9 Rekomendasi Film Indonesia Remaja yang Wajib Ditonton oleh Orang Dewasa Sekalipun

9 Rekomendasi Film Indonesia Remaja yang Wajib Ditonton oleh Orang Dewasa Sekalipun

DAFTAR ISI

Masa remaja tentu menjadi masa-masa paling indah bagi kebanyakan orang. Momen di mana kita mulai mencari jati diri dan mulai menjajali hubungan romansa. Meski kamu sudah dewasa, rekomendasi film remaja terbaik ini masih layak kamu tonton.

Sebagai generasi penerus bangsa, isu seputar remaja kerap menjadi perhatian utama. Kompleksitas gejolak kehidupan remaja pun sering menjadi topik utama bagi insan perfilman Indonesia untuk membuat film-film yang sangat layak dinikmati.

Film remaja tak hanya melulu soal cinta monyet dengan teman sekelas, namun mengangkat banyak pelajaran berharga. Bahwa hidup hanya sekali, hiduplah yang berarti.

Berikut adalah sederet rekomendasi film Indonesia remaja yang mungkin bisa menemani kamu bernostalgia. Apakah masa remajamu sudah cukup indah untuk diabadikan dalam film?

Rekomendasi Film Indonesia Remaja Terfavorit

My Generation (2017)

rekomendasi film indonesia remaja
My Generation/Official YT
  • Pemain: Bryan Warow, Alexandra Kosasie, Lutesha, Arya Vasco, Caitlin North Lewis
  • Sutradara: Upi Avianto

Liburan yang tak menyenangkan akhirnya berhasil mengantarkan skelompok siswa SMA menyelami beberapa kejadian dan petualangan yang memberikan banyak pelajaran hidup.

Berlatarkan kota besar ibukota Jakarta, narasi dalam film berporos pada 4 orang sahabat yang merupakan spoiled-privileged-Jakartan teenager. Mereka adalah Zeke, Suki, Orli dan Konji.

Viralnya video mereka memprotes guru di skeolah membuat keempatnya dihukum tak dibolehkan ikut liburan. Dari situlah banyak kejadian yang turning point mulai menyentuh kehidupan mereka.

Film ini mampu memberikan keterwakilan pada kegelisahan remaja di usainya. Karena film remaja tak melulu soal cinta, tapi bagaimana mereka menjadi karakter remaja yang belajar dan mampu beradaptasi.

Dua Garis Biru (2019)

film remaja posesif
Dua Garis Biru/YouTube
  • Pemain: Angga Yunanda, Adhisty Zara, rachel Amanda, Shakira Jasmine, Lulu Tobing, Dwi Sasono
  • Sutradara: Gina S. Noer

Film ini menceritakan kisah sepasang kekasih Bima dan dara yang kebablas hingga akhirnya membuat dara harus hamil duluan di luar nikah. Sebuah topik yang berat, serius dan masih dianggap sebgai bahasan tabu di Indonesia.

Menjadi rekomendasi film Indonesia remaja yang banyak dibahas, karena memberikan pelajaran atas konsekuensi dari pergaulan remaja dengan lawan jenis.

Tak hanya memberi pesan moral bagi remaja, tapi juga pada orang tua dan guru sebagai salah satu penanggung jawab tumbuh kembang anak. bagaimana selayaknya mereka dapat bereaksi dan bersikap pada kejadian yang menimpa Dara dan Bima.

Posesif (2017)

film indonesia remaja
Posesif
  • Pemain: Putri Marino, Chcco Kurniawan, Adipati Dolken, Gritte Agatha, Maulidina Putri
  • Sutradara: Edwin

Premis film ini adalah tentang toxic relationship yang di alami remaja SMA. Lala seorang atlit lompat indah jatuh cinta pada siswa baru di sekolahnya, Yudhis. Sikap manis Yudhis di awal tentu membuat lala menjadi bucin.

Saat mereka mulai resmi berpacaran, Yudhis menjadi sangat posesif pada Lala. Film ini menampilkan konflik psikologis yang dialami pemain. Yudhis menjadi pacar yang abusive karena trauma kekerasan yang pernah ia alami.

Rekomendasi film Indonesia remaja ini cocok ditonton untuk lebih mengenal dinamika toxic relationship dan bagaimana untuk mentas dari lingkaran setan tersebut.

Laskar Pelangi (2008)

rekomendasi film indonesia remaja
  • Pemain: Zulfanny, Cut Mini Theo, Lukman Sardi, Verrys Yamarno, Ferdian, Ikranagara, Mathias Muchus
  • Sutradara: Riri Riza

“Menarilah dan terus tertawa, walau dunia tak seindah surga”

Tentu banyak yang mengenal film ini dan barangkali sudah menonton berkali-kali. Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Andrea Hirata ini menjadi film yang sangat sukses waktu itu.

Mengambil latar desa kecil di daerah Pulau Belitorng. Film ini menjadi salah satu rekomendasi film Indonesia remaja yang paling memotivasi untuk dapat meraih mimpi.

Dear Nathan (2017)

film dear nathan
  • Pemain: Jefri Nichol, Amanda Rawles, Diandra Agatha, Karina Suwandhi, Surya Saputra, Kevin Ardilova
  • Sutradara: Indra Gunawan

Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Erisca Febriani inilah yang membesarkan nama Jefri Nichol. Narasi film yang klise, mengisahkan hubungan romansa natara siswi pindahan dan cowok badung ganteng di sekolah.

Berniat menjauhi orang seperti nathan, Salma malah semakin sering berhubungan dengan cowok itu. Nathan juga gigih mengejar Salma, hingga kahirnya mereka menjalin hubungan pacaran. Namun saat mereka menjalin hubungan, mendadak mantan Nathan, Seli datang dan menagih cinta Nathan.

Mika (2013)

Film Mika Indonesia
  • Pemain: Vino Bastian, Framly Nainggolan, Velove Vexia, Donna Harun, Henny Zulyani
  • Sutradara:  Lasja Fauzia Susatyo 

Merupakan film yang akan menguras air mata penontonnya. Disadur dari kisah nyata yang dibukukan menjadi novel berjudul Waktu Aku Sama Mika.

Merupakan kisah cinta masa SMA antara Indi (pengidap scoliosis) dan Mika (penyintas HIV/AIDS). Keduanya memiliki sifat yang sangat berbanding terbalik. Mereka berusaha untuk melengkapi hari-hari satu sama lain. Namun orang tua Indi yang protektif tentu saja tak menyukai kehadiran Mika di hidup Indi.

Kisah dalam film ini memberikan pesan moral bahwa siapapun itu, semua orang berhak berbahagia.

Mariposa (2020)

film remaja indonesia
  • Pemain: Adhisty Zara, Angga Yunanda, Dannia Salsabilla, Junior Roberts, Abun Sungkar
  • Sutradara: Fajar Bustomi

Rekomendasi film Indonesia remaja terbaru berikutnya adalah adaptasi dari novel karya Luluk HF. Menceritakan Acha, seorang siswi cantik nan berprestasi di sekolah yang naksir pada Iqbal.

Film SMA romantis ini diperankan oleh Iqbal yang merupakan karakter cowok yang sulit digapai dan bersikap cuek. Sementara kepribadian Acha sungguh ceria.

Plot berkutat pada kegigihan seorang Acha untuk menaklukkan hati Iqbal, meski banyak sekali aral melintang. Namun, di situlah letak serunya kisah mengejar cinta ala anak SMA yang dimabuk cinta.

Bebas (2019)

film bebas
  • Pemain: Maizura, Baskara Mahendra, Lutesha, Salvita Decorte, Kevin Ardilova, Sheryl Sheinafia, Jefri Nichol
  • Sutradara: Riri Riza

Drama komedia musikal ini adaptasi dari film Korea berjudul SUNNY. Kenangan manis masa SMA membuat sekelompok sahabat yang sempat berpisah akhirnya berjumpa lagi.

Diawali dengan perjumpaan Vina dan Kris, karena mengidap sakit keras dan divonis segera meninggal. Kris akhirnya meminta bantuan Vina untuk dapat mengadakan reuni dengan Geng Bebas. Jadi film tentang anak sekolah Indonesia yang banyak disukai.

Film ini seru untuk diikuti dengan alur maju mundurnya. Sementara itu para pemain merupakan aktor dan aktris ternama.

Dilan 1990 (2018)

dilan
  • Pemain: Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Giulio Parengkuan, Refal Hady
  • Sutradara: Fajar Bustomi

Diangkat dari novel karya Pidi Baiq, film remaja ini mendulang sukses dan laris manis. Banyak remaja Indoesia yang kemudian berlomba memakai jaket Dilan dan menirukan gombalan ala Dilan.

Film ini mengambil latar Bandung tahun 90-an. Tentang seorang siswa atraktif yang pemberontak. Ia naksir pada siswi baru dari Jakarta, Milea.

Sejak bertemu dengan Dilan, hidup Milea jadi penuh gejolak dan terasa lebih menantang. Apalagi hobi Dilan kebut-kebutan dan tawuran. Namun, Dilan sangat menjaga dan menyayangi Milea. Fenomenal memang dan jadi salah satu film remaja indonesia romantis yang terus ditonton hingga saat ini.

Demikian rekomendasi film Indonesia remaja. Memang kebanyakan film coming of age menceritakan kisah cinta daun muda, namun tak menutup kemungkinan masih banyak hikmah lain yang bisa dipetik dari sana.

Karena sejatinya masa remaja adalah masa paling bermakna. Kamu bisa memaknainya seperti menonton film.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel