Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman Bank BNI untuk Mahasiswa? Simak Syaratnya!

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman Bank BNI untuk Mahasiswa? Simak Syaratnya!

pinjaman bank BNI untuk mahasiswa

DAFTAR ISI

Setelah memberikan panduan meminjam dana di Bank Central Asia (BCA) bagi mahasiswa. Sekarang, kami akan membahas bagaimana cara mengajukan pinjaman Bank BNI untuk mahasiswa.

Setiap orang di Indonesia tentu memiliki bank jagoannya, Bank Nasional Indonesia (BNI) mungkin menjadi salah satu favoritmu untuk melakukan berbagai transaksi. Tulisan ini akan berguna bagi kalian, nasabah bank BNI, yang mungkin berniat mengajukan pinjaman dana.

Khususnya bagi mahasiswa yang mungkin sedang menggeluti bisnis sampingan, artikel ini bisa jadi akan memberikan insight baru bagi usaha kalian agar bisa terus berkembang. Simak ulasannya sampai akhir!

Geliat Mahasiswa Berwirausaha

Para generasi muda, tentu sudah tidak asing dengan program wirausaha mahasiswa. Tak hanya itu, banyak mahasiswa sekarang yang entah dituntut keadaan atau memang berjiwa pengusaha sejak dari sananya, berlomba-lomba untuk mengembangkan usahanya. Baik itu usaha dagang atau jasa secara online ataupun offline.

Ditambah dengan kemudahan proses jual-beli melalui e-commerce dan sosial media tak menutup kemungkinan bagi lebih banyak mahasiswa lain untuk mengembangkan minat dan bakatnya sebagai seorang pengusaha.

Seperti nama yang sudah tersohor sebagai salah satu pengusaha muda sukses Indoneisa. Ia lah Yukka Harlanda, yang kini telah sukses dengan produk sepatu Pak Jokowi-nya alias Brodo Footwear. Ia telah memulai bisnisnya sejak masih menjadi seorang mahasiswa.

Pernakah kalian terpikir untuk membuka usaha namun terhambat dana? Atau ingin membangkitkan kembali usaha sampingan yang sempat terkendala dana? Pinjaman Bank BNI untuk mahasiswa mungkin bisa jadi solusi.

Modal Usaha untuk Mahasiswa

Kenapa sih harus punya dana atau modal usaha untuk bisnis mahasiswa? Oh jelas, agar usaha semakin berkembang tanpa perlu menyamber uang saku atau uang operasional.

Jadi beneran ada sendiri dana khusus sebagai modal untuk menutupi setiap kebutuhan usaha bahkan untuk meningkatkan dana bagi biaya marketing usaha kalian.

Karena tidak jarang banyak usaha yang mahasiswa buat hanya jadi usaha musiman. Tidak bertahan lama, karena kurangnya modal atau dana usaha.

Kan ada dana pinjaman dari orang tua? Sepertinya tulisan ini akan cocok bagi mahasiswa yang sudah tidak ingin merepoti orang tua dengan urusan dana di luar dana pendidikan.

Melakukan pinjaman dana tidak selamanya buruk. Apalagi saat ini sudah banyak cara ataupun lembaga dan layanan penyedia pinjaman dana bagi mahasiswa. Salah satunya ya bank BNI ini.

Mengapa Harus Bank BNI?

Memiliki kurang lebih 64 juta nasabah, bank pelat merah ini terus berupaya untuk mengembangkan fasilitas bank digitalnya. Sebanyak 9,3 juta nasabah mulai beralih aktif menggunakan mobile banking BNI. Melansir dari Kompas, Bank BNI menduduki posisi 4 secara nasional sebagai bank terkmuka di Indonesia berdasarkan total aset, total kredit maupun total dana pihak ketiga.

Usut punya usut, mengintip sedikit sejarah perbankan di Indonesia. Mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 1946, Bank BNI ini merupakan bank pertama yang dimiliki Indonesia.

Salah satu yang menjadi kelebihan dari bank BNI adalah banyaknya diskon pada merchant untuk pengguna kartu debit ataupun kredit BNI. Tak cukup di situ, dukungan BNI sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga ditunjukkan pada para pelaku Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM).

Dukungan tersebut berupa fasilitas pinjaman BNI Kredit Usaha Rakyat (KUR), tujuannya untuk menyokong dana bagi para pelaku usaha agar mengembangkan kapasitas bisnis.

Syarat Mengajukan Pinjaman Bank BNI untuk Mahasiswa

Syarat mengajukan pinjaman Bank BNI untuk mahasiswa relatif mudah. Jika kalian berusia minimal 21 tahun maka sudah berhak untuk melakukan pinjaman dana.

Bahkan kelonggaran syarat juga diberikan kepada kalian yang belum berusia 21 tahun namun sudah menikah, maka kalian sudah memenuhi 1 syarat.

BNI KUR ini cocok juga bagi mahasiswa yang memiliki usaha sampingan dan ingin lebih serius lagi membesarkan bisnisnya. Tanpa meminta suntikan dana dari orang tua.

Pastikan usaha yang kalian miliki selain telah beroperasi kurang lebih 6 bulan, juga telah memiliki surat perizinan yang diterbitkan oleh minimal kelurahan setempat. Tanpa surat izin, jangan harap dana yang diajukan nanti akan cair.

Menyenangkannya lagi, kalian tidak perlu memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk pinjaman BNI KUR ini. Kredit ini juga merupakan salah satu jenis kredit tanpa agunan.

Dengan mengajukan BNI KUR, kalian bisa meminjam mulai dari 10,000,000 hingga 50,000,000. Sementara suku bunganya hingga maksimal 6 persen efektif anuitas per tahun. Apakah ada biaya-biaya lain untuk pinjam dana BNI KUR ini?

Tidak ada service fee, hanya ada biaya administrasi senilai Rp 150,000 dengan denda tunggakan sejumlah 5 persen per tahun dari saldo yang tertunggak. Untuk jangka waktunya sendiri tiga hingga lima tahun maksimal.

Jadi bagaimana, para mahasiswa yang siap mengembangkan bisnisnya, apakah sudah mulai mempertimbangkan untuk mengambil layanan pinjaman Bank BNI untuk Mahasiswa?

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut