Profil Pham Nhat Vuong, Orang Terkaya di Vietnam dengan Bisnis Mie Instan

Profil Pham Nhat Vuong, Orang Terkaya di Vietnam dengan Bisnis Mie Instan

orang terkaya di Vietnam

DAFTAR ISI

Nama Pham Nhat Vuong tercatat sebagai orang terkaya di Vietnam. Tahukah kamu apa saja usaha yang dimilikinya?

Membicarakan negara Vietnam tidak harus hanya tentang keindahan wisata alam dan sejarahnya saja. Mengulas fakta menarik lain tentang Vietnam bisa saja dengan membahas tokoh unik dan berpengaruh di Vietnam juga lho.

Pham Nhat Vuong pun dinobatkan sebagai orang terkaya di Vietnam dengan berbagai usaha yang dijalankannya. Untuk mengenal lebih jauh tentang profil dan usaha yang dijalankan oleh Pham Nhat Vuong, mari kita simak rangkumannya dalam artikel berikut ini:

Biodata Pham Nhat Vuong

Mari mengenal lebih lanjut tentang Pham Nhat Vuong. Pria Vietnam ini lahir pada 5 Agustus 1968 di kota Hanoi, Vietnam. Pham Nhat Vuong menjadi milyader pertama di Vietnam sejak tahun 2013.

Pham Nhat Vuong menikah dengan Pham Nhat Huong dan memiliki 3 orang anak. Saat ini dirinya adalah pendiri dan pemimpin dari Vingroup.

Ayah dari Pham Nhat Vuong adalah seorang anggota divisi pertahanan tentara Angkatan Udara Vietnam sementara ibunya adalah pemilik kedai teh. Keluarganya begitu sederhana sehingga ibunya meninggalkan suami dan anak-anaknya. Sejak lahir hingga menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas Pham Nhat Vuong habiskan di kota Hanoi. Dia adalah lulusan dari SMA Kim Lien di tahun 1985.

Dua tahun setelah lulus SMA, Pham Nhat Vuong melanjutkan studi di Universitas Pertambangan dan Geologi Hanoi. Pham Nhat Vuong ini memiliki bakat yang gemilang di bidang matematika sehingga dirinya dikirim untuk belajar ke Rusia. Pham Nhat Vuong mendapat beasiswa di Institut Prospeksi Geologi Moskow dan lulus di tahun 1992.

Setelah menyelesaikan masa studinya, Pham Nhat Vuong menikahi Pham Nhat Huong yang telah dikenalnya semenjak di bangku SMA. Pasangan ini memutuskan pindah ke Ukraina setelah menikah dan memulai perjalanan bisnis mereka.

Perjalanan Bisnis Pham Nhat Vuong

Dengan bantuan dana yang didapatkannya dari para teman dan keluarga, Pham Nhat Vuong membuka restoran mie selama bertempat tinggal di Ukraina. Tak hanya sekadar restoran saja, bisnis Pham Nhat Vuong juga merambah hingga produksi dan distribusi mie instan dalam skala lebih besar.

Pada 1993 dengan modal yang telah dimiliki, Pham Nhat Vuong akhirnya mendirikan perusahaan Technocom dan fokus pada produk kuliner cemilan kering.

Dirinya menjalankan perusahaan Technocom ini selama kurang lebih 16 tahun sebelum akhirnya dijual ke Nestle. Akhirnya di tahun tersebut, Pham Nhat Vuong sekeluarga kembali ke Vietnam.

Sebelum benar-benar pindah kembali ke Vietnam, Pham Nhat Vuong telah mengembangkan bisnisnya dengan membuka sebuah resort yang bernama Vinpearl Resort Nha Trang dan Vincom City Towers. Vinpearl Resort Nha Trang sebenarnya sudah dibuka dari 2003 sementara Vincom City Towers dibuka dari tahun 2004.

Pada tahun 2007 kedua bisnis ini pun bergabung dan menjadi bisnis resort mewah di bawah VinGroup. Bisnis properti milik Pham Nhat Vuong sangat berkembang pesat dan membuat dirinya menjadi milyader pertama dari negara Vietnam.

Bahkan Pham Nhat Vuong dijuluki sebagai raja properti di negeri Naga Biru tersebut.

Catatan Kekayaan yang Dimiliki

Selama lebih dari 20 tahun menjalankan bisnis, Pham Nhat Vuong memiliki sejumlah kekayaan yang berhasil dikumpulkannya dan menjadi orang terkaya di Vietnam. Menurut catatan Forbes, kekayaan bersih yang dimiliki Pham Nhat Vuong di tahun 2022 ini sekitar 4,7 miliar USD.

Bisnis properti Pham Nhat Vuong sangat berkembang pesat khususnya terintegrasi di kawasan ibu kota. Dengan kekayaan yang semakin pesat bertambah, Pham Nhat Vuong terus memperluas ranah bisnisnya.

Selain bisnis di bidang properti, VinGroup juga mengembangkan bidang teknologi, otomotif, kesehatan, hingga bidang perdagangan retail.

Pham Nhat Vuong bahkan berani bersaing dengan Tesla lewat didirikannya perusahaan VinFast yang memproduksi mobil listrik.

Perusahaan ini mengumumkan bahwa pasar mobil listriknya akan dibuka di Amerika dan Eropa. Selain daftar bisnis yang disebutkan tadi, Pham Nhat Vuong dan istrinya juga mendirikan yayasan VinFuture untuk menunjang perkembangan teknologi perusahaan mereka.

Fakta Menarik Lainnya

Meski bisnis Pham Nhat Vuong terlihat berjalan dengan sukses, ternyata dirinya tetap pernah menemui kendala dan tantangan. Sempat beredar rumor yang simpang siur tentang Pham Nhat Vuong yang disebut memiliki relasi dengan pihak mafia dari Rusia. Hal ini beredar karena bisnis awal yang dimilikinya mulai dari Rusia.

Berita tentang dirinya yang meninggal dunia juga sempat beberapa muncul. Dalam rumor tersebut, Pham Nhat Vuong disebut meninggal dunia akibat ditembak mati oleh mafia Moskow. Meskipun kabar buruk begini sering beredar, Pham Nhat Vuong tidak terlalu ambil pusing.

Pham Nhat Vuong bersama istri dan anak-anaknya tetap fokus pada bisnis yang mereka jalankan hingga berhasil merajai bidang real estate se-antero Vietnam. Dengan kerja keras dan kegigihannya, Pham Nhat Vuong pun layak menjadi orang terkaya di Vietnam.