Inilah 5 Cara Menghindari Phising, Lindungi Data Diri Kamu!

Inilah 5 Cara Menghindari Phising, Lindungi Data Diri Kamu!

Inilah 5 Cara Menghindari Phising, Lindungi Data Diri Kamu!

DAFTAR ISI

Sediksi – Seiring dengan kemajuan teknologi, penipuan dengan menggunakan media elektronik seperti sosial media sangat marak terjadi. Sasaran utama dari penipuan dengan menggunakan media ini yaitu orang-orang yang kurang waspada atau gagap teknologi. Salah satu jenis penipuan yang menggunakan media elektronik adalah phising. Untuk itu, cara menghindari phising ini wajib untuk diketahui.

Phising merupakan modus penipuan di mana pelaku phising mencoba untuk memperoleh informasi pribadi, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, dan data pribadi yang kamu miliki. Modus dari penipuan phising ini adalah dengan menyamar sebagai entitas terpercaya. Misalnya sebagai sebuah aplikasi atau sebuah file dengan jenis tertentu.

Agar kamu lebih waspada dan lebih mengetahui tentang cara menghindari phising, berikut ini sudah Sediksi berikan beberapa cara menghindari phising dari berbagai sumber yang bisa kamu lakukan dengan sangat mudah dan cepat. Kamu juga bisa menyampaikan beberapa cara ini ke orang terdekat kamu agar mereka juga mewaspadainya.

Cara menghindari phising

Inilah 5 Cara Menghindari Phising, Lindungi Data Diri Kamu! - 1000020924 1024x576 jpg
freepik

Waspadai email dan pesan teks yang mencurigakan

Cara menghindari phising yang pertama adalah dengan mewaspadai email dan pesan teks yang sekiranya mencurigakan. Email dan pesan teks seringkali menjadi sarana utama bagi penyerang phising. Terkadang beberapa pelaku phising mengirimkan link phising menggunakan dua media tersebut.

Agar kamu lebih waspada, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa email dan pesan teks yang dikirimkan oleh orang yang tidak dikenal kepada kamu:

  • Periksa alamat pengirim: Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah memeriksa terlebih dahulu alamat email atau pesan teks yang kamu dapatkan. Kamu wajib memastikan alamat email pengirim terpercaya. Satu hal yang wajib kamu ingat adalah jangan terburu-buru mengklik tautan atau mengunduh lampiran jika kamu merasa curiga.
  • Jangan berikan informasi pribadi: Informasi pribadi kamu merupakan target utama dari penipuan jenis ini. Perlu kamu ingat bahwa bank atau perusahaan terpercaya tidak akan meminta kamu memberikan informasi pribadi melalui email. Untuk memastikan bahwa itu adalah perusahaan yang asli, alangkah baiknya kamu menghubungi mereka secara langsung melalui situs web resmi atau nomor telepon yang tercantum.

Periksa URL dengan teliti

Cara menghindari phising berikutnya adalah memeriksa URL yang kamu dapatkan. Sebelum mengklik tautan, kamu wajib memeriksa URL dengan cermat. Pasalnya, pada beberapa kasus, penipu akan memodifikasi URS sedemikian rupa hingga terlihat mirip dengan situs web asli padahal itu adalah situs web jebakan.

Ada beberapa ciri-ciri yang wajib kamu perhatikan agar kamu tidak terjebak dalam phising yang mereka lakukan yaitu kamu dapat memperhatikan tanda-tanda seperti huruf yang salah ketik atau karakter yang mencurigakan terutama penempatan tanda titik (.) atau tanda garis bawah (_).

Gunakan keamanan ganda (Two-Factor Authentication)

Cara menghindari phising selanjutnya adalah dengan mengaktifkan fitur keamanan ganda yang biasanya ada pada akun yang kamu gunakan. Dengan mengaktifkan keamanan ganda di akun-akun penting kamu, kamu akan menambah lapisan perlindungan dengan memerlukan verifikasi tambahan, seperti kode yang dikirim melalui SMS atau aplikasi otentikasi.

Biasanya, jika kamu menggunakan keamanan ganda ini, kamu akan mendapatkan pemberitahuan jika ada yang memaksa masuk ke dalam akun penting kamu. Akun kamu akan terlindungi secara sempurna dengan kode OTP atau verifikasi lainnya seperti kata sandi dan lain sebagainya.

Perbarui perangkat lunak secara teratur

Cara menghindari phising yang bisa kamu lakukan adalah dengan selalu memperbarui perangkat lunak yang digunakan pada hp kamu secara rutin. Biasanya, pembaruan perangkat lunak juga akan disertai dengan pembaruan keamanan terbaru. 

Dengan demikian, perangkat yang kamu gunakan akan semakin aman. Perangkat lunak yang tidak diperbarui dapat memiliki kerentanan yang dapat dimanfaatkan oleh penyerang untuk memasukkan phising ke dalamnya. Jadi, kamu wajib memastikan sistem operasi, peramban web, dan aplikasi selalu diperbarui.

Hati-hati dengan lampiran dan unduhan

Cara menghindari phising yang terakhir adalah dengan tetap berhati-hati dengan lampiran dan unduhan. Jangan mengklik lampiran atau mengunduh file dari sumber yang tidak dikenal. Pasalnya, pelaku phising sering menyembunyikan malware dalam lampiran atau file unduhan.

Itulah beberapa cara menghindari phising yang bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Dengan mengikuti cara menghindari phising di atas, kamu dapat mengurangi risiko menjadi korban phising. Perlu kamu ingat bahwa keamanan online adalah tanggung jawab bersama. Tetap waspada, dan jangan biarkan diri kamu terjebak dalam perangkap penipuan daring.

Baca Juga
Topik
notix-artikel-retargeting-pixel