Menakjubkan! 5 Tempat Wisata di Kamboja Ini Jadi Magnet Pelancong Mancanegara

Menakjubkan! 5 Tempat Wisata di Kamboja Ini Jadi Magnet Pelancong Mancanegara

tempat wisata di kamboja

DAFTAR ISI

Beberapa tempat wisata di Kamboja telah menjadi tujuan populer di Asia Tenggara. Jumlah wisatawan yang datang ke negara ini terus meningkat setiap tahunnya.

Menurut World Tourism Organization (UNWTO), pada tahun 2019, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Kamboja mencapai 7,1 juta orang. Peningkatan luar biasa dari hanya 6,2 juta orang di tahun 2018.

Sayangnya, situasi pandemi di tahun berikutnya berdampak pada penerbangan internasional dan perjalanan. Hal ini tentu mempengaruhi akses wisata seluruh dunia tak terkecuali Kamboja.

Kini perlahan dunia mulai pulih. Wisata-wisata di Kamboja juga kembali ramai oleh para pelancong dari berbagai penjuru dunia.

Memangnya, apa sih tempat wisata di Kamboja yang paling terkenal dan jadi magnet wisatawan? Berikut ulasan lengkapnya.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kamboja

Angkor Wat dan Kemegahan yang Menyelimuti

tempat wisata di Kamboja

Mau tau kenapa Kamboja jadi salah satu tujuan wisata yang populer? Alasan utamanya karena tempat ini punya sejarah yang menakjubkan!

Berkunjung ke Kamboja kamu wajib datang ke Angkor. Angkor dulunya adalah ibu kota Kerajaan Khmer dari abad ke-9 hingga ke-14. Jadi, nggak heran kalau di sini penuh sama harta bersejarah yang bikin kita merinding.

Kita bakal nemuin ribuan candi yang udah runtuh tersebar di sawah dan tanah pertanian. Salah satunya yang paling terkenal adalah Angkor Wat, kuil terbesar di dunia dengan lahan seluas 162,6 hektar (1,626 km²).

Selain itu, ada juga Bayon di Angkor Thom dengan permukaan batu besar yang unik dan Ta Prohm yang dikelilingi pohon-pohon tinggi. Banyak kuil di Angkor sudah direstorasi sehingga wisatawan bisa melihat peninggalan keajaiban dunia kuno secara langsung.

Angkor pernah berubah dari agama Hindu ke Budha beberapa kali. Sekarang, Angkor jadi simbol Kamboja dan muncul di bendera nasional. Jadi, kalau kamu mau lihat sejarah Khmer yang luar biasa, Angkor harus jadi tujuan wisata kamu saat ke Kamboja.

Wisata Kamboja Phnom Penh

Wisata Phnom Pehn di Kamboja

Phnom Penh merupakan kota yang besar dan penuh warna di Kamboja. Kota ini sudah jadi ibukota sejak masa kolonial Perancis.

Dulu dikenal sebagai “mutiara Asia”, Phnom Penh masih dianggap salah satu kota tercantik yang dibangun Perancis di Indochina. Meski begitu, kota ini masih belum sepenuhnya sembuh dari perang dan revolusi.

Pengaruh Perancis masih bisa kita lihat sampai sekarang. Terletak di tepi Sungai Mekong, kota ini sudah ada sejak abad ke-15.

Kalau kamu datang ke sini, kamu harus coba kunjungi Istana Kerajaan yang jadi tempat tinggal keluarga kerajaan Kamboja. Ada juga Pagoda Perak yang dilapisi dengan 5.000 ubin perak dan isinya Buddha emas yang dilapisi berlian.

Ingin wisata malam? Phsar Reatrey adalah pasar malam yang bagus dan cocok buat beli barang-barang buatan tangan untuk oleh-oleh.

Di balik kemeriahannya, Phnom Penh juga memiliki cerita suram di masa lalu tentang kengerian rezim Khmer Merah. Museum Genosida Tuol Sleng dan Ladang Pembantaian Choeung Ek contohnya, kedua tempat ini menceritakan sejarah yang menyedihkan.

Di Ladang Pembantaian Choeung Ek, kamu bisa lihat 129 kuburan massal dan stupa peringatannya yang berisi tengkorak lebih dari 8.000 orang yang dibunuh. Walaupun sejarah yang suram, tempat wisata di Kamboja satu ini penting untuk dikunjungi sebagai pengingat akan kesalahan masa lalu dan agar kesalahan yang sama tidak terulang kembali.

Koh Ker, Tempat Wisata Hidden Gem di Kamboja

hidden gem di Kamboja

Koh Ker, tempat yang jauh dari keramaian tapi penuh dengan sejarah. Ini adalah area candi yang terpencil. Jaraknya sekitar 120 kilometer (75 mil) dari timur laut Siem Reap.

Tapi, tahukah kamu kalau dulu, Koh Ker pernah jadi ibu kota kerajaan Khmer selama waktu yang singkat, dari tahun 928 hingga 944 M?

Dalam waktu singkat itu, beberapa bangunan yang luar biasa dan patung yang sangat besar dibangun. Situs ini didominasi oleh Prasat Thom, piramida candi yang setinggi 30 meter (98 kaki) yang terpampang di atas hutan sekitarnya.

Koh Ker sudah tertinggal di hutan selama hampir satu milenium, jadi kalau kamu datang ke sini, kamu akan merasa seperti menemukan tempat yang terpencil dan susah dijangkau di Kamboja.

Tapi, sekarang kita bisa dengan mudah mengunjungi tempat ini karena ada de-mining baru-baru ini dan pembukaan jalan tol baru. Jadi, kalau kamu mau merasakan sensasi menemukan sesuatu yang baru dan menarik, Koh Ker adalah jawabannya.

Wisata Kamboja Sihanoukville

Surga pantai di Kamboja. Kota ini diberi nama sesuai dengan mantan raja, Norodom Sihanouk, dan terkenal sebagai resor pantai paling populer di Teluk Thailand.

Fakta yang tak kalah menarik, dulu Sihanoukville dikenal sebagai Kompong Saom dan jadi tempat pertempuran terakhir Amerika Serikat dalam Perang Vietnam.

Di Sihanoukville, kamu bisa menemukan pantai berpasir dan berbatu. Pantainya populer banget di kalangan wisatawan, mulai dari backpacker yang tinggal di gubuk di tepi pantai sampai yang lebih suka penginapan mewah. Snorkeling juga bisa kamu lakukan di beberapa pulau yang ada di sekitar sana.

Kalau kamu gak suka aktivitas air, kamu bisa sewa motor dan jelajahi hutan di sekitar Sihanoukville. Dan kalau kamu punya waktu, jangan lupa ke Taman Nasional Ream yang indah dan sejuk, jarak tempuh hanya sekitar satu jam perjalanan dari Sihanoukville.

Di sana, kamu bisa lihat lebih dari 200 spesies burung yang berbeda. Jadi, kalau kamu mau menikmati pantai yang indah dan segar dengan berbagai pilihan hiburan, Sihanoukville adalah pilihan yang tepat.

Melihat Lumba-lumba di Kratie

Kratie, sebuah kota kecil di Kamboja yang terletak di tepi Sungai Mekong. Meskipun tidak sepopuler Siem Reap atau Phnom Penh, Kratie memiliki banyak hal yang menarik yang menjadi magnet wisatawan.

Kota ini didominasi oleh pasar sentral yang dikelilingi oleh bangunan tua kolonial Perancis. Walaupun tidak ada wisata besar-besaran di sini, banyak backpacker yang datang ke Kratie saat musim liburan.

Salah satu hal yang menarik di Kratie adalah melihat lumba-lumba Irrawaddy yang langka. Lumba-lumba ini hidup di Sungai Mekong dalam jumlah yang semakin sedikit. Dilaporkan hanya ada antara 66 hingga 86 lumba-lumba yang tersisa di sekitar bagian atas Mekong Kamboja.

Ada banyak tempat wisata di Kamboja. Kami merekomendasikan yang terbaik di antaranya dengan pengalaman yang berbeda-beda. Jadi, kapan kamu akan mengemasi ransel?