3 Aplikasi Pinjaman Uang untuk Mahasiswa

3 Aplikasi Pinjaman Uang untuk Mahasiswa

aplikasi pinjaman uang untuk mahasiswa
Foto: Pixabay.com

DAFTAR ISI

Aplikasi pinjaman uang untuk mahasiswa saat ini kerap hadir sebagai solusi kebuntuan untuk menyelesaikan masalah sesegera mungkin.

Pernah menemukan tweet kiriman dari salah satu akun menfess sebuah PTN yang mengatakan bahwa mahasiswa kelas menengah adalah golongan yang paling dipusingkan saat bayar UKT.

Mau bagaimana lagi, pengin sambat tapi biaya yang ditetapkan tak setinggi golongan atas tapi untuk melunasinya pun engap-engapan. Hal ini menjadikan aplikasi pinjaman uang untuk mahasiswa sebagai salah satu solusi.

Apa yang Perlu Diperhatikan Mahasiswa saat Pakai Aplikasi Pinjaman Uang?

Pinjaman dana banyak dicari oleh orang-orang yang sedang mencari modal cepat dengan syarat dan prosedur tak terlalu ribet.

Dalam dunia perkuliahan, kebutuhan mendesak untuk membayar UKT tepat waktu atau tingginya biaya hidup di rantauan sering dijadikan alasan mahasiswa untuk memanfaatkan jalan pintas menggunakan aplikasi pinjaman uang.

Uang, tak diragukan lagi, telah menjadi poros kebutuhan dunia. Sebagai lembaga yang berwenang mengawasi jalannya industri teknologi keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tak henti-hentinya mengingatkan agar masyarakat selalu mengecek keresmian penyedia layanan pinjaman tersebut, tak terkecuali mahasiswa.

Dengan tingkat kesadaran akan keamanan data era modern, mahasiswa setidaknya mengetahui beberapa hal yang patut diwaspadai mengingat ini adalah platform jasa finansial.

Aplikasi Pinjaman Terdaftar Resmi di OJK

Mahasiswa wajib mencari tahu informasi terkait layanan pinjaman yang akan dipakai. Terdapat empat cara yang bisa dilakukan untuk mengecek keresmian sebuah aplikasi pinjaman, salah satunya dengan membuka laman OJK, atau mengirim pesan Whatsapp dengan nomor resmi 081-157-157-157.

Kebiasaan mengerjakan tugas dari dosen; membuat makalah, menyiapkan ujian, atau memanfaatkan mesin pencarian; tentu tak sulit bukan untuk sekadar menggali legalitas perusahaan pinjaman demi keamanan dan kepentingan diri sendiri?

Cek Izin Akses Aplikasi

Jangan terburu-buru menekan klik ‘allow’ saat menggunakan aplikasi. Mahasiswa perlu mengecek ulang akses apa saja yang sudah diizinkan kepada platform penyedia pinjaman. Beberapa platform menentukan izin akses aplikasinya berbeda-beda.

Sebagai informasi untuk mahasiswa, menurut kode etik asosiasi FinTech Indonesia, sebuah aplikasi penyedia pinjaman bahkan tak boleh mengakses data kontak pengguna. Sama seperti saat menjalin hubungan, ini ibarat kamu menyiapkan sebuah boundaries, mana yang boleh dan mana yang enggak.

Alangkah bijaknya iqra’ terlebih dahulu.

Unduh dari Sumber Resmi dan Manfaatkan Fitur Keamanan

Setiap aplikasi wajib terdaftar secara resmi di OJK, mereka juga wajib menjamin keamanan nasabahnya. Ada banyak macam fitur keamanan yang bisa ditawarkan oleh aplikasi semacam blokir akun dan verifikasi.

Pemilihan sumber unduhan juga penting untuk menjamin data pribadi mahasiswa terhindar dari malware ataupun adware. Mahasiswa dapat memastikan pengunduhan aplikasi hanya dari sumber resmi seperti Play Store (untuk perangkat Android) dan App Store (untuk perangkat iOS).

Daftar Aplikasi Pinjaman Uang untuk Mahasiswa

Setelah mengetahui beberapa tips mengenai penggunaan dan keamanan jasa pinjaman dana, berikut merupakan kumpulan daftar platform penyedia pinjaman uang yang bisa dijadikan referensi oleh mahasiswa.

Review DANAdidik

Mekanisme pinjaman yang dilakukan oleh DANAdidik yaitu dengan memberi pendanaan dan sponsor kepada mahasiswa sebagai imbal hasil atas investasinya. Berbeda dengan aplikasi pengucur dana lain, DANAdidik bekerja layaknya pihak ketiga yang menghubungkan mahasiswa dengan pihak sponsor.

Soal legalitas, DANAdidik juga telah resmi masuk dalam daftar perusahaan pinjaman uang pada OJK. Dengan menggunakan aplikasi ini, mahasiswa akan memiliki tenor pinjaman selama 30 bulan setelah lulus. Hal ini bisa jadi keuntungan besar bagi mahasiswa agar tak terlalu terbebani dengan tuntutan finansial.

Cicil Mahasiswa

Proses pengajuan cepat, berbagai voucher menarik, dan nominal uang muka yang bisa kita kustomisasi sendiri, merupakan beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Cicil. Jasa aplikasi pinjaman uang ini juga telah tergabung dalam Asosiasi Perusahaan FinTech Indonesia (APFI) yang pastinya memiliki kredibilitas dari OJK.

Mahasiswa juga bisa memilih berbagai metode pembayaran yang mudah seperti gerai-gerai dan swalayan terdekat.

DanaCita OJK

Perusahaan pemberi pinjaman satu ini banyak dicari oleh mahasiswa, baik tingkat sarjana, kejuruan, maupun pascasarjana. DanaCita juga memberikan pilihan durasi pembayaran cicilan yang beragam, mulai dari 6 hingga 24 bulan.

DanaCita juga telah bekerjasama dengan beberapa lembaga kursus untuk memberikan fasilitas pada mahasiswa terkait edukasi dan pengembangan keahlian.

Demikian ulasan tentang aplikasi pinjaman uang untuk mahasiswa. Di tengah maraknya modernisasi dan liberalisasi pendidikan, semoga informasi ini bisa berguna bagi para mahasiswa.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut