6 Aplikasi Menulis Huruf Arab yang Bisa Digunakan Gratis

6 Aplikasi Menulis Huruf Arab yang Bisa Digunakan Gratis

aplikasi menulis arab

DAFTAR ISI

Bukan hanya bahasa Inggris dan Jepang yang saat ini populer digunakan oleh banyak orang tapi juga ada bahasa Arab. Oleh karenanya, aplikasi menulis Arab juga sangat dibutuhkan mengingat masih banyak perangkat media yang tidak menyediakan huruf dalam bahasa ini.

Kadang-kadang saat bulan Ramadhan tiba ingin sekali membagikan ayat-ayat Al-Quran kepada kerabat dan sahabat melalui ponsel.  Dengan menggunakan tulisan Arab akan membuat maknanya semakin sesuai dan membuat tersentuh.

Rekomendasi Aplikasi Menulis Arab

Namun sayang, kebanyakan smartphone yang dijual di Indonesia tidak menyediakan fasilitas untuk menulis dalam bahasa Arab. Sehingga, kita masih perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk bisa mengetik huruf arab di hp android.

Nah, beberapa aplikasi tersebut dapat diunduh dengan mudah melalui smartphone yang kita miliki. Dan dapat digunakan untuk menuliskan pesan sekaligus untuk belajar menulis huruf Arab dengan lebih cepat. Beberapa aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

Free Arabic Fonts for FlipFont

Free Arabic Fonts for FlipFont merupakan salah satu aplikasi menulis Arab yang disukai para pengguna smartphone karena dapat digunakan oleh beberapa jenis handphone yang berbasis android.

Bahkan menurut hasil review dari para pengguna, aplikasi ini yang paling kompatibel dengan Samsung Galaxy. Sehingga, menjadi favorit dari para pengguna seri samsung yang satu ini. Kita tidak perlu meragukan kemampuan dari aplikasi ini karena sudah mendapatkan rating 4,3.

Arabic Keyboard

Aplikasi menulis Arab selanjutnya adalah Arabic Keyboard yang dapat digunakan untuk mengetik dengan huruf Arab. Aplikasi yang dirilis oleh Keyboard Style ini sangat baik ketika menampilkan tulisan dengan huruf Arab.

Kelebihan lain dari aplikasi ini juga menawarkan kepada pengguna sekitar 500 emoticon yang dapat digunakan untuk mempercantik tulisan kita pada pesan yang ingin dikirimkan. Serunya lagi style pada keyboard dapat diganti warna sesuai dengan selera.

Dalam aplikasi menulis dalam bahasa Arab ini terdapat 8 warna yang dapat kita gunakan untuk mengganti background keyboard. Dijamin proses pembelajaran dan penulisan pesan dengan menggunakan aplikasi ini akan membuat kita semakin bersemangat.

Best Arabic Fonts for FlipFont

Aplikasi yang ketiga ini merupakan aplikasi tulisan Arab untuk Android yang dirancang agar kompatibel terhadap Monotype Imaging Inc’s Flipfont. Yang pastinya akan membuat smartphone kita dapat digunakan dengan mudah untuk menulis bahasa Arab.

Best Arabic Fonts for FlipFont ini merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk smartphone Samsung Galaxy juga. Bahkan kerennya lagi dengan aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk mengubah font dan user interface pada smartphone yang kita gunakan.

Sehingga ketika menggunakan aplikasi ini, maka kita tak hanya mampu mengetik dengan tulisan Arab saja. Namun semua interface yang ada pada smartphone kita akan berubah menjadi tulisan Arab. Saking populernya Best Arabic Fonts for FlipFont sudah diinstall sebanyak 1 juta pengguna dan tersedia gratis di Google Play Store.

iFont

Aplikasi selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah aplikasi yang bernama iFont, yang dapat digunakan untuk menulis dengan style font Arab.  Tidak hanya sekedar menyuguhkan font yang kekinian saja namun  iFont juga menawarkan beragam variasi untuk font yang bertuliskan huruf-huruf Arab.

Cara untuk menggunakannya juga sangat mudah karena, kita hanya perlu memilih style huruf Arab yang ingin digunakan dan pasanglah pada perangkat Android yang digunakan. Aplikasi ini tersedia dan dapat dimanfaatkan secara gratis.

Ana Muhtarif Al Khat

Selanjutnya, adalah aplikasi menulis dalam bahasa Arab Ana Muhtarif Al Khat, yang bisa digunakan untuk membuat kaligrafi Arab dengan smartphone. Bahkan kita juga dapat mengandalkan bantuan dari Ana Muhtarif Al Khat dimana aplikasi ini memungkinkan kita untuk menulis dalam tulisan Arab melalui smartphone.

Kita juga dapat membuat desain kaligrafi Arab dengan sangat indah melalui aplikasi ini. Tidak hanya demikian. Bahkan kita juga dapat mengubah ukuran font atau melakukan undo dan redo dengan baik pada aplikasi ini.

Selain dapat digunakan untuk membuat kaligrafi, Ana Muhtarif Al Khat juga menyediakan font dan background dari berbagai warna dapat digunakan sesuka hati. Ketika selesai membuat kaligrafi kita dapat langsung membagikannya pada platform media sosial Facebook.  

Keyboard Arabic Harokat

Aplikasi satu ini mempunyai desain antarmuka yang ramah pengguna, sehingga kita dapat menggunakannya dengan mudah meskipun baru pertama mencoba. Aplikasi yang dirilis oleh developer Bariklana Smart App sangat recomended karena ukurannya hanya 4.3MB saja.

Semua aplikasi pastinya akan mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri, dengan menyimak ulasan di atas kita dapat menentukan yang paling tepat. 6 aplikasi menulis dalam bahasa Arab tersebut dapat kita pilih sesuai dengan kapasitas handphone dan kemudahan yang kita sukai. Selamat mencoba!

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut