Mengenal Suku di Vietnam, Lebih Banyak dari Indonesia?

Mengenal Suku di Vietnam, Lebih Banyak dari Indonesia?

suku di vietnam

DAFTAR ISI

Penasaran tentang suku di Vietnam? Berapa banyak suku di negeri naga biru tersebut? Apakah lebih banyak dari Indonesia.

Vietnam adalah negara Asia Tenggara dengan jumlah penduduk lebih dari 96 juta jiwa. Dari jumlah penduduk tersebut, diketahui ada sekitar 54 suku di Vietnam yang tersebar di seluruh wilayah negara baik di daerah lembah atau dataran rendah maupun di daerah pegunungan Vietnam.

Tak sebanyak suku di Indonesia memang. Yang menurut sensus BPS sebanyak 1340 suku bangsa. Tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Jika kamu memasukan negara Vietnam ke daftar tujuan wisata kamu di masa depan, maka mengenal dan mempelajari segala kebudayaan dan kehidupan Vietnam diperlukan. Salah satunya mengenal suku yang mendiami Vietnam baik yang mayoritas maupun minoritas.

Berikut fakta-fakta menarik tentang suku dan masyarakat di Vietnam.

Suku Kinh Mayoritas di Vietnam

Dengan jumlah penduduk yang lebih dari 96 juta jiwa, ternyata sebesar 86% berasal dari suku Kinh. Suku mayoritas di Vietnam ini biasanya tersebar di dataran rendah Vietnam dan daerah delta sungai.

Vietnam memang memiliki banyak sungai yang membentang luas dan mengalir hingga negara-negara tetangga. Penduduk yang tinggal di dekat sungai mayoritas berasal dari suku Kinh.

Suku Kinh atau juga bisa disebut dengan suku Gin yang dalam sejarah berasal dari Vietnam timur laut dan bagian selatan Tiongkok.

Meski begitu, di Tiongkok sendiri jumlah suku Kinh terhitung minoritas. Secara geografis dan kebudayaan jadi lebih dominan disebut sebagai suku di Asia Tenggara.

Karakteristik Suku Kinh

Suku Kinh di Vietnam memang sejak dahulu kala dikenal tinggal bermukim bersama di desa-desa. Dengan letak geografis suku Kinh yang berada di dataran rendah dan dekat sungai, maka hal dikerjakan masyarakat suku Kinh berkaitan dengan pertanian dan perikanan.

Suku Kinh memang sudah terkenal mengelola padi di sawah mereka serta menangkap ikan sejak lama. Oleh sebab itu, masyarajat suku Kinh memiliki teknologi mereka sendiri seperti alat yang mempermudah menanam padi dan alat untuk menangkap ikan khas mereka sendiri.

Bahkan suku Kinh juga memiliki keterampilan membuat keramik dan mengolah logam sebagai perkakas sehari-hari.

Suku Kinh adalah kelompok etnis dengan penampilan fisik yang hampir mirip dengan masyarakat Tiongkok. Umumnya berkulit putih dengan tekstur rambut yang lurus dan fitur wajah yang mirip dengan masyarakat di Tiongkok. Suku Kinh memang terlihat agak berbeda dari suku lain di Asia Tenggara.

Untuk sistem kepercayaan yang dianut masyarakat suku Kinh, orang suku asli Viet ini biasanya mempercayai para dewa. Mediator kepercayaan suku Kinh biasa disebut dengan nama Si Dong.

Upacara yang diadakan suku Kinh biasanya untuk mengucap syukur pada dewa sekaligus memohon kehidupan yang cukup pangan dan sandangnya.

Suku Lainnya di Vietnam

Tentunya selain suku Kinh, masih ada 53 suku lainnya di Vietnam yang tercatat secara resmi oleh pemerintah Vietnam.

Suku di Vietnam lain yang jumlah terbanyak setelah suku Kinh di antaranya adalah suku Tay, Tai, Muong, Hmong, Khmer, Nung, Dao, Hoa, serta puluhan suku lainnya yang terhitung minoritas.

Selain suku yang beragam, penduduk Vietnam juga sangat beragam dari segi agama dan kepercayaan yang mereka anut.

Mayoritas penduduk Vietnam menganut agama Budha, disusul dengan jumlah penganut Katolik, Protestan, Islam, Hindu, dan Cao Dai. Bahkan ada pula penduduk yang masih menganut kepercayaan asli Vietnam yang telah ada sebelum penyebaran agama masuk ke negara ini.

Jika kamu hendak mengunjungi Vietnam sebagai tujuan liburan, maka sudah sepatutnya menghargai setiap kepercayaan yang dimiliki penduduk setempat.

Dengan keanekaragaman agama dan kepercayaan yang dimiliki, maka kamu akan menemukan banyak ritual keagamaan dan ragam makanan yang berbeda-beda juga selama di Vietnam.

Vietnam: The Land of Nguyen

Karakteristik penduduk Vietnam tidak hanya berdasarkan penyebaran suku atau etnisnya saja. Negara Vietnam sendiri sampai memiliki sebutan sebagai The Land of Nguyen karena nama Nguyen mendominasi jumlah penduduk negara mereka.

Nama Nguyen tersebar di Vietnam karena pengaruh dinasti China di masa lampau. Nguyen adalah nama keluarga yang dimiliki penduduk Vietnam selama masa penjajahan yang dilakukan dinasti China. Sekitar 46% penduduk Vietnam memiliki nama keluarga Nguyen.

Singkat cerita setelah penurunan nama Nguyen dari dinasti China, maka berikutnya dinasti Nguyen pun menguasai wilayah Vietnam. Di bawah kepemimpinan dinasti Nguyen ini, akhirnya banyak penduduk yang mengganti nama mereka menjadi Nguyen agar terhindari dari pajak dan hukuman mati.

Alhasil, di masa sekarang banyak penduduk Vietnam yang bernama Nguyen meski tanpa memiliki silsilah langsung dari keluarga dinasti Nguyen. Jumlah nama Nguyen di Vietnam bahkan melebihi marga Kim dan Park di Korea atau pun nama Muhammad di Indonesia.

Itulah tadi rangkuman dari suku di Vietnam serta karakteristik masyarakat dari negara Vietnam. Semoga dapat menjadi wawasan baru bagi kamu terutama yang sedang merencanakan liburannya ke negara yang terkenal indah ini.