan di Kanada memang bukan yang paling mahal di dunia. Namun, beberapa kampus membebankan biaya yang sangat tinggi. Terutama jika kamu berencana menempuh pendidikan di Toronto atau Vancouver, biaya hidup di sana juga sangat tinggi.

Meski begitu, kita tidak boleh berkecil hati. Kamu masih bisa mewujudkan impian untuk kuliah di Kanada gratis. Caranya adalah dengan mendaftar universitas di Kanada yang menyediakan beasiswa. Dengan begitu, kita bisa menggapai impian tanpa harus banyak terbebani soal biaya.

Daftar Universitas di Kanada yang Menyediakan Beasiswa

Beasiswa Pascasarjana Vanier Canada

Disponsori oleh pemerintah Kanada, Vanier CGS adalah beasiswa terbaik di Kanada untuk penduduk internasional termasuk dari Indonesia. Beasiswa ini ditujukan terutama untuk mereka yang ingin meraih gelar Ph.D.

Slot beasiswa didistribusikan pada 3 bidang studi, yakni Institut Kesehatan, Dewan Riset Sains & Teknik Alam, dan Dewan Riset Ilmu Sosial & Humaniora. Setiap tahunnya, beasiswa ini diberikan kepada 166 penerima yang mampu menunjukkan keunggulan akademik, kemampuan kepemimpinan, dan potensi penelitian yang akan mereka kerjakan selama kuliah gratis di Kanada.

Awardee atau penerima beasiswa dinominasikan sesuai dengan bidang studi masing-masing. Kuota yang tersedia bergantung pada universitas, dengan sebagian besar berasal dari Universitas Toronto, British Columbia, dan McGill.

Beasiswa Trillium Ontario

  • Tautan Beasiswa: Ontario Trillium Scholarship
  • Jumlah Beasiswa: CAD 40,000 ($31,945) selama 4 tahun
  • Gelar yang Layak: Gelar doktor penuh waktu di institusi yang berbasis di Ontario

Beasiswa Ontario Trillium ditawarkan kepada pelajar internasional terbaik yang ingin mengejar gelar Ph.D. di lembaga provinsi tertentu. Calon sarjana, yang perlu dicalonkan oleh sekolah, harus memenuhi nilai 80% per semester selama dua tahun terakhir. Mereka juga harus menunjukkan potensi penelitian menarik.

Setelah berhasil lolos seleksi, pelamar harus mengajukan aplikasi untuk beasiswa di Kanada. Aplikasi berisi transkrip catatan, maksud akademik, surat referensi, dan dokumen tambahan lainnya.

Penerima beasiswa harus maju dengan memuaskan selama studi mereka untuk terus menerima manfaat Ontario Trillium. Satu catatan penting, Beasiswa Trillium tidak boleh digunakan bersama dengan penghargaan lain yang diberikan oleh lembaga dan/atau yayasan Kanada.

Beasiswa Yayasan Pierre Elliott Trudeau

  • Tautan Beasiswa: More Than a Scholarship
  • Jumlah Beasiswa: CAD 40,000 ($31,945) setahun selama 3 tahun
  • Gelar yang Layak: Gelar doktor penuh waktu dalam Hak Asasi Manusia & Martabat, Manusia & Lingkungan Alam, Kewarganegaraan yang Bertanggung Jawab, atau Kanada & Dunia

Didedikasikan untuk mengenang mantan Perdana Menteri Kanada, Beasiswa Pierre Elliott Trudeau bertujuan untuk mendanai Ph.D. pendidikan 16 siswa yang mengkhususkan diri dalam empat tema yayasan. Persyaratan kelayakan menentukan bahwa siswa harus sudah diterima di program doktoral Kanada.

Penerima penghargaan yang dipilih sesuai dengan kinerja akademik, komitmen, kepemimpinan & keterlibatan, dan kelincahan & ketahanan mereka. Penerima beasiswa juga diharapkan untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan yayasan.

Terlepas dari cakupan biaya kuliah, beasiswa Kanada ini juga menawarkan tunjangan CAD 20,000 ($15,970) untuk penelitian, perjalanan, dan jaringan. Penerima beasiswa juga dapat menggunakan beasiswa ini untuk ikut kursus bahasa.

Beasiswa Mahasiswa Internasional Lester B. Pearson

Beasiswa Lester B. Pearson, salah satu beasiswa Kanada S1 2022, terbuka untuk pelajar internasional dengan profil akademik yang kuat dan keterampilan kepemimpinan yang luar biasa.

Setiap tahun, U of T menghadiahkan 37 pelajar dengan beasiswa berbasis prestasi. Beasiswa pada dasarnya mencakup total biaya kuliah, selain dari buku, akomodasi, dan biaya tak terduga.

Beasiswa ini eksklusif untuk sarjana pertama kali yang telah dinominasikan oleh konselor sekolah menengah mereka masing-masing. Siswa hanya dapat mendaftar setelah nominasi telah disetujui. Universitas akan memberi tahu penerima yang berhasil pada bulan April sebagai persiapan untuk semester musim gugur.

Beasiswa Penghargaan Karen McKellin International Leader of Tomorrow

Penghargaan Karen McKellin terbuka untuk semua pelajar di manapun yang berbakat secara akademis. Ini terbuka untuk pelamar yang belum mengejar gelar sarjana muda pertama mereka. Demikian juga, preferensi diberikan kepada mereka yang menunjukkan kepemimpinan dalam pengabdian masyarakat dan kemahasiswaan.

Agar memenuhi syarat untuk beasiswa ini, pelamar harus lulusan dari sekolah menengah yang diakui UBC. Selain itu, beasiswa ini juga terbuka untuk mereka yang telah menghabiskan satu tahun di sekolah menengah atau universitas.

Persyaratan lain termasuk nilai A-level dan kebutuhan finansial yang ditunjukkan. Seperti mahasiswa UBC lainnya, pelamar beasiswa harus memenuhi semua persyaratan gelar dan bahasa yang ditetapkan oleh universitas. Penghargaan Karen McKellin dapat diperpanjang setiap tahun, tergantung pada kinerja akademik siswa.

Kuliah di Kanada Gratis

Beasiswa Masuk Internasional Universitas Calgary

Universitas di Kanada yang menyediakan beasiswa selanjutnya adalah University of Calgary. Beasiswa Masuk Internasional Universitas Calgary diberikan kepada siswa dengan status akademis yang kuat. Setiap tahun, dua siswa yang layak diberikan beasiswa ini.

Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa S1 Kanada ini, pelamar harus memenuhi persyaratan universitas untuk kecakapan bahasa Inggris. Prestasi akademik juga sangat diperhatikan.

Penghargaan ini dapat diperpanjang hingga tahun keempat, tergantung pada IPK siswa. Penerima harus memiliki IPK 2,60 atau lebih untuk menerima dana untuk periode berikutnya.

Beasiswa Pascasarjana Universitas Manitoba (UMGF)

  • Tautan Beasiswa: University of Manitoba Graduate Fellowship (UMGF)
  • Jumlah Beasiswa: CAD 14,000 ($11,180) setahun selama 1-2 tahun untuk mahasiswa Master, CAD 18,000 ($14,375) setahun selama 1-4 tahun untuk Ph.D. Siswa
  • Gelar yang Layak: Gelar Master dan Doktor Penuh waktu di University of Manitoba

Universitas Manitoba juga salah satu universitas di Kanada yang menyediakan beasiswa untuk pelajar Indonesia. Terutama untuk gelar Master atau Ph.D. yang dapat diajukan permohonan untuk penghargaan UMGF.

Untuk memenuhi syarat, pelamar harus memiliki IPK minimal 3.0. Persyaratan ini dapat bervariasi karena fakultas lain mungkin mengamanatkan skor yang lebih tinggi.

Departemen masing-masing harus merekomendasikan sarjana. Setelah dipilih, mereka akan diberitahu oleh Fakultas Pascasarjana melalui email.

Nilai uang bervariasi sesuai dengan derajatnya, dengan durasi bantuan maksimum adalah lima tahun. Dengan demikian, setiap siswa yang telah menerima dana untuk gelar Master 2 tahun masih memenuhi syarat untuk Ph.D. pendanaan.

Beasiswa Kepemimpinan Sarjana Internasional

  • Tautan Beasiswa: International Student Awards
  • Jumlah Beasiswa: CAD 10,000 ($7,985) setahun selama 4 tahun
  • Gelar yang Layak: Gelar Sarjana di Universitas York – Fakultas Seni Liberal & Studi Profesional

Unversitas di Kanada yang menyediakan beasiswa satu lagi adalah Universitas York melalui program Beasiswa Kepemimpinan Sarjana Internasional. Program ini diperuntukkan pada 50 siswa internasional setiap tahun. Penerima penghargaan dipilih berdasarkan kontribusi mereka pada pengabdian masyarakat, olahraga, dan seni.

Beasiswa Kanada ini eksklusif untuk pelamar tingkat sekolah menengah yang telah mendaftar ke fakultas yang disebutkan di atas. Untuk mendaftar, pelamar harus dinominasikan oleh sekolah menengah masing-masing. 

Dengan demikian, pemohon harus memberikan rincian kontak konselor yang menominasikannya. Terlepas dari ini, bukti kedudukan akademik yang sangat baik (level A) diperlukan. Surat rekomendasi juga diperlukan untuk mendorong pencalonan.

Beasiswa Universitas British Columbia (UBC)

  • Tautan Beasiswa: UBC PUBLIC SCHOLARS AWARD
  • Jumlah Beasiswa: CAD 10,000 ($7,985) setahun selama 2 tahun
  • Gelar yang Layak: Gelar Doktor di UBC

Beasiswa, yang ditawarkan melalui UBC Public Scholars Initiative, diberikan kepada 30-40 Ph.D. siswa setahun. Penerima beasiswa dipilih sesuai dengan spesialisasi penelitiannya, terutama yang tesisnya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Seleksi biasanya ditentukan oleh kualitas proposal penelitian, sebagaimana ditentukan oleh metodologi, tujuan, signifikansi, dan diseminasi yang direncanakan. Siswa harus menyerahkan formulir aplikasi Fellowship, garis besar karya ilmiah yang diusulkan, CV Umum Kanada, dan surat dukungan.

Setelah diberikan, sarjana diminta untuk memberikan laporan studi pada akhir tahun pendanaan. Selain itu, mereka perlu memamerkan penelitian mereka di acara networking “Ph.Ds. Publik.” Selain subsidi biaya kuliah 10.000 CAD, Beasiswa Publik UBC juga menyediakan tunjangan penelitian dan tunjangan untuk proyek alternatif.

Beasiswa Pascasarjana Ontario

  • Tautan Beasiswa: Ontario Graduate Scholarship (OGS) Program
  • Jumlah Beasiswa: CAD 10,000 ($7,985) untuk 2 syarat hingga CAD 15,000 ($11,980) untuk 3 syarat
  • Gelar yang Layak: Gelar Magister dan Doktor di Institusi yang berbasis di Ontario

Bersama dengan sekolah yang berpartisipasi, Pemerintah Ontario menawarkan beasiswa berdasarkan prestasi bagi mahasiswa pascasarjana yang ingin belajar di institusi tertentu di Ontario.

Penghargaan finansial diberikan minimal 1 tahun sampai maksimal 2 tahun. Meskipun batas ini, siswa dapat memenuhi syarat untuk batas seumur hidup 6 tahun.

Pemilihan penerima beasiswa tergantung pada institusi. Hasil didasarkan pada kriteria dan metrik peringkat yang diikuti universitas untuk para sarjananya.

Agar memenuhi syarat untuk beasiswa Kanada ini, pelamar harus mengikuti program pascasarjana penuh waktu selama lebih dari dua periode. Siswa yang ingin mendaftar di sekolah yang berbeda harus menyerahkan formulir aplikasi terpisah per universitas.

Kami harap artikel tentang universitas di Kanada yang menyediakan beasiswa untuk pelajar internasional ini bermanfaat. Kuliah gratis di Kanada bukan tidak mungkin. Selamat mencoba!

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut