Hasil Piala Dunia Antar Klub FIFA 2023 Manchester City vs Fluminense: Juara City Dibayar Cedera Rodri

Hasil Piala Dunia Antar Klub FIFA 2023 Manchester City vs Fluminense: Juara City Dibayar Cedera Rodri

Piala Dunia Antar Klub FIFA 2023 Manchester City vs Fluminense

DAFTAR ISI

Sediksi.comManchester City menyabet trofi ke-5 mereka di tahun 2023 setelah berhasil mengalahkan klub Brasil, Fluminense, dengan skor meyakinkan 4-0 pada partai final Piala Dunia Antar Klub FIFA 2023.

Ini membuat The Citizens menjadi wakil Eropa ke-9 pada kompetisi ini yang berhasil mengangkat trofi juara. Sebelumnya ada Real Madrid (5 kali juara), Barcelona (3 kali juara), Bayern Munchen (2 kali juara), serta Liverpool, Chelsea, AC Milan, Inter Milan, dan Manchester United (1 kali juara).

Selain itu, gelar Piala Dunia Antar Klub FIFA 2023 ini juga membuat City menyusul capaian klub Premier League lainnya seperti Liverpool, Chelsea, dan MU pada kompetisi tahunan ini.

Hasil Final Piala Dunia Antar Klub FIFA 2023

Manchester City 4-0 Fluminense

Hasil Piala Dunia Antar Klub FIFA 2023 Manchester City vs Fluminense: Juara City Dibayar Cedera Rodri - Rodri Pemain Terbaik Piala Dunia Antar Klub FIFA 2023 1024x683 jpg
Gambar: getty images

Skuad asuhan Pep Guardiola melaju ke partai puncak setelah berhasil mengalahkan wakil AFC asal Jepang, Urawa Reds Diamonds, di babak semifinal dengan skor 3-0.

Gol kemenangan City saat itu masing-masing dicetak melalui gol bunuh diri Marius Høibråten, lalu gol dari Mateo Kovačić di menit 52, dan ditutup oleh Bernardo Silva di menit 59.

Sementara Fluminense melaju ke Final berkat kemenangan 2-0 atas wakil CAF asal Mesir, Al Ahly. Gol penalti Jhon Arias serta gol John Kennedy di menit akhir membuat Fluminense mencapai partai puncak Piala Dunia Antar Klub FIFA untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Di laga Final yang berlangsung di King Abdullah Sports City, Jeddah, The Citizens menunjukkan kualitasnya sebagai tim terbaik Eropa musim lalu.

Mereka tampil lebih mendominasi sejak awal pertandingan dan langsung unggul cepat di detik ke-39 lewat Julián Álvarez.

Pemain asal Argentina ini dengan cermat memanfaatkan bola muntah hasil sepakan keras Nathan Aké dari luar kotak penalti yang membentur tiang.

Fluminense selanjutnya mencoba memberi perlawanan dan sempat beberapa kali terlihat menyulitkan pertahanan City. Namun, perbedaan kualitas di antara kedua tim benar-benar terasa di laga ini.

City unggul 2-0 di menit 27 setelah kapten Fluminense, Nino, membobol gawangnya sendiri. Pada 45 menit kedua, Kyle Walker dan kawan-kawan berhasil menambah 2 gol lagi, yaitu lewat Phil Foden di menit 72 dan gol kedua Álvarez di menit 88.

Skor 4-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan dan Manchester City dinobatkan sebagai juara Piala Dunia Antar klub FIFA 2023.

Gelandang asal Spanyol, Rodri, menerima penghargaan bola emas, atau pemain terbaik pada turnamen. Rekan setimnya, Kyle Walker, berada di urutan kedua dan memperoleh penghargaan bola perak, sementara tempat ketiga (bola perunggu) diberikan kepada pemain Fluminense Jhon Arias.

Hasil ini nampaknya dapat menjadi penyegaran bagi anak asuh Guardiola menyusul beberapa hasil mengecewakan yang mereka raih di Premier League.

Sebelum bertolak ke Jeddah untuk mengikuti Piala Dunia Antar Klub FIFA 2023, The Citizens tercatat hanya meraih 1 kemenangan dari 6 laga terkahirnya di liga, membuat mereka sementara ini masih tertinggal 5 poin dari posisi puncak.

Gelar Juara City Dibayar Cedera Rodri

Hasil Piala Dunia Antar Klub FIFA 2023 Manchester City vs Fluminense: Juara City Dibayar Cedera Rodri - Rodri Cedera 1024x684 jpg
Gambar: getty images

Pertandingan berjalan sekitar satu jam, para pendukung City sempat dibuat was-was setelah Rodri terlihat memiliki masalah di area pergelangan kakinya akibat tekel dari gelandang Fluminense, Alexsander.

Ia langsung mendapat perawatan dari tim medis yang selanjutnya memberi sinyal positif bahwa pemain berusia 27 tahun itu dapat melanjutkan pertandingan.

Namun, tim Manchester biru tentu saja tidak ingin mengambil resiko lebih jauh, di mana mereka akhirnya menarik Rodri keluar pada menit 74 dan digantikan oleh Manuel Akanji.

Gelandang bertahan yang didatangkan dari Atlético Madrid pada 2019 ini memang menjadi salah satu sosok terpenting The Citizens, utamanya di musim 2023/24. City tercatat selalu mengalami kekalahan dari 4 laga mereka tanpa kehadiran Rodri di lini tengah musim ini.

Selain itu, City juga sejauh ini belum memiliki sosok lain di dalam skuad mereka yang dapat menjadi pengganti sepadan untuk mengisi peran yang ditinggalkan Rodri.

Menambah koleksi trofi di dalam lemari piala memang selalu terasa menyenangkan. Namun, apa jadinya jika trofi tersebut—apalagi hanya sekelas Piala Dunia Antar Klub—malah mengorbankan sosok paling penting dalam tim musim ini, di saat perjalanan menuju perebutan trofi yang jauh lebih besar masih panjang.

Sejauh ini belum ada kabar lanjutan terkait seberapa serius cedera Rodri. Sehingga, belum dapat dipastikan apakah sang pemain dapat tampil pada laga lanjutan Premier League menghadapi Everton di tanggal 28 Desember mendatang.

Hasil Akhir Piala Dunia Antar Klub FIFA 2023

Hasil Piala Dunia Antar Klub FIFA 2023 Manchester City vs Fluminense: Juara City Dibayar Cedera Rodri - Al Ahly Piala Dunia Antar Klub FIFA 2023 1024x683 jpg
Gambar: Al Ahly Raih Tempat Ketiga Piala Dunia Antar Klub FIFA 2023/getty images

Perebutan Tempat Ketiga

Urawa Reds Diamonds 2-4 Al Ahly

(José Kanté 43’, Alexander Scholz 54’; Yasser Ibrahim 19’, Percy Tau 25’, Yoshio Koizumi 60 (OG)’, Ali Maâloul 98’)

Final

Manchester City 4-0 Fluminense

(Julián Álvarez 1’, 88’, Nino 27 (OG)’, Phil Foden 72’)

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel