7 Destinasi Wisata di Vietnam, Terbaik dengan Nuansa Sejarah dan Alam yang Indah!

7 Destinasi Wisata di Vietnam, Terbaik dengan Nuansa Sejarah dan Alam yang Indah!

destinasi wisata vietnam
Photo by Hugo Heimendinger

DAFTAR ISI

Destinasi wisata di Vietnam jadi tujuan banyak traveler dunia. Tidak hanya wisata alam yang menawarkan keindahan tapi mengenal sejarah Vietnam juga tak kalah seru.

Melalukan perjalanan wisata di Vietnam adalah salah satu alternatif yang banyak dipilih para wisatawan mancanegara yang hendak berlibur di Asia Tenggara. Apakah kamu salah satu orang yang punya keinginan untuk mengunjungi negara Vietnam?

Ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Vietnam yang akan disampaikan dalam artikel ini. Semoga bisa membantu dan menjadi panduan rencana perjalanan kamu selama berpergian ke Vietnam.

Rekomendasi Wisata di Vietnam

Ba Na Hills

wisata di vietnam
Ba Na Hills/Photo by FOX

Jika kamu orangnya suka tempat yang ‘alam’ banget, Ba Na Hills harus masuk ke dalam daftar tujuan wisatamu. Tempat ini adalah salah satu daerah pegunungan yang dimiliki negara Vietnam.

Untuk menikmati keindahan alam Ba Na Hills, kamu bisa menyusuri jembatan emas yang telah dibangun di sana. Daerah pegunungan setinggi 1.487 meter di atas permukaan laut ini juga menawarkan beberapa kegiatan seru lainnya.

Selain menelusuri jembatan emas, kamu juga bisa menaiki kereta gantung, menggunakan funicular, atau pun mengendarai wahana coaster.

Selain kegiatan yang menguji nyali tersebut, kamu juga bisa berwisata kuliner, berwisata di desa berlatar Prancis, hingga mengunjungi sembilan kebun bunga yang tersedia di Ba Na Hills.

Kota Hue

wisata kota Hue
Photo by Quang Nguyen Vinh

Rekomendasi tempat wisata di Vietnam berikutnya adalah Kota Hue yang terletak di bagian timur, tepatnya di di provinsi Thua Thien-Hue. Kota Hue kental dengan nuansa sejarah karena kamu bisa menemukan benteng, istana, hingga pagoda.

Kota Hue adalah ibukota dinasti terakhir yang ada di Vietnam. Dinasti Nguyen saat itu memimpin Vietnam di Kota Hue selama 143 tahun mulai dari tahun 1802 hingga tahun 1945.

Kala itu Hue di bawah kepemimpinan dinasti Nguyen menjadi dinasti terakhir sebelum Vietnam berubah menjadi negara Republik Demokratik Vietnam.

Perlu diketahui kalau kota ini wilayahnya sangat luas sehingga perlu banyak waktu berwisata di sini untuk menikmati setiap sudut kota beserta sejarahnya. Selain dengan situs sejarahnya, kamu juga tetap bisa berburu kuliner yang khas dari Kota Hue selama berlibur.

Marble Mountains

Photo by Quang Nguyen Vinh

Kembali ke rekomendasi tempat wisata alam milik Vietnam, maka kamu bisa mencoba untuk mengunjungi Marble Mountains. Ternyata selain karena keindahannya, Marble Mountains juga terkenal karena menjadi tempat sejarah peninggalan Budha di Vietnam.

Marble Mountains adalah pegunungan marmer yang terdiri dari 5 pegunungan kapur di provinsi Quang Nam.

Ada sebuah gua ikonik yakni gua Am Phu di Marble Mountains yang wajib kamu datangi jika berkunjung ke tempat ini. Di dalam gua tersebut, dindingnya dihiasi dengan ukiran yang indah. Biasanya gua Am Phu ini dijadikan tempat berdoa oleh masyarakat Vietnam.

Selain gua Am Phu, ada pula Tam Thai Pagoda dan gunung Thuy Son yang jadi tempat menarik untuk dikunjungi wisatawan di Vietnam.

Tidak hanya dimanjakan dengan keindahan gunung, gua, dan pagoda, namun kamu juga akan bisa mempelajari sejarah yang ada di pegunungan ini khususnya tentang penyebaran agama Budha di Vietnam.

Sa Pa Terraces

Photo by Mikhail Nilov

Tempat wisata berikut ini adalah sebuah kota kecil di sebelah barat daya Vietnam yang memiliki terasering persawahan yang indah. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin healing selama di Vietnam.

Kamu bisa melakukan trekking dan menyusuri hutan bambu hijau di sekeliling Sa Pa Terraces. Kamu juga bisa mempelajari budaya kelompok Hmong yang tinggal di Sa Pa Terraces tersebut.

Lewat Sa Pa Terraces, kamu juga bisa memulai pendakian gunung Phan Xi Pang, gunung paling terkenal dan tertinggi di Vietnam.

Ha Long Bay

wisata di vietnam
Photo by Ngoc Vuong

Ha Long Bay adalah gugusan pulau yang indah dan terpencil di Vietnam. Ha Long Bay ini berlokasi di teluk Tonkin dan jadi salah satu ikon paling populer dari Vietnam.

Jika kamu mengunjungi Ha Long Bay, maka kamu perlu menaiki perahu yang biasanya telah disewakan. Kamu akan menyusuri gugusan pulau yang terdiri lebih dari 1600 batuan kapur. Air laut dan yang berwarna kehijauan di Ha Long Bay juga jadi daya tarik utamanya.

Yang menarik dari Ha Long Bay lainnya adalah telah dinobatkan oleh UNESCO menjadi warisan dunia semenjak tahun 1994. Formasi bebatuan kapur yang terbentuk secara alami membuat Ha Long Bay layak dijadikan sebagai situs alam warisan dunia yang patut dijaga kelestariannya.

Ban Gioc Detian

Photo by Quang Nguyen Vinh

Bagi kamu yang mencari obyek wisata di Vietnam yang berkaitan dengan air, maka kamu perlu datang ke Ban Gioc Detian. Kamu bisa menikmati keindahan dua air terjun yang ada di Ban Gioc Detian dengan pemandangan hijau yang ada di sekelilingnya.

Air terjun Ban Gioc Detian adalah air terjun terbesar di Asia Tenggara dan dimiliki oleh negara Vietnam. Lokasi air terjun Ban Gioc Detian ini berada di perbatasan antara Vietnam dan Cina yakni di provinsi Cao Bang. Kamu perlu berpergian sejauh 286 km ke arah utara dari pusat kota Hanoi.

Kamu tidak hanya bisa melihat keindahan air terjun Ban Gioc Detian dari dekat saja, namun kamu bisa menyewa rakit bambu yang disediakan untuk para wisatawan di sana. Dengan menggunakan rakit bambu kamu pun bisa mendekati sumber air terjun tersebut.

Hanoi

hanoi vietnam
Photo by Vương Ngọc

Salah satu kota terbesar milik Vietnam ini punya segudang daya tarik baik wisata alam maupun sejarahnya. Jangan sampai melewatkan Hanoi dari daftar wisata kamu di Vietnam.

Di kota Hanoi kamu bisa menemukan danau Hoan Kiem, candi Ngoc Son, museum Hoa Lo Prison Relic, pagoda Chua Tran Quoc, hingga gedung Hanoi Opera House. Sebuah paket wisata yang komplit jika kamu mengunjungi kota Hanoi sebagai destinasi utama ke Vietnam.

Bahkan pasar, cafe, dan tempat wisata kuliner di Hanoi sangat berlimpah dan patut kamu coba untuk merasakan sensasi berwisata yang baru selama di Vietnam. Kota Hanoi adalah destinasi terbaik di Vietnam apalagi paling mudah dijangkau di antara tempat wisata lainnya.

Itulah tadi rekomendasi tempat wisata di Vietnam yang wajib masuk dalam catatan kamu. Berlibur di Vietnam cocok untuk kamu yang hendak solo travelling, liburan bersama pasangan, atau pun liburan rombongan bersama teman dan keluarga.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut