Cara Mengajukan Student Loan di Indonesia

Cara Mengajukan Student Loan di Indonesia

cara mengajukan student loan
Photo by Julia M Cameron

DAFTAR ISI

Masih seputar student loan di Indonesia. Setelah berkenalan dengan apa itu student loan dan beberapa rekomendasinya. Khusus artikel ini akan kami paparkan cara mengajukan student loan di Indonesia.

Student loan yang dibahas di sini adalah khusus yang disediakan oleh startup fintech DANAdidik yang didukung lansung oleh pemerintah untuk menyediakan student loan pertama di Indonesia.

Tujuan kerjasama Kemenristekdikti dengan DANAdidik tentu untuk meringankan beban biaya kuliah yang mahal dan memudahkan para mahasiswa agar dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi tanpa terbebani biaya.

Apa itu DANAdidik?

Salah satu Startup berbasis teknologi berkantor di Jakarta Selatan yang berfokus pada pendanaan pendidikan yang berdiri sejak 2015. Cara kerjanya peer-to-peer lending dan crowdfunding, jadi penerima student loan yang disebut sebagai ANAKdidik akan dipertemukan dengan pembiaya atau pemberi dana pendidikan.

Selain itu, DANAdidik juga telah memiliki Yayasan Nirlaba yang mengelola dana abadi dan dana bergilir di mana dana yang didapat dari donatur akan terus diputar untuk membiayai lebih banyak ANAKdidik di masa depan.

DANAdidik juga sudah dilindungi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sesuai dengan Peraturan OJK dengan nomor 77 / POJK.01/2016 (POJK 77) tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Bagaimana Sistem Crowdfunding DANADidik?

Crowdfunding adalah penggalangan dana dari publik secara online.

Perbedaan antara meminjam pinjaman pendidikan dari bank dengan crowdfunding:

  1. Sumber dana bukan dari platform, melainkan dari publik secara online
  2. Satu AnakDidik dapat didanai banyak pendana dan donatur
  3. Satu pendana atau donatur dapat mendanai banyak anak

Cara mengajukan student loan di DANAdidik

Besaran dana student loan yang ditawarkan DANAdidik kepada ANAKdidik-nya beragam tergantung besaran kebutuhan uang kuliah yang mana semaksimal mungkin mencapai jumlah Rp 40,000,000.

Seperti yang sudah disebutkan, ada 2 jenis pendanaan yang diberikan oleh DANAdidik. Pinjaman dana pendidikan dan penggalangan dana atau crowdfunding.

Apa berbedaan pinjaman dana dan donasi/crowdfunding?

  • Dana Pinjaman: dana yang diberikan dan dikembalikan ke pendana dengan cara cicilan.
  • Donasi: dana pengembalian cicilan dikembalikan ke Yayasan Dana Abadi Pelajar, untuk diputarkan kembali sebagai dana bergilir untuk AnakDidik lainnya di masa depan.

Cara Mengajukan Pinjaman Dana Pendidikan

Mahasiswa harus sudah terdaftar dalam program pendidikan tinggi: Diploma (D1, D2, D3, D4), Akademi, S1, S2, atau LPK, untuk pengajuan pelatihan dan magang. Pendidikan yang ditempu sudah berjalan, karena ANAKdidik tidak memberikan student loan pada mahasiswa baru.

Memiliki orang tua atau wali yang berpenghasilan sebagai penjamin dan siap dihubungi kapan saja oleh pihak ANAKdidik. Dokumen yang diperlukan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan invoice tagihan dari kampus.

Karena skema ini merupakan pinjaman, pastikan meminjam secukupnya dan sesuai kemampuan karena akan ada penagihan pelunasan dan dikenakan sanksi apabila gagal atau terlambat melakukan pembayaran.

Cara Mengajukan Dana via Crowdfunding

Cara untuk mendapatkan student loan ini tentu tidak semudah cara sebelumnya, karena pendanaan ini dilakukan oleh donasi publik dengan cara membuat kampanye di situs DANAdidik.

Salah satu sumber dana student loan ini adalah yayasan dana abadi milik DANAdidik. Namun, kita juga bisa menggalang dana secara mandiri dan individu.

Berikut adalah beberapa tahapan yang harus dipenuhi jika ingin mengajukan student loan via crowdfunding.

  • Registrasi sebagai peminjam
  • Isi data secara benar
  • Ajukan jumlah pinjaman yang dibutuhkan
  • Buat kampanye yang menarik
  • Galang dana & kampanye ke teman-teman, keluarga, & kampus

Kampanye Student Loan DANAdidik

Agar kampanye mendulang banyak donasi dana dan berhasil dipromosikan oleh DANAdidik pastikan kamu membuat cerita (storytelling) yang kuat, tidak mengada-ngada namun dapat menarik empati para pembacanya.

Ceritakan secara natural menjadi beberapa paragraf, tuliskan siapa kamu, apa impian dan kelebihan serta prestasi kamu.

Jangan lupa untuk bercerita pakai hati dan menjawab pertanyaan dengan jujur. Jelaskan juga rincian penggunaan dana sedetail mungkin dan pusatkan pada kebuthhan pendidikan sebenar-benarnya, bukan untuk kebutuhan konsumtif.

Alangkah lebih baiknya lagi bila kampanye disertai dengan foto dan video pendukung.

Cara Pengembalian Dana Student Loan

Jika sudah meminjam, maka tentu saja harus mengembalikan. Mekanisme pengembalian dana student loan di ANAKdidik adalah dengan mencicil setiap bulannya.

Bagi setiap mahasiswa yang berhasil terdanai maka cicilan sudah mulai diangsur satu bulan sejak dana diterima sesuai dengan nominal yang tertera pada perjanjian.

DANAdidik menawarkan tenor yang cukup panjang dibandingkan platform penyedia jasa serupa yaitu 12 – 24 bulan, dengan opsi pelunasan awal. Sementara suku bunganya berada di kisaran angka antara 0.8 persen – 2.1 persen flat per bulan.

Jika berniat untuk mengajukan student loan melalui DANAdidik dan masih memiliki banyak pertanyaan lebih lanjut, silahkan menghubungi call center di [email protected] atau melalui 0811-177-430. Semangat dan semoga bermanfaat!

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut