Total Kekayaan Pablo Escobar dan Bagaimana Cara Ia Mendapatkannya

Total Kekayaan Pablo Escobar dan Bagaimana Cara Ia Mendapatkannya

Jika dihitung dengan kalkulator inflasi, total kekayaan Pablo Escobar di tahun 2022 adalah kurang lebih senilai $ 81 miliar. Dan apabila di rupiahkan dengan kurs saat ini (Rp 14.665,95/14 Mei 2022) adalah lebih dari 1.100 triliun rupiah.
total kekayaan pablo escobar

Total kekayaan Pablo Escobar bisa menjadi pembahasan yang panjang karena terlalu banyak harta yang ia miliki. Pablo Escobar adalah laki-laki berkumis tipis yang mendapat julukan sebagai Raja Kokain. Ia telah menjadi orang terkaya di dunia sekaligus buronan paling dicari karena bisnis ilegal yang dijalaninya.

Sehari setelah merayakan ulang tahun di usia ke 44, tepat pada tanggal 2 Desember 1993 mayat Pablo Escobar ditemukan tak bernyawa di atap sebuah rumah. Polisi dan pasukan elit Kolombia dibantu Badan Antinarkotika Amerika Serikat mengempung rumah tersebut sehingga terjadi baku tembak dan menyebabkan nyawa Escobar melayang.

Sang Raja Kokain tidak pernah dilupakan oleh dunia. Kisahnya diabadikan melalui buku, hingga serial film berjilid-jilid. Apa yang menarik dari pria asal Medellin ini bukan hanya tindak kriminal yang ia lakukan. Namun, juga karena total kekayaan Pablo Escobar yang mencengangkan.

Berapa Total Kekayaan Pablo Escobar?

Pada puncak kejayaannya, kartel kokain Meddelin yang dipimpin oleh Pablo Escobar bisa menghasilkan $420 juta per minggu. Total kekayaan Pablo Escobar yang dilaporkan saat itu mencapai $ 37 miliar.

Selain itu, menurut otoritas keuangan Amerika, Pablo Escobar memiliki cadangan uang tunai lebih dari $ 4 juta dalam mata uang AS dan Meksiko, yang ditumpuk di berbagai bagian Kolombia. 

Jika dihitung dengan kalkulator inflasi, total kekayaan Pablo Escobar di tahun 2022 adalah kurang lebih senilai $ 81 miliar. Dan apabila di rupiahkan dengan kurs saat ini (Rp 14.665,95/14 Mei 2022) adalah lebih dari 1.100 triliun rupiah.

Perlu digarisbawahi ini hanyalah kekayaan yang ia dicatat pemerintah Kolombia dan Amerika Serikat. Apakah itu total kekayaan Pablo Escobar yang sebenarnya? Ini yang paling mendekati karena masih besar kemungkinan kekayaannya lebih dari itu mengingat tidak mudah mendeteksi aliran dana dari bisnis ilegal.

Sumber Kekayaan Pablo Escobar

Kekayaan Bersih saat Kematian$5 Miliar
Kekayaan Bersih Tertinggi$37 Miliar
Cadangan Tunai$4 Juta
Emas & Berlian$100 Juta
Inventaris$10 Miliar
Aktiva$2 Miliar
Rincian Total Kekayaan Pablo Escobar/Data Forbes 2022

Sejak tahun 1980-an, kurang lebih selama 10 tahun lamanya, kartel Madellin menguasai 80% transaksi kokain di Amerika Serikat, Peru, Kanada, Amerika Tengah, dan Peru. Selama ini komoditas kopi dianggap sebagai komoditas ekspor terbesar dari Kolombia. Padahal, itu tidak lebih besar dari ekspor kokain yang mencapai 15 ton setiap harinya oleh kartel Medellin.

Raja Kokain sangat pantas disematkan pada Pablo Escobar. Business Insider  sempat mengatakan kalau total kekayaan Pablo Escobar lebih dari $30 miliar. Tak heran jika pria ini masuk ke dalam deretan 10 orang terkaya di dunia dengan menduduki posisi nomor 7.

Film dan buku tentang Pablo Escobar telah menggambarkan bagaimana proses anak seorang petani ini bisa mencapai kakayaan yang luar biasa tersebut. Ia merintis semuanya melalui sebuah pesawat kecil jenis Piper PA-18 Super Club.

Pesawat itulah yang digunakan untuk mengirim kokain ke luar Kolombia. Tak butuh waktu lama bagi kartel Madellin untuk meningkatkan kuantitas pengiriman. Mereka membeli pesawat Cessna yang ditenagai mesin 180-210 tenaga kuda dengan utilitas sipil atau lebih besar dari PA-18 yang merupakan pesawat utilitas ringan.

Tidak hanya itu, menurut sebagian informasi juga mengatakan kalau Pablo Escobar mengirim kokain menggunakan dua kapal selam yang konon didapat dari Angkatan Laut Rusia. Ini semua dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pengiriman kokain semata.

Pablo Escobar tidak main-main dengan bisnis yang ia jalani. Selain berinvestasi tinggi pada transportasi pendukung distribusi, ia juga mengembangkan laboratorium kokain di perbatasan Venezuela dan Kolombia.

Seperti yang diterangkan dalam buku The Accountant’s Story, Roberto Escobar, adik dari Pablo Escobar menjelaskan bahwa laboratoriumnya memiliki pekerja sedikitnya 200 orang. Untuk membayar ongkos sewa pilot pesawatnya saja, Escobar mengeluarkan kocel sebesar $ 400 ribu dalam sekali terbang.

Dengan kekayaan yang fantatis tersebut, Escobar bisa melakukan banyak hal yang tidak orang lain pikirkan. Seperti menjadikan tumpukan uang sebagai pengganti api unggun untuk menghangatkan putri kesayangannya.

Rumah Pablo Escobar

Apa yang akan kamu lakukan ketika memiliki kekayaan sebanyak yang dimiliki oleh Pablo Escobar? Membuat rumah mewah? Hidup foya-foya? Membeli semua yang diinginkan?

Ya! Itu semua benar-benar dilakukan oleh Pablo Escobar. Dia memiliki pesawat pribadi, rumah mewah, hingga penjara.

Bukan pilihan tepat bagi seorang gembong narkoba menyimpan uang di bank. Itu sama saja menyerahkan barang bukti tindak kejahatan yang ia lakukan. Membeli apa yang diinginkan dan membelanjakannya sebanyak mungkin adalah jalan terbaik.

Hacienda Napoles atau dalam bahasa Spanyol Naples Estate tempat di mana rumah Pablo Escobar berada. Lebih tepatnya bisa disebut istana. Di lahan seluas 20 km persegi ini Escobar dan keluarganya tinggal.

Di dalamnya terdapat perkebunan dan kebun binatang. Escobar mengoleksi berbagai macam binatang langka dan tentu saja mahal. Mulai dari gajah, jerapah, kuda nil, burung unta, dan masih banyak lainnya. Ini sudah seperti hutan hujan tropis yang mewah.

Setelah Pablo Escobar meninggal, Hacienda Napoles diambil pemerintah dan dikelola oleh pemerintah kota Puerto Triunfo. Banyak orang yakin kalau total kekayaan Pablo Escobar jauh lebih besar dari yang telah diperkirakan selama ini. Ia bahkan sempat mengubur uang-uangnya di banyak tempat.