6 Aplikasi Pinjaman Online Untuk Mahasiswa

6 Aplikasi Pinjaman Online Untuk Mahasiswa

Artikel ini berisi daftar aplikasi pinjaman online untuk mahasiswa dengan persyaratan mudah dan proses pencairan yang cepat
aplikasi pinjaman online untuk mahasiswa
Foto: Pixabay

DAFTAR ISI

Aplikasi pinjaman online untuk mahasiswa merupakan jalan pintas solutif untuk mengatasi permasalahan finansial dalam dunia perkuliahan. Ada banyak kegiatan yang membutuhkan kucuran dana; membayar semesteran, mengikuti pelatihan, atau memenuhi kebutuhan akademik seperti buku pembelajaran dan lain-lain.

Pinjaman online, dalam praktiknya, diibaratkan sebagai bagian dari modal kebutuhan untuk mencapai hasil. Saat memasuki perkuliahan, prioritas utama mahasiswa adalah berhasil dalam belajar. Kenyataan bahwa mahasiswa tidak bisa mengesampingkan faktor ekonomi dalam proses belajarnya akan memaksa mereka untuk memutar otak mencari pinjaman dana.

Mahasiswa era modern sekarang diidentikkan sebagai generasi yang melek teknologi. Kesadaran akan digitalisasi, keamanan data, dan pengoperasian aplikasi sudah jadi makanan anak muda sehari-hari.

Alih-alih ribet pergi ke bank perkreditan atau pegadaian untuk Daftar Pinjaman Online untuk Pelajar Paling Amanmemperoleh pinjaman, berikut merupakan daftar aplikasi pinjaman online untuk mahasiswa yang patut kamu coba.

Rekomendasi Pinjaman Online untuk Mahasiswa

Cicil

Merupakan platform jasa finansial yang sangat populer di kalangan mahasiswa karena mampu memberikan fasilitas pinjaman dana sampai Rp 30 Juta. Tenornya yang ditawarkan pun sangat menarik yakni hingga 3 tahun. Salah satu keunggulan Cicil adalah kemudahan dalam persyaratan yang tidak mensyaratkan slip gaji dalam pengajuannya.

Selain itu, Cicil juga menyediakan program Cicil Jobs yang bisa membantu mahasiswa mempersiapkan dunia kerja. Dengan fitur ini, para mahasiswa dapat mencari berbagai jenis lowongan kerja, mulai dari influencer, surveyor, atau kreator konten, sembari melunasi hutang yang telah diajukan.

Pintek Pendidikan

Persis sesuai namanya, Pintek Pendidikan merupakan kata yang dialihbahasakan dari singkatan Financial Technology. Platform ini berfokus pada bantuan finansial khusus dalam sektor pendidikan.

Mahasiswa dapat melakukan transaksi pembayaran biaya pendidikan seperti UKT melalui Pintek Pendidikan. Terdapat juga versi aplikasi yang lebih canggih yaitu Pintek Pro. Bedanya dengan versi biasa, Pintek Pro memberikan jangka waktu lebih lama pada nasabahnya untuk melunasi pinjaman. Mahasiswa bisa melakukan pelunasan setelah mendapat pekerjaan.

Aplikasi pinjaman online ini memang dirancang untuk para pelajar dan mahasiswa dengan limit pinjaman sebesar Rp 300 Juta, tenor maksimal 24 bulan, serta bunga kredit sebesar 2% per bulan.

DanaRupiah

Adalah pilihan terbaik aplikasi pinjaman online untuk mahasiswa. DanaRupiah juga membiayai banyak sektor selain pendidikan. Mereka memberikan fasilitas pinjaman pada sektor pertanian dan pelatihan.

Kelebihan platform ini adalah mampu menyalurkan dana pinjaman dengan suku bunga yang rendah. Di sini, mahasiswa juga akan memiliki limit pinjaman hingga Rp 25 Juta dan tenor 91 hari. Syarat pengajuannya pun tak cukup rumit, kita hanya perlu menyiapkan dokumen pengenal seperti KTP.

DanaDidik

DanaDidik telah terdaftar resmi di OJK bahkan menjadi partner dari berbagai lembaga pemerintahan seperti Kemenristekdikti. Dengan begitu, mahasiswa tak perlu lagi risau soal kredibilitas platform penyedia pinjaman ini.

Statistik menunjukkan hingga sekarang DanaDidik telah memberikan bantuan pinjaman pada 761 mahasiswa serta saluran pinjaman sebesar Rp 9,4 Miliar. Keunggulan utama dari aplikasi ini yaitu dapat menyediakan pinjaman dengan bebas bunga. Mekanisme pengembalian dananya pun menarik, nasabah mahasiswa bisa melakukan pelunasan terhitung 30 bulan setelah lulus akademik.

Danacita

Perusahaan penyedia jasa pinjaman satu ini bermitra dengan banyak perguruan tinggi dan lembaga kursus yang berarti tujuan penawarannya adalah para mahasiswa. Danacita menawarkan limit pinjaman sangat bear yakni Rp 200 Juta.

Terdapat banyak pilihan tenor yang bisa mahasiswa ambil. Mulai dari 6 bulan, setahun, atau hingga 24 bulan. Saat bertransaksi, aplikasi ini tidak menetapkan suku bunga pada nasabahnya, namun hanya biaya admin berkisar 0-1,75% dari total persetujuan kredit.

KoinPintar

Pada mulanya, perusahaan ini bergerak dalam pemberian pinjaman di sektor bisnis dan UMKM Indonesia. Dengan KoinPintar, mahasiswa bisa berkesempatan memenuhi kebutuhan perkuliahan, baik jenjang D3 maupun S1, dengan tenor lama dan suku bunga yang rendah.

Masa tenornya bervariasi, mulai dari yang paling pendek 3 bulan hingga batas maksimal pelunasan 24 bulan. Tak hanya pembiayaan pendidikan, aplikasi ini juga menawarkan banyak macam kursus kepelatihan semacam kursus bahasa dan keahlian lain.

Demikian ulasan mengenai macam-macam aplikasi pinjaman online untuk mahasiswa, semoga memberi manfaat sebesar-besarnya.