Memahami Biaya Hidup di Jerman 2023: Apakah Benar-benar Mahal?

Memahami Biaya Hidup di Jerman 2023: Apakah Benar-benar Mahal?

biaya hidup di jerman

DAFTAR ISI

Biaya hidup di Jerman sebenarnya relatif murah dibanding Swiss dan negara-negara Skandinavia yang banyak menjadi tujuan wisatawan, imigran, dan pelajar dari penjuru dunia. Namun, tentunya lebih mahal jika dikomparasikan dengan mayoritas negara di Asia.

Ada banyak alasan mengapa banyak orang ingin datang ke Jerman. Apapun alasannya, memahami lebih lanjut mengenai biaya hidup di Jerman adalah hal wajib. 

Artikel ini akan membahas perihal harga sewa rumah di Jerman, harga makanan, biaya transportasi dan poin penting lainnya. Kami juga akan memberikan sedikit tips bagaimana caranya agar bisa menghemat anggaran selama tinggal di negara dengan kemajuan teknologi mutakhir ini.

Kehidupan di Jerman

Jerman memiliki banyak hal untuk ditawarkan terutama dalam hal teknologi, sains, seni, budaya, dan pengalaman makan unik. Alasan utama mengapa negara ini begitu didambakan untuk ditinggali karena memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi dan tingkat kriminalitas yang rendah. 

Jerman juga dikenal dengan sistem pendidikannya yang baik dan infrastruktur transportasi yang luar biasa. Banyak universitas terkemuka dan menduduki peringkat terbaik di dunia berada di negara ini.

Selain itu, jerman dikenal sebagai negara yang sangat ramah lingkungan dan peduli dengan masalah lingkungan. Negara ini mengambil tindakan yang serius untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan energi terbarukan.

Gaji di Jerman

Secara umum, gaji di Jerman cukup tinggi dibandingkan dengan negara lain di dunia. Menurut data dari Eurostat, rata-rata bruto per tahun 2021 adalah sekitar € 44.440. 

Sebagai perbandingan, menurut sumber yang sama, gaji di negara-negara di Eropa Selatan seperti Spanyol dan Italia masih di bawah €30.000. 

Biaya Hidup di Jerman Per Bulan

Berdasarkan laporan pada tahun 2021, biaya hidup di Jerman bervariasi tergantung tempat tinggal. Untuk biaya bulanan, berkisar antara 700 – 1.500 EUR. 

Biaya itu termasuk menyewa apartemen, membayar tagihan, serta memenuhi kebutuhan pokok seperti makanan dan transportasi. Biaya lainnya yang harus dipertimbangkan termasuk biaya kuliah, asuransi kesehatan, serta biaya hiburan.

Biaya hidup di Jerman juga sangat tergantung kota dimana kita tinggal. Umumnya, biaya hidup di bagian selatan Jerman lebih tinggi dan bagian timur Jerman biasanya lebih murah. 

Sebagai contoh, Munich adalah salah satu kota termahal di Jerman. Sedangkan Berlin memiliki biaya hidup yang relatif rendah meskipun ini juga merupakan kota besar.

Harga Makanan di Jerman

Makanan di Jerman terkenal dengan makanan tradisional seperti sosis Jerman, kue kacang dan kue gulung kastad. Tenang, di sini kita juga bisa menemukan segala macam makanan asia seperti nasi dan nasi goreng.

Harga makanan di Jerman cukup terjangkau untuk penduduk lokal. Salah satu makanan terfavorit di Jerman adalah Döner kebab, yang dapat ditemukan di hampir setiap sudut kota.

Jika kamu memutuskan untuk sering makan di luar maka setidaknya perlu menyiapkan anggaran €10-15 per hari untuk makan di restoran atau kantin. Masak di rumah tentu akan lebih hemat dengan belanja bahan pokok. beberapa harga bahan makanan pokok di Jerman adalah sebagai berikut:

  • 1 kg daging sapi: €10-20
  • 1 kg daging ayam: €5-10
  • 1 kg telur: €3-5
  • 1 kg roti: €1-2
  • 1 liter susu: €0,5-1
  • 1 kg kentang: €1-2
  • 1 kg buah: €2-4
  • 1 kg sayuran: €1-3
  • 1 liter minyak goreng: €2-3
  • 1 kg gula: €1-2

Harga Rumah dan Biaya Sewa di Jerman

Rumah di kota besar seperti Berlin, Munich, dan Frankfurt bisa sangat mahal. Di lokasi lebih pelosok atau di pedesaan, harga rumah bisa lebih murah. 

Di Jerman, pembeli rumah biasanya harus membayar biaya pajak transaksi sekitar 3-5% dari nilai pasar rumah. Harga sebuah rumah bisa mulai dari €100.000 di daerah pedesaan dan lebih dari €500.

Untuk menyewa kamar atau apartemen diperlukan anggaran sekitar €300-500 per bulan. Sedangkan untuk menyewa rumah perkiraan biayanya €500-800 per bulan.

Biaya Transportasi di Jerman

Biaya transportasi juga poin penting saat menghitung biaya hidup di Jerman. Beruntung ini adalah negara yang memiliki transportasi publik yang memadai sehingga kita tidak perlu merogoh kocek banyak untuk menyewa kendaraan pribadi.

Berikut ini adalah harga tiket rata-rata untuk beberapa jenis transportasi:

  • Bus: Tiket bus umumnya berkisar antara 2-5 Euro per perjalanan. Cobalah untuk berlangganan tiket bulanan sehingga bisa lebih hemat
  • Kereta api: Harga tiket kereta api di Jerman cukup bervariasi tergantung pada jarak perjalanan dan waktu pembelian. Tiket kereta api dari kota ke kota cukup murah, mulai dari 15 Euro per perjalanan. Namun, harga tiket dapat meningkat jika dibeli pada saat yang tidak tepat.

Nah, itu tadi semua informasi yang bisa kami bagikan mengenai biaya hidup di Jerman. Informasi ini akan terus diperbarui seiring dengan perubahan nilai mata uang dan gejolak ekonomi yang mungkin terjadi di setiap negara. 

Kamu juga bisa memeriksa di situs resmi penyedia layanan di negara setempat atau menanyakan kepada WNI yang tinggal di Jerman. Semoga artikel ini bermanfaat!