Biaya Hidup di Tunisia: Hal-hal Penting yang Wajib Kita Ketahui (Desember 2022)

Biaya Hidup di Tunisia: Hal-hal Penting yang Wajib Kita Ketahui (Desember 2022)

biaya hidup di tunisia

DAFTAR ISI

Informasi mengenai biaya hidup di Tunisia sangatlah penting bagi yang ingin menempuh pendidikan di sana, berwisata, terlebih menetap dan menjadi penduduk di negara paling utara Afrika ini. Apakah itu mahal atau justru murah? Kamu akan menemukan jawabannya dalam artikel ini.

Kehidupan di Tunisia

Apa alasan utama seseorang rela terbang dari satu negara ke negara lainnya? Kemungkinan pertama adalah berwisata, dan Tunisia memiliki daya tawar akan hal itu. Alasan lainnya, biaya hidup di Tunisia terbilang murah.

Penduduk Indonesia atau yang tinggal di negara tropis lainnya tak memiliki gurun pasir. Jika ingin menikmatinya, kita bisa pergi ke Tunisia yang terkenal dengan Grand Erg Oriental. Kita bisa berwisata di sana dengan menaiki kereta pasir atau menaiki unta.

Tunisia juga tempat yang luar biasa untuk melakukan wisata sejarah. Menikmati keindahan mozaik di Bulla Regia atau ke Dulu Carthage untuk mencari tahu sejarah kuno di Afrika Utara. UNESCO pun memasukkan situs ini dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Selain berwisata, Tunisia adalah negara yang tepat untuk menempuh pendidikan. Di sini terdapat Universitas Ezzitouna yang merupakan lembaga pendidikan tertua di dunia Arab. Embrio kelahirannya lahir dari sebuah kelompok belajar di Masjid Jami Zaitunah pada tahun 737.

Mata Uang Tunisia

Perlu diketahui bahwa Tunisia menggunakan mata uang dinar dengan simbol latin DT dan kode mata uang TND. Mayoritas mata uang yang digunakan adalah pecahan 5, 10, 20, dan 50 dinar. Jika dirupiahkan dalam kurs saat ini (3 Desember 2022) 1 dinar Tunisia sama dengan Rp 4.938,84 atau $ 0,3161.

Ini adalah mata uang tertutup yang berarti hanya tersedia di Tunisia. Aktivitas tukar menukar uang TND di luar Tunisia adalah ilegal sehingga kita tidak bisa membeli dinar di negara asal.

Hidup di Tunisia, kita harus memaksimalkan uang tunai. Jadi, setibanya di negara tersebut kita harus segera menukarkan uang yang bisa dilakukan di bandara, ATM, bank, atau beberapa hotel.

Biaya Hidup di Tunisia

Seperti biasa, ketika akan menghitung biaya hidup di Tunisia maupun di negara-negara lainnya, kita perlu mempertimbangkan beberapa aspek. Di antaranya, akomodasi, transportasi dan harga makanan.

Biaya Akomodasi di Tunisia

Pariwisata menjadi sumber pendapatan penting di Republik Tunisia. Oleh karena itu, ada ribuan hotel dan hostel yang tersedia di sini.

Harga hotel berkisar dari TND 64/malam hingga TND 1.600/malam. Jika rupiahkan, antara 300 ribu rupiah sampai dengan 7 juta rupiah. Sesuaikan saja anggaran dan selera penginapan yang kita inginkan.

Harga hotel di Tunisia tergantung pada musim, jumlah malam, lokasi hotel, kota, tipe hotel yang kita pilih, dan jumlah orang. Itulah mengapa sulit untuk memperkirakan berapa biaya akomodasi setiap orang. Kabar baiknya, untuk mendapatkan hotel yang bagus dengan akses ke pantai atau kolam renang di sini tidak begitu mahal.

Memesan apartemen melalui Airbnb adalah pilihan yang tepat. Mendapatkan kamar hotel dari daerah yang mahal selama musim ramai mungkin mahal, jadi silakan dan periksa Airbnb untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Ada banyak pilihan bagus dengan harga terjangkau.

Makanan di Tunisia

Jangan stres tentang sarapan atau memasak, makan di luar itu murah, dan apakah ada cara yang lebih baik untuk memulai hari selain sarapan di kafe lokal.

Makanan Tunisia sangat lezat. Makanan olahan hasil laut dalam keadaan segar, buah-buahan dan sayuran penuh rasa, saus pedas, roti yang dipanggang di pagi hari, limun yang menyegarkan, dan banyak lagi!

Bagian paling menyenangkan adalah secara umum harga makanan di sini sangat murah. Makan di luar murah dan juga semua bahan makanan pun murah.

Makan di restoran di mana penduduk setempat juga makan, makan untuk dua orang hanya berharga beberapa euro. Ada juga banyak restoran makanan kaki lima di mana kamu dapat menikmati sandwich dan minuman ringan dengan harga TND 3-4. Kisaran 15 ribu saja!

Makan di restoran kelas atas akan lebih mahal tetapi masih sangat terjangkau dibandingkan dengan banyak negara lain khususnya jika dibandingkan dengan Eropa.

Makan malam di Sidi Bou Said di hotel menakjubkan bernama La Villa Bleue, misal. Tempat itu sendiri sangat indah dan pemandangannya menakjubkan! Sebotol anggur merah dan sepiring keju tidak lebih dari TND 255.

Biaya Transportasi di Tunisia

Jika kita berencana untuk menemukan banyak tempat di Tunisia maka transportasi terbaik adalah dengan menyewa mobil. Berkeliling dengan mobil jauh lebih nyaman daripada menggunakan transportasi umum, terutama pada musim panas.

Ini juga memberi kamu lebih banyak kebebasan. Kecuali, jika kamu tinggal di satu kota maka menggunakan dan tidak berencana ke luar kota, taksi juga alternatif yang tepat.

Pasalnya, transportasi apa pun yang kita putuskan untuk digunakan tidak akan memakan banyak biaya. Bus angkutan umum, kereta api, dan metro adalah pilihan termurah untuk digunakan.

Menggunakan taksi yang tidak jauh lebih mahal tapi tentu jadi lebih cepat. Menyewa mobil juga tidak terlalu mahal dengan harga bensin yang juga murah.

Harga sewa akan tergantung pada musim, ukuran mobil, peralatan mobil, dan berapa hari Anda akan menyewa mobil. Menyewa mobil akan dikenakan biaya TND 120-300/hari dan TND 800-2300/minggu.

Jadi Apakah Biaya Hidup Tunisia Mahal atau Murah?

Satu pertanyaan umum adalah biaya hidup di Tunisia mahal atau murah? Untuk menjawab pertanyaan ini agak rumit karena banyak hal yang mempengaruhinya. Sesuatu yang murah bagi satu orang bisa jadi mahal bagi orang lain.

Di Tunisia biaya hidup rendah jika kita bandingkan dengan negara lain. Anggaran seperti apa yang Anda perlukan, tergantung pada jenis wisata dan jenis liburan apa yang kita rencanakan?

Apakah kita mencari resor pantai bintang 5 atau hostel backpacker? Apakah kita melakukan perjalanan sendiri atau bersama keluarga? Jika kita membandingkan harga di Tunisia dengan tujuan liburan populer lainnya, kita dapat menyimpulkan bahwa Tunisia sebenarnya murah.

Hal hebat tentang Tunisia adalah kita dapat dengan mudah menikmati liburan beranggaran rendah atau liburan mewah dan segala sesuatu di antaranya. Tunisia adalah tujuan bagi pengembara, backpacker, keluarga, pasangan, kelompok teman, dan pecinta kemewahan.

Kuesioner Berhadiah!

Dapatkan Saldo e-Wallet dengan total Rp 250.000 untuk 10 orang beruntung.​

Sediksi.com bekerja sama dengan tim peneliti dari Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada sedang menyelenggarakan penelitian mengenai aktivitas bermedia sosial anak muda. 

Jika Anda merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 s/d 25 tahun, kami mohon kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner yang Anda akan temukan dengan menekan tombol berikut