7 Aplikasi Menulis Aksara Jawa Terbaik untuk Smartphone Android

7 Aplikasi Menulis Aksara Jawa Terbaik untuk Smartphone Android

aplikasi menulis aksara jawa

DAFTAR ISI

Aplikasi menulis aksara Jawa sangat membantu bagi siapapun yang ingin belajar bahasa ini dengan cepat. Sebab, aksara ini memang cukup sulit dipelajari apalagi kalau bukan orang Jawa Asli.

Aksara dengan sistem tulisan abugida yang terdiri dari sekitar 20 hingga 33 aksara dasar ini sering digunakan untuk menulis naskah-naskah kuno. Sehingga, bagi pecinta sejarah mempelajari aksara ini akan sangat menguntungkan untuk menguak kisah pasa masa lalu.

Rekomendasi Aplikasi Menulis Aksara Jawa Terbaik

Kaum milenial tidak perlu khawatir karena di jaman sekarang ini banyak cara belajar yang sangat mudah. Selain dengan melakukan googling pada browser Google Chrome, kamu juga dapat menggunakan aplikasi menulis aksara Jawa dibawah ini:

Nulis Aksara Jawa

Aplikasi nulis aksara Jawa ini dapat menyemangati penggunanya untuk gemar berlatih. Karena saat kamu membuka aplikasi ini, tampilan pertama yang diperlihatkan adalah dengan langsung menyuruh si pengguna untuk mengetikkan kata atau kalimat dalam huruf latin.

Setelah kamu selesai mengetikkan kata tertentu, maka akan diberi tahu padanannya dalam aksara Jawa. Beberapa teori kepenulisan juga diberikan pada aplikasi ini sebagai panduan, beberapa teori tersebut dapat ditemukan saat kamu menggeser tampilan utama ke arah bawah.

Marbel Hanacaraka

Kali ini adalah aplikasi menulis aksara Jawa yang santai dan ramah untuk anak-anak, yaitu Marbel Hanacaraka yang dikembangkan oleh Educa Studio. Ketika kamu membuka aplikasi ini, maka akan ada suata narator yang menyambut pemakai dan musik yang mengiringi terbukanya aplikasi tersebut.

Pada fitur belajar yang ada pada aplikasi ini terdapat 10 materi belajar yang tersedia. Tiga diantaranya, merupakan aksara, pasangan, dan sandhangan, telah dibuka aksesnya. Agar dapat mengakses tujuh materi lanjutan, pengguna harus membuka gemboknya dengan kredit berupa bintang.

Bintang yang terdapat pada aplikasi ini dapat diperoleh dengan menyaksikan iklan tertentu. Sementara pada fitur bermain, Ada empat permainan yang dapat dicoba, yaitu puzzle, tebak aksara, menulis aksara, dan tebak pasangan.

Namun, sama seperti yang terdapat pada fitur belajar, baru dua permainan yang dapat dibuka aksesnya, puzzle dan tebak aksara. Aplikasi ini cukup menarik karena narator akan selalu memandu pada setiap fitur yang dicoba.

Sinau Bahasa Jawa

Desain antarmuka dari aplikasi Sinau Bahasa Jawa sangat sederhana dan ramah pengguna. Bahkan tidak ada animasi aneh-aneh didalamnya.

Pada halaman paling awal dari aplikasi ini, pengguna akan langsung menemukan dua tombol navigasi. Tombol materi belajar di sebelah kiri dan permainan tebak-tebakan di sebelah kanan.

Kemudian pada bagian materi belajar menyediakan 12 materi yang sudah dibuka aksesnya, yaitu Tembung dan Aksara carakan. Tembung ini isinya adalah contoh kata-kata dalam bahasa Jawa beserta aturan pemakaiannya.

Sementara aksara carakan berisi 20 huruf Jawa dengan berbagai contoh pemakaiannya dalam penulisan kalimat. Sementara itu pada bagian permainan mempunyai 20 tema yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Misalnya adalah, rumah, sekolah, olahraga, dan tumbuhan sehingga pengguna dapat semakin lebih mudah mempelajarinya. Setiap tema pada aplikasi ini mempunyai 46 level kesulitan, cukup seru dan menegangkan untuk dimainkan.

Hana.Rip-Teks Ke Aksara Jawa

Aplikasi Hana atau hana.rip ini dapat membantu kamu untuk mengubah teks alfabet ke aksara Jawa, bahkan ketika kamu sedang mengetik teksnya di dalam aplikasi. Sehingga kamu dapat menyalin atau menempel hasil transliterasi dari dan ke aplikasi ini tanpa merasa kesulitan.

Pada aplikasi menulis aksara Jawa ini, hasil transliterasinya juga dapat dilihat dalam bentuk gambar. Bahkan serunya lagi aplikasi hana.rip ini menggunakan berbagai jenis panduan.

Salah satunya adalah panduan penulisan aksara Jawa yang diterbitkan oleh Yayasan Pustaka Nusatama pada 2002. Sementara, aplikasi ini sendairi dirilil oleh pengembang dansvel pada tahun 2021.

Aksara Jawa: Contekan Aksara Jawa

Aplikasi ini memang cocok dengan namanya, karena dapat untuk kamu dijadikan contekan aksara Jawa. Sangat recomended untuk yang sedang  dan giat belajar tentang aksara Jawa. Dengan menyediakan contoh-contoh aksara Jawa yang mudah untuk di pelajari.

Aksara Jawanya sendiri pada aplikasi ini dibagi ke dalam beberapa kategori. Salah satunya adalah Hanacaraka. Kalau kamu sangat penasaran untuk menambah pengetahuan tentang aksara Jawa dengan mudah, kamu dapat mengunduhnya di Play Store.

Nulis Jawa-Diono Software

Aplikasi menulis aksara Jawa ini adalah salah satu aplikasi yang dapat kamu andalkan ketika membutuhkan aplikasi aksara Jawa di Android. Yang mana dapat membantu mengubah tulisan alfabet jadi Hanacaraka.

Kamu tinggal mengetikkan tulisan latin atau alfabet dan aplikasi mengubahnya ke aksara Jawa, demikian juga sebaliknya.

Aksara Jawa-Qreatif

Aplikasi yang satu ini mengajak kamu untuk mempelajari aksara Jawa dengan lebih menyenangkan. Karena cara belajarnya dengan permainan yang seru, kamu akan diminta memecahkan setiap kendi sesuai dengan aksara Jawa yang tampak pada papan dalam permainan.

7 aplikasi menulis aksara Jawa diatas dapat kamu andalkan saat penasaran dan ingin segera dapat menulis aksara jawa. Kalau beberapa aplikasi tersebut masih kurang efektif kamu dapat mencoba aplikasi lain yang cukup banyak di Google Play Store.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut