6 Alasan Belajar Bahasa Inggris: Tunggu Apa Lagi, Ayo Mulai dari Sekarang!

6 Alasan Belajar Bahasa Inggris: Tunggu Apa Lagi, Ayo Mulai dari Sekarang!

Alasan Belajar Bahasa Inggris

DAFTAR ISI

Sediksi.com – Di era globalisasi, di mana batas-batas interaksi antar manusia semakin tidak mengenal jarak, kemampuan untuk menggunakan bahasa Inggris semakin menjadi suatu keharusan. Ini menjadi salah satu hal yang mendasari alasan belajar bahasa Inggris saat ini.

Bahasa Inggris hampir selalu menjadi solusi untuk mendobrak kendala bahasa dalam komunikasi. Dikutip dari laman Babbel, ada sekitar 1,35 miliar orang yang mampu berbahasa Inggris, di mana mayoritas penggunanya bukanlah penutur asli. Sehingga, ke manapun anda pergi, bahasa Inggris menjadi salah satu bekal utama yang mesti dipersiapkan.

Selain alasan di atas, ada 6 faktor lain yang menjadi alasan belajar bahasa Inggris yang patut untuk dipertimbangkan. Dengan memahami alasan-alasan belajar bahasa Inggris ini, anda mungkin akan mendapatkan motivasi tambahan untuk lebih mengasah kemampuan bahasa Inggris. Simak 6 alasan belajar bahasa Inggris berikut ini.

Alasan Belajar Bahasa Inggris

Meningkatkan Prospek Karir

Mahir berbahasa Inggris dapat memperluas peluang karir secara signifikan. Di banyak bidang industri, bahasa Inggris telah menjadi salah satu prasyarat wajib, khususnya di perusahaan multinasional, pariwisata, perhotelan, dan sektor teknologi.

Selain itu, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan lancar memungkinkan individu untuk bersaing di pasar kerja global. Hal ini kemudian dapat menambah peluang untuk mendapatkan posisi yang menguntungkan atau peningkatan dalam karir, yang kemudian dapat juga berujung kepada jumlah penghasilan yang lebih tinggi.

Menambah Akses ke Berbagai Sumber Informasi

Mayoritas pengetahuan dan informasi dunia dapat diakses dalam bahasa Inggris, beberapa di antaranya bahkan hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Menguasai bahasa Inggris memungkinkan seseorang dapat mempelajari berbagai sumber daya, termasuk penelitian ilmiah, kemajuan teknologi, berita, dan hiburan.

Kemudian, hal ini juga dapat memastikan bahwa seseorang bisa tetap memperoleh informasi terkait peristiwa global, mengakses temuan penelitian terbaru, dan berpartisipasi dalam percakapan intelektual mengenai berbagai topik.

Alasan belajar bahasa Inggris dalam konteks akses terhadap berbagai informasi juga dapat memberi keuntungan di dunia pekerjaan. Contohnya dengan memberikan akses ke banyak sumber daya yang menyokong berbagai pekerjaan, seperti sumber online, materi penelitian, serta jaringan profesional.

Membantu Kegiatan Akademik

Bahasa Inggris saat ini telah menjadi bahasa pengantar di berbagai universitas serta lembaga pendidikan bergengsi di seluruh dunia. Bahasa Inggris dapat menjadi pintu kesempatan dalam memperoleh pendidikan berkualitas, beasiswa, dan hibah penelitian.

Selain itu, akses literatur akademik yang lebih luas, partisipasi dalam program pertukaran internasional, dan kolaborasi dengan para sarjana dari berbagai negara menjadi beberapa alasan belajar bahasa Inggris yang penting dalam dunia akademik.

Kecakapan berbahasa Inggris juga dapat memfasilitasi upaya mengejar gelar akademik yang lebih tinggi serta meningkatkan pertumbuhan akademik dan intelektual.

Bekal Utama Saat Traveling ke Berbagai Tempat

Dengan memiliki kecakapan berbahasa Inggris, seseorang dapat dengan percaya diri melakukan perjalanan ke berbagai negara dan berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang.

Hal ini dapat membukakan pintu menuju pengalaman-pengalaman berharga, sebab seseorang dapat terhubung dengan penduduk setempat, menjelajahi tempat baru, dan memahami adat istiadat setempat.

Membantu Pengembangan Diri

Alasan belajar bahasa Inggris selanjutnya terkait dengan upaya self-improvement. Mempelajari bahasa kedua, seperti bahasa Inggris, dapat meningkatkan pertumbuhan personal serta kemampuan kognitif seseorang, termasuk dalam hal memori, pemecahan masalah, dan keterampilan multitasking.

Kegiatan ini akan menantang otak dan membantu seseorang untuk berpikir lebih fleksibel. Selain itu, dengan menguasai bahasa baru, perspektif dapat lebih diperluas, empati dapat lebih ditingkatkan, dan pertumbuhan pribadi dapat lebih terdorong dengan memaparkan seseorang pada ide dan cara berpikir yang berbeda.

Sebagai Bentuk Apresiasi Budaya

Alasan belajar bahasa Inggris pada konteks ini dapat memungkinkan seseorang untuk mengeksplorasi budaya yang berbeda, menumbuhkan empati, pemahaman lintas budaya, mempromosikan bentuk masyarakat yang saling terhubung dan inklusif, serta secara lebih umum, mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia.

Bahasa Inggris juga dapat berfungsi sebagai pintu gerbang menuju berbagai karya sastra, musik, film, dan seni dunia. Di sini, individu dapat langsung menyentuh macam-macam karya sastra, menikmati sinema, dan mengapresiasi beragam bentuk seni terbaik.

Demikian 6 alasan belajar bahasa Inggris yang sekiranya dapat memotivasi anda untuk segera mempelajarinya. Bahasa Inggris memberikan banyak manfaat praktis yang dapat membantu kehidupan anda, baik dari segi karir, pendidikan, hubungan sosial, hingga pribadi. Jadi, tunggu apa lagi, segera belajar bahasa Inggris dan maksimalkan potensi anda di era globalisasi ini.

Baca Juga
Topik

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 35 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut

Sediksi x Magister Psikologi UGM

notix-artikel-retargeting-pixel