3 Langkah Belajar Bahasa yang Digunakan di Vietnam, Terbukti Efektif!

3 Langkah Belajar Bahasa yang Digunakan di Vietnam, Terbukti Efektif!

bahasa yang digunakan di vietnam

DAFTAR ISI

Apakah kamu hendak pergi Vietnam dalam waktu dekat? Sebelum berangkat, sebaiknya kamu coba langkah-langkah berikut untuk mempelajari bahasa yang digunakan di Vietnam.

Negara Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang terkenal multietnis. Ada sekitar 54 suku yang telah diakui secara resmi di Vietnam dengan masing-masing ciri dan budayanya. Dengan kondisi multietnis seperti ini, maka tidak heran bahasa yang digunakan di Vietnam juga bervariasi.

Penduduk Vietnam punya kedekatan dengan bangsa Tiongkok karena letak geografisnya yang berdekatan dan suku mayoritas di Vietnam juga disebut sama dengan suku yang ada di Tiongkok.

Oleh sebab itu, baik kebudayaan dan bahasa yang digunakan di Vietnam banyak diserap dari kebudayaan dan bahasa Tionghoa.

Bahasa yang Digunakan di Vietnam

Bahasa Vietnam yang bisa juga disebut dengan Tieng Viet, Tieng Viet Nam, atau Viet Ngu adalah bahasa resmi yang digunakan di Negeri Naga Biru ini. Bahasa Vietnam memiliki banyak kata-kata serapan dari bahasa Tionghoa dan aslinya dituliskan menggunakan huruf Tionghoa.

Saat ini bahasa Vietnam telah menggunakan aksara Latin dengan sistem penulisannya yang terbaru. Bahasa Vietnam adalah bahasa resmi di Vietnam dan juga diakui sebagai bahasa minoritas di negara Ceko.

Jumlah penutur bahasa Vietnam hampir sekitar 75 juta orang. Ada sebagain penduduk di Tiongkok, Laos, dan Kamboja yang juga bisa menuturkan bahasa Vietnam.

Fakta Menarik Bahasa Vietnam

Ada beberapa fakta dari bahasa Vietnam yang mungkin menarik untuk kamu ketahui. Ternyata selain menyerap kosakata dari bahasa Mandarin yang digunakan di Tiongkok, bahasa Vietnam juga menyerap kosakata dari bahasa Prancis karena di masa lampau wilayah Vietnam pernah dikuasai oleh Prancis.

Pada awalnya bahasa Vietnam memang menggunakan huruf Mandarin sederhana. Pendeta asal Prancis bernama Alexander de Rhodes yang memperkenalkan dan mengembangkan huruf Latin untuk penulisan bahasa Vietnam.

Bahasa Vietnam ini penggunaan awalnya dimulai oleh penduduk di sekitar Sungai Merah yang berada di bagian utara. Seiring berjalannya waktu baru tersebar ke tengah dan selatan Vietnam. Setelah masa penjajahan negara Prancis usai di tanah Vietnam, barulah bahasa Vietnam diresmikan sebagai bahasa nasional.

Hal menarik lainnya dari bahasa Vietnam adalah bahasa yang mengutamakan titi nada dan saat ini terbagi menjadi tiga dialek yang berbeda. Ketiga dialek dalam bahasa Vietnam ini di antaranya dialek Hanoi, dialek Hue, dan dialek Saigon. Dialek ini terbagi berdasarkan wilayah yakni Vietnam utara, Vietnam tengah, dan Vietnam selatan.

Seperti yang disebutkan di atas, titi nada adalah hal terpenting dalam bahasa Vietnam. Ada 6 titi nada berbeda yang digunakan dalam bahasa Vietnam. Titi nada ini yang digunakan sebagai fonem suprasegmental untuk membedakan tiap makna leksikal.

Singkatnya, berbeda titi nada untuk pembacaan satu kata, maka akan berbeda maknanya, serupa dengan bahasa Mandarin yang digunakan di Tiongkok. Maka dari itu, mempelajari bahasa Vietnam juga cukup rumit bagi pemula.

Fakta menarik terakhir tentang bahasa Vietnam yakni memiliki sebanyak 11 fonem vokal dan 23 fonem konsonan. Selain itu bahasa Vietnam memiliki 23 diftong, bisa dibilang terbanyak dibanding dengan bahasa-bahasa lain yang serumpun.

Langkah Untuk Pelajari Bahasa Vietnam

Bahasa Vietnam bisa jadi bahasa yang sulit dipelajari bagi sebagian besar orang karena penggunaan titi nada di dalamnya. Namun bukan hal mustahil jika kamu mempelajarinya dengan tekun. Kunci terpenting mempelajari bahasa Vietnam adalah mendengarkan nada dan mengucapkan nadanya lebih intens.

Ada beberapa cara untuk mempelajari bahasa Vietnam yang bisa kamu coba, di antaranya sebagai berikut:

Menggunakan Aplikasi Belajar Bahasa Asing

Kamu bisa mulai dari menggunakan aplikasi belajar bahasa asing. Aplikasi seperti ini biasanya mudah digunakan lewat smartphone kamu masing-masing. Dengan tampilan yang simpel dan menarik, biasanya akan lebih menggugah semangat untuk rutin belajar bahasa.

Dengan menggunakan aplikasi seperti ini, setidaknya kamu bisa mengutamakan belajar kosakata dan tata bahasa Vietnam karena aplikasi memang didesain untuk belajar dengan cara efisien mulai dari level pemula hingga tingkat lanjut. Akan tersedia banyak daftar kosakata yang penting jadi modal mempelajari bahasa Vietnam.

Rutin Menonton dan Mendengar Video Berbahasa Vietnam

Kamu harus sempatkan secara aktif mencari dan menonton video khususnya yang berbahasa Vietnam seperti lagu, berita, maupun film. Kemampuan mendengarkan dan menyimak akan terasah dengan cara ini meski dilakukan secara tidak sadar karena lewat kegiatan menonton.

Mencari Penutur Asli sebagai Teman Belajar

Agar kosakata, tata bahasa, dan kemampuan mendengarkanmu lebih terasah lagi, maka kamu perlu mencari mitra tutur yang dapat membantumu. Ilmu bahasa adalah perihal komunikasi, sehingga obrolan dua arah sangat diperlukan.

Saat ini media untuk bertemu orang asing bisa lewat media-media sosial yang peluangnya sangat terbuka luas. Pastikan penutur asli bahasa Vietnam yang kamu temui dengan senang hati akan menolong kamu dalam belajar bahasa Vietnam agar bisa berkomunikasi lebih baik lagi.

Demikianlah fakta menarik dan tips tentang langkah mempelajari bahasa yang digunakan di Vietnam untuk kamu. Semoga kamu bisa mempelajarinya dengan tekun dan jadi modal berharga sebelum kamu benar-benar pergi ke negara Vietnam.