Keunggulan dan Cara Mengajukan Pinjaman Dana Pendidikan Bank BCA

Keunggulan dan Cara Mengajukan Pinjaman Dana Pendidikan Bank BCA

pinjaman dana pendidikan bank bca

DAFTAR ISI

Pendidikan sudah menjadi salah satu kebutuhan utama, apalagi di zaman modern seperti saat ini. Sebab kebutuhan ini tak boleh dikesampingkan, maka jika terkendala biaya, kita bisa coba mengajukan pinjaman dana pendidikan Bank BCA.

Pasalnya, semakin tinggi tingkatan pendidikan seseorang, berbanding lurus dengan nominal gaji yang diterimanya. Namun, tak semua orang punya kemampuan setara untuk dana pendidikan. Untuk itu, banyak perbankan yang menyediakan pinjaman dana pendidikan, salah satunya Bank Central Asia (BCA).

Tingginya Dana Pendidikan di Indonesia

Melansir dari dataindonesia, berdasarkan sajian data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia untuk tahun ajaran 2020/2021, berikut rata-rata total biaya pendidikan menurut jenjang pendidikan. Semakin tinggi tingkatannya semakian membengkak dana pendidikan yang dibutuhkan.

Tingkat Sekolah Dasar (SD) atau sederajat, rata-rata membutuhkan Rp 3,24 juta per tahun ajaran. Sementara dibutuhkan dana pendidikan senilai rata-rata Rp 5,59 juta di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan sejumlah rata-rata Rp 7,8 juta untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat.

Dana pendidikan bagi tingkat perguruan tinggi pun mengalami kenaikan hingga dua kali lipat dibanding jenjang di bawahnya, hingga mencapai rata-rata 14,47 juta per tahun ajaran baru.

Sebagai catatan, rata-rata dana pendidikan yang dikeluarkan untuk siswa di sekolah swasta lebih mahal dibanding dengan sekolah negeri. Selain itu, rata-rata dana pendidikan juga lebih mahal untuk sekolah-sekolah di perkotaan dibandingkan dengan sekolah di pedesaan.

Itulah kenapa dana pendidikan sebaiknya dipisahkan dengan dana kebutuhan lain-lainnya, dan diperhitungkan dengan sebaik-baiknya. Sebab, setiap tahun pasti terdapat perubahan pada biaya pendidikan yang terus mengalami kenaikan.

Dana pendidikan biasa dipergunakan untuk masa mendatang, jadi jangan sampai salah atau terlewat dalam membuat perencanaan.

Sumber dana pendidikan tentu beragam, namun jika tidak mendapat dana pendidikan dari pemerintah melalui program beasiswa, dana mandiri tak pelak lagi jadi tujuan akhir bagi kita. Tak perlu murung, sebab kita bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan bank BCA.

Keunggulan Pinjaman Dana Pendidikan Bank BCA

Siapa di sini yang sering mengalami kanker alias kantong kering? Tak ayal lagi hal itu bikin saldo rekening jadi Rp 0,-

Tak perlu khawatir jika pakai BCA, rekening dengan saldo 0 bakal tetap aman sampai 18 bulan. Waktu yang cukup lama jika dibandingkan bank lain yang hanya memberikan batas waktu hingga 6 bulan saja. Jika lebih dari batas waktu tersebut maka rekening akan otomatis terblokir.

Selain itu, pembuatan rekening BCA dapat dilakukan hanya dalam waktu 5 menit melalui aplikasi BCA mobile. UI/UX pada aplikasi BCA mobile juga sangat sederhana dan memberikan pengalaman yang efektif bagi penggunanya.

Kemudahan lain bagi nasabah juga BCA berikan terkait layanan pinjaman dana. BCA memberikan layanan Pinjaman Personal atau Personal Loan untuk berbagai kebutuhan nasabah, salah satunya sebagai dana pendidikan.

Persyaratan Pinjaman Dana Pendidikan Bank BCA

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan Pinjaman Personal BCA ini, ada baiknya untuk mengetahui apa saja syarat-syarat yang harus disiapkan.

  • Warga Negara Indonesia, berdomisili di Indonesia.
  • Batas usia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun (pada saat BCA Personal Loan lunas).
  • Karyawan tetap minimal 1 tahun pada perusahaan saat ini.
  • Wiraswasta dan Profesional minimal 2 tahun pada bisnis/usaha saat ini.
  • Minimal penghasilan/bulan Rp2.500.000,- (untuk Jabotabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Batam)
  • Minimum penghasilan/bulan Rp2.000.000,- (untuk daerah lainnya)

Tak cukup sampai di situ, beberapa persyaratan dokumen berikut juga harus disiapkan agar dana dapat mudah cair dengan cepat.

Jika kamu adalah seorang karyawan, pastikan bahwa payroll yang kamu gunakan merupakan fasilitas layanan dari BCA. Kamu juga harus memiliki kartu kredit BCA selama 1 tahun.

Setelah itu, tinggal menyiapkan kelengkapan seperti aplikasi pengajuan, KTP/paspor, NPWP, dan keterangan penghasilan. Bedanya jika kamu berstatus sebagai wiraswasta atau profesional maka wajib menyertakan dokumen izin usaha atau surat izin praktik.

Detail lain yang perlu diketahui

Biaya provisi yang dikeluarkan untuk pinjaman dana pendidikan ini senilai 1 persen atau minimal 100,000 dari dari jumlah pinjaman yang disetujui. Bagi yang mungkin belum tahu, biaya provisi adalah pembayaran pertama yang dikeluarkan ketika pinjaman sudah disetujui.

Perlu diingat kalau Pinjaman Personal ini tanpa agunan dengan plafon pinjaman Rp 5,000,000 hingga Rp 100,000,000 sementara suku bunga yang diberikan muli dari 1 – 1.07%/bulan (12 – 12,84%/tahun).

Jangan sampai terlambat untuk melakukan pelunasan karena diberlakukan denda keterlambatan sebesar 0,28% per hari dari angsuran.

Jadi, bisa mulai merancang kebutuhan dana pendidikan dari sekarang ya. Pastikan memahami dan telah mempertimbangkan segalanya sebelum mulai mengajukan pinjaman dana pendidikan di Bank BCA.

Jika masih ingin lebih lanjut memelajari skemanya, dapat langsung mengunjungi laman resmi BCA, atau bertandang langsung ke bank BCA terdekat di wilayahmu.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut